SPK Toyota Kijang Innova Zenix Membludak, 4 Ribu Unit dalam 2 Minggu!

Berita Otomotif

SPK Toyota Kijang Innova Zenix Membludak, 4 Ribu Unit dalam 2 Minggu!

JAKARTA – Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang terkumpul untuk Toyota Kijang Innova Zenix dalam dua minggu sudah melebihi kemampuan suplai untuk satu bulan.

Kijang Innova Zenix meluncur di Indonesia pada 21 November 2022. Ada varian bensin (G, V) dengan harga on the road (OTR) Jakarta Rp419-470 juta serta varian hybrid (G, V, Q) berbanderol Rp458-614 juta.

Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy menyatakan total pemesanan Kijang Innova Zenix dalam kurun dua minggu sudah mencapai sekitar 4.000 unit.

“Baru dua minggu (Kijang Innova Zenix) sudah mencapai SPK kira-kira 4.000 unit. Angka ini sudah sama dengan suplai satu bulan. Kami perkirakan dalam satu bulan SPK-nya bisa jauh di atas 4.000 unit,” ujar dia dalam Toyota End Year Gathering 2022 pada Kamis (9/12/2022) di Senayan, Jakarta.

Toyota Kijang Innova Zenix

Varian-varian bermesin hybrid menjadi favorit pada konsumen dari multi purpose vehicle (MPV) legendaris itu. Komposisinya bahkan mencapai 80 persen dari total SPK.

“Komposisinya 80 persen. dari 4.000 unit SPK, 3.000-an di antaranya hybrid,” lontar Anton.

“Di dalam 80 persen itu, mungkin setengahnya adalah varian Q Hybrid. Porsi terbesar kedua V Hybrid, diikuti G Hybrid. Sebanyak 20 persen dari total SPK baru varian-varian bensin. Kebanyakan di tipe V,” pungkasnya.

Anton lalu mengakui inden Kijang Innova Zenix saat ini bisa mencapai 5-6 bulan untuk tipe-tipe hybrid, seperti dijelaskan sebelumnya oleh Regional General Manager DKI Jakarta Auto2000 Gondo Handoko pada kesempatan berbeda di Jakarta.

Toyota Kijang Innova Zenix'

Ia menegaskan TAM, agen pemegang merek Toyota di Indonesia, terus berkoordinasi dengan PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) untuk mempercepat produksi serta suplai model tersebut ke pasar.

Meski begitu, Anton saat ini masih belum bisa memperkirakan kapan waktu inden yang lama itu bisa dipersingkat.

Kijang Innova Zenix merupakan Kijang generasi ketujuh. Perubahannya sangat signifikan dibandingkan generasi terdahulu yang mencakup platform, desain, teknis, hingga fitur.

Konsumsi BBM Kijang Innova Zenix bensin diklaim dapat menyentuh 15 km per liter (1:15). Adapun efisiensi BBM varian hybrid digadang-gadang sanggup menggapai 1:19. [Xan]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Download Aplikasi Mobil 123 di iOS atau Android untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar