Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Spesifikasi Honda Civic Type R Baru, Performa Lebih Buas

Mobil Baru

Spesifikasi Honda Civic Type R Baru, Performa Lebih Buas

JAKARTA - Honda Civic Type R kembali mendapat penyegaran pada Kamis 30/03/2023, jika melihat sekilas perubahan pada bagian desain eksteriornya terlihat lebih dewasa dibanding versi sebelumnya. 

Mobil123 akan kupas spesifikasi Honda Civic Type R. Dimulai dari basis, mobil ini adopsi dari Honda Civic hatchback membuat mobil ini resmi menjadi mobil termahal dan terkencang yang dijual oleh Honda di Indonesia untuk saat ini.

Tentang Honda Civic Type R

Honda Civic Type yang diluncurkan baru-baru ini merupakan generasi ke 6 dengan kode FL5.

Sebelum membahas tentang spesifikasi Honda Civic Type R terbaru sebaiknya kita membahas sedikit tentang sejarah mobil penggerak roda depan tercepat saat ini.

Type R merupakan varian khusus yang dibuat untuk memaksimalkan performa mobil jadi semua mobil Honda yang memiliki varian dengan tambahan nama Type R memiliki performa mesin yang lebih dibanding varian biasanya. 

Model ini didesain khusus untuk para penggemar mobil balap yang mencari kendaraan dengan performa dan handling yang superior. Sejak diluncurkan pertama kali, Honda Civic Type R telah menjadi salah satu mobil performa tinggi yang paling diidamkan di seluruh dunia.

Civic Type R pertama kali diluncurkan pada 1997 sampai yang terakhir diluncurkan pada tahun ini, berikut generasi Civic Type R dan basis model yang digunakan:

Generasi

Kode Body

Basis Mobil

1st

EK9

Civic Hatchback gen 6

2nd

EP3

Civic Hatchback gen 7

3rd (Eropa)

FN2

Civic Hatchback gen 8

3rd (Japan)

FD2

Civic Sedan gen 8

4th

FK2

Civic Hatchback gen 9

5th

FK8

Civic Hatchback gen 10

6th

FL5

Civic Hatchback gen 11

Harga Honda Civic Type R

Honda Civic Type R hanya tersedia satu varian manual 6 percepatan, yang dibanderol Rp1,399 Miliar.

Naik sekitar Rp200 jutaan dibanding dengan Civic Type R generasi sebelumnya yang dijual Rp1,177 saat pertama kali diluncurkan.

Atau selisih hampir Rp800 juta jika dibandingkan dengan Honda Civic Hatchback RS yang dijual di Tanah Air.

Mengenai warna mobil ini tersedia dalam 5 pilihan warna yaitu Championship White, Rallye Red, Racing Blue Pearl, Crystal Black Pearl dan Sonic Grey Pearl.

Spesifikasi Honda Civic Type R

Mobil123 telah merangkum mengenai spesifikasi lengkap Honda Civic Type R terbaru, berikut bahasannya

Eksterior Honda Civic Type R

Pada bagian eksterior di generasi terbaru ini menggunakan desain yang lebih dewasa dibanding sebelumnya, jika dibanding dengan generasi sebelumnya yaitu FK8 yang memiliki desain sporty dan banyak garis tajam pada desainnya.

Kini Civic Type R FL5 hadir dengan desain kombinasi elegan dan sporty yang lebih kalem sehingga bisa masuk ke selera semua orang.

Meskipun lebih kalem dari sisi eksterior tetapi fungsional tetap diperhatikan seperti di bagian bumper depan terdapat lubang untuk mendinginkan Intercooler.

Lalu pada bagian kapnya terdapat lubang untuk membuang hawa panas dari mesin serta menggunakan bahan alumunium yang membuat lebih ringan 43 % dibanding tipe sebelumnya.


Serta dibagian emblem menggunakan warna merah yang menandakan bahwa ini adalah varian Type R.

Civic Type R dilengkapi dengan bodykit pada bagian eksteriornya seperti dibagian depan, belakang dan sisi kiri-kanan selain membuat tampilan lebih sporty juga fungsional.

Tidak lupa juga penggunaan spoiler besar yang dapat menambah downforce saat melaju di kecepatan tinggi. Dan tetap menggunakan lubang knalpot 3 buah ditengah bumper belakang.

Pada sektor penerangan Civic Type R dibekali dengan lampu LED baik lampu depan maupun lampu belakang.

Di Bagian kaki-kaki menggunakan diameter pelek yang lebih kecil dibanding sebelumnya yaitu 19 inci tetapi dengan tapak yang lebih lebar yang dibalut dengan ban berukuran 265/30, dari ban yang lebih lebar dari sebelumnya memberikan grip yang lebih baik.

Sektor pengereman juga tidak kalah menariknya karena menggunakan Brembo di keempat rodanya yang sudah tidak perlu diragukan daya cengkramnya.

Honda Civic Type R memiliki dimensi yang lebih panjang dan lebar namun lebih rendah dibanding generasi sebelumnya yang sudah hadir. Berikut perbandingannya.

Dimensi

Civic Type R FL5

Civic Type R FK8

Panjang

4.593 mm

4.557 mm

Lebar

1.890 mm

2.076 mm

Tinggi

1.407 mm

1.421 mm

Jarak Sumbu Roda

2.734 mm

2.700 mm

Mesin Honda Civic Type R

Beralih ke sektor mesin, rasanya kurang pas jika melewatkan bagian ini karena ini merupakan salah satu hal yang menjadi keunggulannya.

Masih menggunakan mesin yang sama dengan sebelumnya yaitu 2.000 cc 4 silinder turbo dikombinasikan dengan transmisi manual 6 percepatan namun dilakukan sejumlah penyempurnaan pada bagian turbo dan internal mesinnya.

Sehingga diatas kerta mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar yaitu 320PS / 6.500rpm serta torsi 420Nm / 2.600 - 4.000rpm, kemudian tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke roda depan.

Dari mesin tersebut mobil ini dapat mencatat rekor yaitu menjadi mobil penggerak roda depan tercepat yang mengelilingi sirkuit Suzuka, Jepang.

Rekor mobil ini dalam satu putarannya yaitu 2 menit dan 23,120 detik.

Interior Honda Civic Type R

Masuk kedalam kabin Anda langsung disuguhkan nuansa merah yang kental seperti pada jok, karpet, seat belt, dan beberapa aksen lain.

Desain interior mengikuti desain eksteriornya kini tidak hanya sporty tetapi juga ada kesan mewahnya dari kisi ac yang dibuat memanjang dari kanan kekiri.

Untuk menambah kesan mewahnya bagian kemudi dilapis bahan Alcantara dan memindahkan emblem Type R dengan nomor kebagian dashboard.

Posisi mengemudi mobil ini juga bisa menyesuaikan postur tubuh Anda karena pada bagian kemudi dapat diatur tilt dan steeringnya serta jok juga bisa diatur secara manual.

Yang menjadi pembeda berikutnya dengan versi sebelumnya pada bagian konfigurasi kabin yang tadinya dapat menampung 5 penumpang kini hanya dapat menampung 4 penumpang.

Sebab pada kursi baris kedua di bagian tengahnya kini dilengkapi dengan cup holder sehingga akan menyulitkan jika diduduki apalagi ditambah dengan absennya seat belt tengah semakin mengisyaratkan bahwa Civic Type R ini maksimal hanya bisa membawa 4 penumpang.

Karena menggunakan basis Hatchback mobil ini masih dapat menyimpan barang bawaan Anda di bagasi dan masih terdapat ban cadangan di bawah bagasi, jika kapasitas bagasi masih kurang Anda masih bisa melipat kursi baris kedua dengan konfigurasi pelipatan (70:30).

Fitur Kenyamanan Civic Type R

Untuk fitur kenyamanan Civic type R ini dilengkapi dengan layar hiburan berukuran 9 inch selain bisa terkoneksi dengan smartphone Anda.

Layar ini juga dapat menampilkan Honda Data Log didalamnya terdapat informasi mengenai suhu air, oli, udara luar, udara intake, tekanan oli, boost yang membantu untuk menganalisa data mobil.

Selain fitur diatas masih ada lagi fitur-fitur untuk memberikan kenyamanan baik untuk pengemudi maupun penumpang seperti Drive Mode (COMFORT / SPORT / +R / INDIVIDUAL), Electric Parking Brake, 10.2 inch TFT Multi-Information Display, Automatic on/off Headlight, Automatic off Headlight when Engine off, Rear Fog Light,Rain Sensor, Honda Smart Key System with Honda Smart Key Card, Wireless Charger, Driver Attention Monitor, Multi-Angle Rearview Camera, Parking Sensors (FR 4 positions and RR 4 positions),Walk Away Auto Lock dan Temporary Puncture Repair Kit.

Fitur Keamanan dan Keselamatan

Honda Civic Type R juga dilengkapi dengan fitur keamanan dan keselamatan unggulan seperti:

  • Collision Mitigation Braking System (CMBS)
  • Lane Keeping Assist System (LKAS)
  • Road Departure Mitigation System with Lane Departure Warning (RDM with LDW)
  • Auto High-Beam (AHB)
  • Adaptive Cruise Control (ACC)
  • Lead Car Departure Notification System (LCDN)
  • Auto Brake Hold
  • Dual SRS, Side Airbags, Side Curtain Airbags, Dual Knee Airbags

Kompetitor Honda Civic Type R

Jika melihat di pasar global Honda Civic Type R bersaing dengan VW Golf R, Renault Megane R.S Trophy, Toyota GR Corolla, Mercedes-benz AMG A35 Hatchback, dan BMW M135i.

Semua mobil yang disebutkan di atas masuk dalam kategori Hot Hatch,atau mobil dengan tipe Hatchback yang masih dapat menampung 4 sampai 5 penumpang tetapi memiliki performa yang bisa disetarakan dengan sportcar. 

Demikian informasi mengenai Honda Civic Type R terbaru, apakah Anda tertarik membelinya?



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang