Review Spesifikasi, Harga Baru & Bekas Honda Civic Lintas Generasi

Panduan Pembeli

Review Spesifikasi, Harga Baru & Bekas Honda Civic Lintas Generasi

Spesifikasi Honda Civic dari generasi ke generasi, baik unit bekas maupun baru telah menemani masyarakat Indonesia dalam beraktivitas khususnya mobilisasi. Generasi pertama hadir dengan bentuk hatchback dan dimensinya cukup mungil. Seiring dengan perkembangan zaman, Honda Civic terus mengalami perkembangan baik dari segi dimensi hingga fitur yang diusungnya.

Kendaraan ini banyak digemari oleh pengguna di kalangan anak muda. Bentuknya yang dinamis dan necis, juga mengusung spesifikasi mesin yang bertenaga membuat Civic semakin populer di Tanah Air baik unit baru atau bekas. Era 80-an akhir, kendaraan ini menjelma menjadi sebuah sedan dan semakin banyak digunakan anak muda. Meskipun versi hatchback-nya tetap dipertahankan.

Tuntutan perkembangan zaman membuat Honda terus berbenah dan merancang Civic untuk lebih baik lagi. Honda Civic juga menjadi andalan beberapa eksekutif muda pada kala itu karena desainnya semakin elegan dan classy.

Honda mulai membenamkan mesin B16A yang menjadi favorit di berbagai arena balap. Jantung mekanis kendaraan ini terkenal irit namun tetap bisa diandalkan di arena adu kebut baik drag maupun grup N hingga reli.

Dari desain yang serba bulat pada generasi pertama lalu mulai membulat pada generasi kelima. Kemudian Honda merancang desain Civic tidak lagi sesederhana sebelumnya. Contohnya pada Honda Civic Ferio yang terlihat lebih berkarater dengan lebih banyak lekukan dinamis.

Pada generasi keenam, Honda Indonesia tidak lagi memasarkan versi hatchback. Untuk hatchback sendiri Honda lebih fokus pada Jazz yang perlahan-lahan mendapat perhatian para generasi muda. Sementara Ferio lebih banyak digunakan oleh eksekutif muda, namun masih memiliki selera yang selalu update.

Walaupun tidak secara resmi dipasarkan oleh Honda Indonesia, Civic hatchback juga terlihat melintas di jalanan Tanah Air. Beberapa importir menghadirkan kendaraan ini untuk memenuhi kebutuhan dari masyarakat, terutama yang berkocek tebal.


Honda Civc

Populasi Honda Civic Ferio juga cukup banyak di Indonesia karena desainnya yang elegan. Mobil ini juga menjadi kanvas bagi para modifikator kreatif di Tanah Air. Popularitas Ferio dan versi hatchback-nya di seluruh dunia membuat pabrikan mobil asal Jepang ini kembali melakukan pengembangan.

Hasilnya Honda Civic generasi ketujuh tampak lebih kekar dengan beberapa siluet di bagian bodinya. Mulai dari generasi keenam Honda menawarkan satu varian khusus yang dikenal dengan sebutan RS dari singkatan Road Sailing dan menjadi varian terkencang dari Civic.

Honda Civic Type R momok menakutkan di arena balap karena performanya selalu bisa diandalkan dalam menekuk para kompetitornya. Varian Honda Civic standar sendiri cukup bisa diandalkan dari sektor mesin. Hal ini berkat penggunaan mesin K series yang melegenda hingga sekarang.

Lalu masuk ke generasi delapan, Civic kembali berevolusi dengan desain yang lebih smooth minim lekukan maupun siluet. Mobil ini memiliki kode bodi FD dan sukup sukses di pasaran. Pada generasi ini, Honda Indonesia menawarkan pilihan mesin 1.800 cc dan 2.000 cc. Sama seperti kompetitor abadinya yakni Corolla yang tidak lagi menggunakan mesin 1.5-L.

Honda Civic FD menjadi salah satu mobil paling laris di luar negeri khususnya Amerika Serikat. Mobil ini juga banyak mencetak prestasi di dunia balap internasional, sehingga banyak orang masih mengandalkan kendaraan ini.

Ubahan selanjutnya pada Honda Civic adalah hadirnya fitur-fitur keselamatan berkendara. Namun dengan bertambahnya fitur tidak serta merta kendaraan ini disukai oleh penggemar setianya. Model ini dianggap kurang pas dibandingkan sebelumnya.

Honda Civic Turbo

Memasuki generasi sepuluh, manufaktur berlambang H ini melakukan terobosan luar biasa. Mesinnya kembali ke 1.500 cc namun dibantu dengan dorongan turbo, sehingga output-nya lebih gahar. Dikatakan beberapa sumber dari media otomotif ternama internasional, besaran tenaga mesin 1.500 cc turbo ini setara dengan 2.000 cc naturally aspirated.

Pada generasi ini, Honda Indonesia memasarkan dua varian yakni sedan dan hatchback. Kembalinya versi hatchback di Tanah Air disambut gembira oleh para penggemar setianya. Selain itu, Honda Indonesia juga memasarkan Honda Civic Turbo Type R yang menjadi varian terkencangnya dengan harga yang fantastis.
Honda Civic

Menilik dari bentuk-bentuk sebelumya, Honda Civic Turbo kini terlihat lebih menonjolkan aura sporty-nya. Mobil ini memiliki desain yang lebih rumit dari sebelumnya. Bodinya terlihat lebih banyak sudut-sudut lancip. Lampu depannya semakin lancip dengan permainan gril yang lebih atraktif.

Mobil ini juga terdapat air dam berdimensi cukup besar. Walaupun sekatnya tidak memiliki lubang alias palsu. Efek siluet pada kendaraan ini membuat tampilan kendaraan lebih berotot selaras dengan mesinnya yang lebih bertenaga.

Berbeda dengan versi sedannya yang memiliki tampilan eksterior lebih elegan. Hadirnya ornamen krom pada beberapa bagian kendaraan kian menguatkan kesan mewahnya sebuah sedan. Tak ayal keduanya memiliki segmen konsumen yang berbeda-beda.

Honda Civic Hatchback lebih banyak disukai oleh anak muda, sementara versi sedannya lebih diminati oleh eksekutif muda.

Urusan interior, keduanya mirip-mirip baik sedan maupun hatchback. Kabin diselimuti warna hitam yang kental dengan unsur sporty.

Untuk menghibur selama perjalanan, terdapat sebuah monitor LCD yang bisa menjalankan berbagai fungsi seperti radio, dan USB . Mobil ini juga bisa terkoneksi dengan smartphone dan sekaligus melakukan panggilan maupun menerima panggilan telepon.

Monitor tersebut di atas juga terkoneksi dengan kamera parkir yang memudahkan manuver pengendara saat melakukan parkir, khususnya di tempat yang terbilang sempit. Kenikmatan berkendara juga didukung dengan sensor parkir.

Meskipun pada tampilan luar hingga dalamnya terlihat sangat sporty, bahkan pada varian Hatchback terdapat emblem RS, namun kedua unitnya tidak tersedia pilihan transmisi manual. Sehingga mobil ini kurang maksimal diajak berakselerasi.

Mesin 1.500 cc 4 silinder VTEC Turbo DOHC memiliki 16 katup + DBW. Artinya setiap piston memiliki dua klep masuk dan buang masing-masing. Sistem pengabut bahan bakarnya tentu saja sudah menggunakan direct injection sehingga arus bahan bakar lebih terukur.

Jantung mekanis kendaraan ini dipercaya mampu menghasilkan daya 173 ps pada 5.500 rpm. Sementara torsi puncaknya diklaim mencapai 220 Nm pada 1.700 – 5.500 rpm. Ouput tersebut dihasilkan dengan perbandingan kompresi mesin 10.6 : 1.
Honda Civic sedan

Penyaluran daya mesin di atas dilakukan oleh sistem transmisi otomatis model CVT (Continious Variable Transmission). Transmisi model ini lebih mengedepankan kenyamanan berkendara, karena tidak ada lagi gejala hentakan yang terjadi saat perpindahan gigi.

Transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology diklaim menyuguhkan akselerasi responsif, lebih halus serta konsumsi bahan bakar yang efisien. Fitur paddle-shift 7-speed memungkinkan pengemudi menikmati perpindahan gear secara sporty hanya dengan menggunakan ujung jari.

Namun sayangnya bagi para pencinta kecepatan, akselerasi kendaraan ini tidak bisa memuaskan layaknya transimisi manual. Meskipun pada varian Hatchback RS telah dibenamkan paddle shift yang diharapkan bisa meningkatkan kesenangan berkendara. Namun tetap tidak bisa memuaskan para penyuka kecepatan.

Fitur Dual Pinion Electric Steering Power (EPS) meringankan kerja pengemudi saat berkendara. Sementara fitur ECON yang secara otomatis mengatur kerja mesin dan fungsi-fungsi lainnya untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar. Fitur ECO AssistTM membantu memberikan petunjuk kepada pengemudi untuk menghemat bahan bakar saat berkendara.

Teknologi rangka orisinal G-Force Control (G-CON), dan ACETM memberi perlindungan komprehensif kepada kabin penumpang meski bertabrakan dengan kendaraan yang berbeda ukuran. Bagian depan Civic juga dirancang ramah terhadap pejalan kaki dengan Pedestrian Protection yang dapat meredam energi dan meminimalkan cedera.

Sedan dan hatchback dengan 6 buah airbag ini dilengkapi ISOFIX & Tether berfungsi untuk pengait kursi bayi di kursi belakang kendaraan dalam menunjang keselamatan. Electric Parking Brake yang memungkinkan pengemudi mengaktifkan rem parkir dengan satu sentuhan & Auto Brake Hold untuk menahan rem secara otomatis ketika kendaraan berhenti sempurna di lereng untuk menghindari mobil meluncur tanpa menginjak rem terus-menerus.

Pada awal 2019, PT Honda Prospect Motor melakukan penyegaran pada Honda Civic Turbo Sedan. Mereka kini hanya memasarkan satu varian saja artinya menghapus varian Prestige.

Honda Civic hatchback RS merupakan unit yang lebih laris dibandingkan varian sedan. Maklum saja karena harga yang disodorkan lebih terjangkau. Apalagi pajak sedan yang lebih tinggi menjadi salah satu penyebab mahalnya harga varian sedan.

Honda Civic Turbo maupun Hatchback RS dipersenjatai dengan berbagai perangkat keselamatan pasif seperti Airbags, seatbelt with pretensioner and load limiter, dan ISOFIX & tether, juga alat pemadam api ringan.

Selain itu, Honda Civic Turbo juga dibekali dengan fitur keselamatan aktif meliputi VSA (Vehicle Stability Assist), Hill Start Assist (Hill Start Assist), Emergency Stop Signal (ESS), Motion Adaptive System, Brake Override System, dan Parking Sensor.
Honda Civic Turbo

Untuk keamanan berkendara sendiri telah disediakan fitur-fitur seperti berikut smart key, alarm system, auto door lock by speed dan immobilizer.

Honda Indonesia memasarkan Civic Turbo dengan harga mulai Rp729.600.000. Sementara untuk varian Hatchback RS diniagakan dengan banderol Rp512.800.000.

Harga Honda Civic Bekas

Honda Civic sedan bekas lansiran 2016 alias tahun pertama dilansir pada laman pencarian Mobil123.com dibuka dengan harga termurah Rp309 juta hingga Rp370 juta. Sementara untuk varian hatchback RS tahun 2017 dibuka dengan harga paling murah Rp340 juta hingga Rp385 juta.

Lalu untuk Honda Civic lansiran 2018 baik versi sedan maupun hatchback dipasarkan dengan range harga mulai dari Rp360 juta hingga Rp385 juta. Secara keseluruhan, terdapat lebih dari 600 unit Honda Civic bekas di laman pencarian Mobil123.com.

Melihat harga bekas dari kendaraan ini cukup menarik, karena cukup jauh depresiasinya dari kondisi baru. Dengan uang yang lebih sedikit, konsumen bisa memiliki unit yang tahun produksinya tidak terlalu lama. Artinya kondisi kendaraan tidak terlalu buruk tergantung dari pemakai sebelumnya.

Kelemahan Honda Civic Bekas

Perlu diketahui untuk para calon konsumen Honda Civic bekas antara lain adalah kelemahan dari kendaraan yang akan dibelinya. Mobil ini kerap dikeluhkan oleh beberapa konsumen akan harga sparepartsnya yang terbilang mahal.

Selain itu kabin mobil ini terbilang kurang baik insulasinya. Sehingga kekedapan kabinnya tidak terlalu bagus terutama jika dibandingkan dengan kompetitor sekelasnya. Untuk mengatasi hal ini, konsumen dapat melakukan penggantian dengan ban dengan kualitas kebisingan yang sangat baik, atau menambahkan peredam agar keheningan dalam kabin terasa lebih baik. [Dew/Had]

 



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar