Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Spesifikasi, Fitur, dan Harga Mobil Hyundai Stargazer X: Idola Baru Low SUV?

Mobil Baru

Spesifikasi, Fitur, dan Harga Mobil Hyundai Stargazer X: Idola Baru Low SUV?

PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) baru saja meluncurkan mobil Hyundai Stargazer X yang merupakan versi LSUV dari Stargazer di ajang GIIAS 2023.

Hanya berbeda 1 tahun dibanding Stargazer biasa yang diluncurkan pada GIIAS 2022, Stargazer X meramaikan segmen LSUV dan bersaing dengan Suzuki XL7, Daihatsu Terios, Honda BR-V dan Mitusbishi Xpander Cross.

Pada artikel ini, Mobil123 akan membahas tentang spesifikasi, fitur dan harga dari Hyundai Stargazer X.

Pertama-tama saat akan membeli mobil kita akan membahas tentang harganya.

Varian mobil Hyundai Stargazer X tidak sebanyak varian pada Stargazer biasa yang mencapai 6 varian, pada Stargazer X hanya memiliki 2 varian saja yaitu Style dan Prime.

Daftar Harga Hyundai Stargazer X

  • Stargazer X Style Rp325,6 juta
  • Stargazer X Prime One-Tone Roof Rp336,2 juta
  • Stargazer X Prime Two-Tone Roof Rp337,7 juta

Berikut perbandingan harga Hyundai Stargazer X dengan kompetitornya.

Stargazer X

Xpander Cross

XL7

Terios

BR-V

IVT Style Rp325,6 juta

MT Rp316,75 juta

Zeta MT Rp256,1 juta

X MR Rp236 juta

S MT Rp228,2 juta

IVT Prime Rp336,2 juta

Premium CVT Rp342,65 juta

Alpha MT Rp293,9 juta

R AT ADS Rp290,45 juta

E CVT Rp313 juta

IVT Prime Two Tone Rp337,7 juta

 

Alpha AT GR Rp304,9 juta

R MT Cst Rp292,75 juta

Prestige CVT Rp336 juta

     

R AT Cst Rp303,25 juta

Prestige CVT Honda Sensing Rp356 juta


Harga di atas merupakan harga per bulan Agustus 2023 berdasarkan website resmi masih-masing merek.

Jika membandingkan dengan kompetitor di kelasnya pada varian tertinggi harga Hyundai Stargazer X berada di tengah-tengah tidak lebih mahal dan tidak lebih murah.

Varian murahnya pun masih kalah murah dibanding pesaingnya karena Stargazer X tidak dilengkapi dengan varian transmisi manual.

Varian Mobil Hyundai Stargazer

Khusus untuk varian tertinggi yaitu Prime tersedia pilihan warna two tone yaitu Dragon Red Pearl with Black Roof, Magnetic Silver Metallic with Black Roof, dan Creamy White Pearl with Black Roof dengan menambah Rp1,5 juta.

Selain itu kini mobil Hyundai Stargazer X dilengkapi dengan pilihan warna matte seperti yang ada pada Hyundai Ioniq 5 yaitu Gravity Gold Matte dan Optic White Matte, untuk Anda yang tertarik dengan warna ini harus menambah biaya sebesar Rp3,5 juta.

Sama seperti Hyundai Stargazer tersedia pilihan captain seat atau 7 kursi penumpang.

Spesifikasi Teknis Mobil Hyundai Stargazer X

Kemudian membahas soal teknis diawali dengan membahas dimensi mobil Hyundai Stargazer ini.

Berdasarkan data mobil ini memiliki dimensi panjang 4,495 mm, lebar 1,815 mm, tinggi 1,710 mm, jarak terendah 200 mm serta jarak sumbu roda 2,780 mm.

Berikut detail dimensi dengan para kompetitornya

 

Panjang

Lebar

Tinggi

Jarak Sumbu Roda

Ground Clearance

Hyundai Stargazer X

4,495 mm

1,815 mm

1,710 mm

2,780 mm

200 mm

Mitsubishi Xpander Cross

4,595 mm

1,790 mm

1,750 mm

2,775 mm

225 mm

Honda BR-V

4,490 mm

1,780 mm

1,685 mm

2,700 mm

220 mm

Daihatsu Terios

4,455 mm

1,695 mm

1,705 mm

2,685 mm

220 mm

Suzuki XL7

4,450 mm

1,775 mm

1,710 mm

2,740 mm

200 mm

Dari table perbandingan diatas dapat disimpulkan bahwa mobil Hyundai Stargazer X memiliki dimensi yang lebih besar dibanding kompetitornya pada bagian panjang, lebar dan jarak sumbu roda.

Hal ini menyebabkan kabin pada Stargazer X lebih luas dan lega dibanding yang lain.

Performa Mobil Hyundai Stargazer X

Selanjutnya mobil Hyundai Stargazer X didukung oleh mesin bensin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 silinder dengan kapasitas 1497 cc. 

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 84,4 kW atau setara dengan 115 PS pada 6300 Rpm, serta torsi sebesar 143,8 Nm pada 4500 rpm. 

Hanya tersedia satu pilihan transmisi yaitu IVT (Intelligent Variable Transmission), mobil ini menawarkan kinerja yang responsif dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.


Hyundai Stargazer X masih menggunakan transmisi IVT seperti Stargazer karena transmisi ini memiliki cara kerja mirip dengan jenis CVT yang halus.

Tetapi perbedaannya jika pada IVT menggunakan chain belt sedangkan pada CVT menggunakan steel belt. Karena dikenal lebih responsif dan perawatan yang minim.

Kini pada Hyundai Stargazer sudah dilengkapi dengan mode berkendara yang bisa dipilih oleh pengemudi, yaitu Eco, Comfort/Normal, Smart dan Sport

Lalu pada bagian kaki-kaki menggunakan suspensi depan jenis MacPherson Strut dan pada bagian belakang Coupled Torsion Beam Axle.

Sektor pengereman sudah mendapat upgrade yaitu menggunakan disk brake pada bagian rem belakang dan bagian depan menggunakan Ventilated disc

Detail Spesifikasi Mesin & Kaki-kaki Mobil Hyundai Stargazer X

Mesin

 

Jumlah Silinder

4 silinder

Konfigurasi Mesin

G4FIII Smartstream G 1.5 MPI 16-valve, HLA

Isi Silinder

1497 cc

Konfigurasi Transmisi

Otomatis IVT

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Tenaga

115 Ps / 6300 Rpm

Torsi

143,8 Nm / 4500 Rpm

   

Kaki-Kaki

 

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Coupled Torsion Beam Axle

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Disc Brake

Ukuran ban

Depan & Belakang: 205/55 R17

Material Pelek

17 inch Alloy wheels

Eksterior Mobil Hyundai Stargazer X

Jika dilihat sekilas Anda dapat mudah membedakan antara Stargazer dan Stargazer X, karena pada bagian eksterior Hyundai Stargazer X terdapat tambahan aksesoris yang menambah kesan tangguhnya layaknya SUV yaitu:
 

  • X dedicated front and rear bumper 
  • X dedicated engine hood, 
  • X dedicated wheel arch molding
  • X dedicated bezel color for headlamp and hood
  • Side sill molding
  • Roof garnish
  • Rear roof spoiler
  • Desain pelek baru 17 inci

Lampu depan LED MFR dan lampu belakang kombinasi Halogen dan LED memberikan tampilan yang tajam dan dinamis di jalan dan tetap mempertahankan lampu belakang yang memiliki desain futuristik.

Serta menggunakan pelek dengan desain baru berdiameter 17 inci dibalut ban berukuran 205/55 yang membuat ground clearance menjadi lebih tinggi dari 195 mm menjadi 200 mm.

Pilihan warna Mobil Hyundai Stargazer X

Dari segi warna mobil Hyundai Stargazer X memiliki 10 pilihan warna yang dapat Anda pilih, 7 untuk pilihan single tone yaitu:

  • Titan Gray Metalic 
  • Magnetic Silver Metallic 
  • Creamy White Pearl 
  • Midnight Black Pearl 
  • Dragon Red Pearl
  • Gravity Gold Matte
  • Optic White Matte

Dan 3 pilihan warna untuk two tone:

  • Dragon Red Pearl with Black Roof 
  • Magnetic Silver Metallic with Black Roof 
  • Creamy White Pearl with Black Roof

Interior Mobil Hyundai Stargazer X

Beralih ke dalam mobil Hyundai Stargazer X, Anda akan disuguhi dengan interior yang tidak jauh berbeda dengan Stargazer biasa.

Hanya saja pada Stargazer X interior menggunakan warna hitam lebih banyak seperti pada panel pengaturan AC yang kini berwarna hitam.

Sehingga membuat lebih senada, mewah dan tidak mudah kotor.

Pada bagian jok juga menggunakan bahan sejenis kulit dengan jahitan merah di beberapa bagian.

Kini di bawah tuas transmisi sudah tidak ada lagi tuas rem tangan mekanikal karena sudah digantikan dengan rem parkir elektrik.

Bagian lampu kabin kini sudah menggunakan lampu LED jadi menghasilkan cahaya yang lebih terang dengan konsumsi daya lebih rendah.

Tidak hanya itu khusus untuk varian tertinggi dilengkapi dengan ambient light pada bagian cup holder depan, bagian pintu depan kanan kiri, BOSE Premium sound system 8 speaker dan pengaturan ac Fully Automatic Temperature Control (FATC). 

Fitur-fitur Mobil Hyundai Stargazer X

Mengenai fitur LSUV pendatang baru ini juga dibekali fitur yang mumpuni sehingga bisa bersaing di kelasnya.

Berikut fitur yang tersedia pada mobil Hyundai Stargazer X ini, Bluelink yang menjadi fitur andalan tidak absen pada Stargazer X.

Fitur yang bisa digunakan dalam keadaan darurat untuk menghubungi call center untuk mengirim bantuan.

Juga bisa mengetahui informasi mengenai kendaraan seperti informasi kecepatan, lokasi kendaraan, mengunci dan menghidupkan kendaraan dari ponsel Anda melalui aplikasi tersebut.

Selain itu juga tersedia berbagai macam fitur seperti "Forward and Reverse Parking Distance Warning (PDW) , merupakan sensor yang memiliki kemampuan dalam mendeteksi objek yang berada di depan dan belakang mobil ketika sedang melakukan manuver parkir.

Electronic Stability Control (ESC), berperan dalam membantu pengendalian mobil dengan mengurangi potensi selip pada roda mobil, sehingga mencegah terjadinya oversteer dan understeer saat mobil kehilangan traksi.

Electric Parking Brake, dirancang untuk mempermudah pengemudi dalam mengaktifkan dan melepaskan rem hanya melalui penggunaan tombol, tanpa perlu melakukan tindakan fisik pada tuas rem.

Fitur Auto Hold, memberikan kenyamanan saat mobil berhenti tanpa harus secara terus menerus menekan pedal rem. Fitur ini secara otomatis akan non-aktif saat pedal gas mulai ditekan perlahan.

Vehicle Stability Management (VSM), berfungsi untuk memastikan stabilitas mobil saat melakukan akselerasi atau pengereman tiba-tiba pada kondisi jalan yang basah, licin, dan kasar. Hal ini sangat penting karena traksi pada keempat roda dapat tiba-tiba tidak merata.

Hill-start Assist Control (HAC), berguna dalam mencegah mobil bergerak mundur saat mesin dihidupkan pada tanjakan. Sistem ini secara otomatis akan mengoperasikan rem selama sekitar 2 detik (atau maksimal 5 detik saat pedal gas sedikit ditekan selama HAC aktif), dan melepaskan rem setelah 2 detik atau saat pedal gas ditekan.

Tire Pressure Monitoring System (TPMS), berfungsi untuk membantu pengemudi dalam memonitor kondisi tekanan udara pada ban mobil.

Kini fitur Hyundai Smartsense juga bisa dinikmati pada Hyundai Stargazer X, tetapi khusus pada varian Prime, berikut detail fiturnya:

  • High Beam Assist (HBA)
  • Forward Collision Avoidance Assist (FCAA)
  • Driver Attention Warning (DAW)
  • Lane Keeping Assist (LKA)
  • Lane Following Assist (LFA)
  • Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA)
  • Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA)
  • Safe Exit Warning (SEW)
  • Airbags di bagian depan dan samping (Curtain Airbags)

Demikian informasi mengenai mobil Hyundai Stargazer X yang diluncurkan pada ajang GIIAS 2023, Hyundai kembali menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan mobil yang menggabungkan desain yang menawan, performa tangguh, dan fitur-fitur canggih. 

Sehingga menambah pilihan pada kelas LSUV di Tanah Air.

FAQ Mobil Hyundai Stargazer X

  • Ada berapa varian mobil Hyundai Stargazer X?

Untuk saat ini Mobil Hyundai Stargazer X  tersedia dalam dua varian yaitu Style dan Prime.

  • Berapa harga mobil Hyundai Stargazer X?

Mobil Hyundai Stargazer X dijual mulai dari Rp325,6 juta sampai Rp336,2 juta. Harga tersebut merupakan harga dasar dan dapat bertambah tergantung dengan pilihan Anda tentang pilihan kuris dan warna.

  • Apakah Hyundai Stargazer X tersedia pilihan transmisi manual?

Untuk saat ini perbulan Agustus 2023 hanya tersedia pilihan transmisi otomatis IVT saja.

  • Masuk kedalam kategori apa mobil Hyundai Stargazer X?

Mobil Hyundai Stargazer X masuk ke dalam kategori Low SUV, seperti Suzuki XL7, Mitsubishi Xpander Cross, Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

[Ryn/Dms]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

(Related)

 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang