Skutik Listrik Viar Q1 Sudah Bisa Dipesan

Berita Otomotif

Skutik Listrik Viar Q1 Sudah Bisa Dipesan

JAKARTA - Viar Motor Indonesia dan Bosch akan segera merilis skutik listrik Viar Q1 pada 7 Juni 2017 dengan mahar senilai Rp 16,2 juta.

Semakin berkurangnya sumber bahan bakar fosil membuat beberapa produsen kendaraan untuk berinovasi dalam menciptakan kendaraan ramah lingkungan. Kali ini Viar selaku produsen motor yang berasal dari Indonesia ini telah bekerjasama dengan Bosch dalam menciptakan skutik listrik.

Kerjasama antara PT Triangle Motorindo (TM) selaku produsen Viar Motor Indonesia dengan Bosch telah disepakati pada awal tahun ini. Kerjasama ini terbentuk karena adanya kesamaan visi dan misi untuk menciptakan kendaraan roda dua yang ramah lingkungan.

“Kehadiran skutik listrik ini sebagai bentuk dukungan kami terhadap pemerintah yang menginginkan hadirnya alat transportasi tanpa polusi asap dan menggunakan bahan bakar fosil, sesuai dengan perpres nomor 22 tahun 2017,” tutur Deden Gunawan, Corporate Manager PT Triangle Motorindo.

Sebelum diproduksi, Viar Motor Indonesia telah bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada, Jogja untuk melakukan proses riset dan pengembangan. Sedangkan untuk driving system telah menggunakan teknologi e-Scooter dari Bosch.

Viar Q1 menggunakan baterai Lithium-Ion berkapasitas 60V 20 Ah yang mampu menghasilkan daya sebesar 800 watt dan memiliki kecepatan maksimal 60 kpj. Skutik listrik ini mampu menempuh jarak sejauh 70 km dan memerlukan waktu kurang lebih 5 jam untuk melakukan pengisian baterai.

Viar Q1

“Kolaborasi bersama PT Triangle Motorindo menjadi bukti keseriusan kami dalam menghadirkan solusi transportasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” tutur Amine Kamel, Director Automotive Electronics Bosch South East Asia.

Rencananya, Viar Q1 akan diluncurkan pada 7 Juni 2017 di Balai Kartini. Pada acara peluncuran tersebut Viar akan menuturkan spesifikasi lengkap dan jumlah unit yang telah tersedia.

Namun yang bisa dipastikan, skutik listrik ini dibanderol dengan harga Rp 16,2 juta on-the-road Jabodetabek. PT TM juga telah bekerjasama dengan Adira dan PT Kencana Laju Mandiri untuk proses penjualan skutik listrik ini.

Namun yang jadi pertanyaan, bagaimana dengan legalitas yang berkaitan dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) untuk Sepeda motor listrik di Indonesia ?. Ditanya hal ini, pihak Viar memastikan bahwa skutik listriknya telah sesuai dengan peraturan pemerintah dan berhak mendapatkan STNK.

“STNK skutik listrik ini telah dikeluarkan oleh Korlantas sesuai dengan Sertifikat Uji Tipe (SUT) dari Kemenhub. Viar Q1 telah lulus uji laik jalan menurut Korlantas,” tutur Deden Gunawan, Corporate Manager PT Triangle Motorindo.

Sejak skutik listrik ini melalui tahap riset dan pengembangan selama setahun, legalitas Viar Q1 diklaim telah sesuai dengan peraturan pemerintah.

“Saya kurang tau soal detail mengenai keputusan STNK ini. Namun konsumen sekarang tidak perlu khawatir lagi untuk membeli skutik listrik ini,” tambah Deden.

Dengan adanya kejelasan dari pihak Korlantas tersebut, PT Triangle Motorindo telah memproduksi secara massal Viar Q1 mulai 1-2 bulan silam

Untuk pemesanan, Anda bisa mengunjungi situs www.e-viar.com. Bagi Anda yang ingin melakukan pemesanan, PT TM akan memberikan cashback senilai Rp 700 ribu, helm retro spesial edition dan jersey eksklusif.  [Amo/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support