Setengah Harga Calya, Mobil Murah Suzuki Ini Terus Jadi Mobil Terlaris

Berita Otomotif

Setengah Harga Calya, Mobil Murah Suzuki Ini Terus Jadi Mobil Terlaris

 

NEW DELHI – Mobil murah Suzuki Alto diklaim oleh Maruti Suzuki sebagai mobil terlaris di India. Pertama kali Suzuki Alto hadir dua dekade silam tepatnya pada tahun 2000.

Suzuki Alto sebagai mobil murah hanya butuh waktu 4 tahun (2004) untuk menjadi mobil terlaris di India. Pada 2008, penjualan Suzuki Alto secara kumulatif menyentuh 1 juta unit.

Pencapaian penjualan berikutnya sebesar 20 lakh (2 juta) unit terjadi pada tahun 2012, diikuti oleh 30 lakh (3 juta) unit pada tahun 2016. Baru-baru ini pada bulan Agustus 2020, Alto melampaui angka penjualan sebesar 40 lakh (4 juta) unit.

Penerimaan massal Alto yang tak tertandingi telah membantunya muncul sebagai model penjualan terbesar di segmen mobil penumpang yang sangat kompetitif setiap tahun sejak 16 tahun terakhir.

“Alto, selama dua dekade terakhir telah mengubah cara perjalanan India. Mobil ini menduduki peringkat No.1 dengan penjualan mobil dalam 16 tahun terakhir dan terus memenangkan hati dan mengejutkan para pembeli mobil India dengan proposisi nilai yang menarik,” ujar Shashank Srivastava, Executive Director (Marketing & Sales), Maruti Suzuki India Limited.

“Alto, hari ini, beresonansi dengan lebih dari 40 lakh pelanggan yang senang berkat pemosisian merek magnetisnya. Alto telah memperkuat daya tariknya dengan setiap peningkatan dan telah menjadi pilihan yang disukai untuk para pembeli pertama kali,” imbuhnya.

mobil murah suzuki

Maruti Suzuki telah melihat bahwa hampir 76% pelanggan Alto telah memilihnya sebagai mobil pertama mereka di tahun 2019-20 yang kemudian meningkat menjadi 84% untuk tahun ini. Saat ini merek Alto secara tepat diposisikan sebagai 'Desh Ki Shaan', karena menanamkan emosi kebanggaan yang kuat di antara 40 ribu basis pelanggannya, suatu prestasi yang tak tertandingi oleh mobil lain mana pun di India, klaim Maruti Suzuki.

Banyaknya orang membeli mobil murah Suzuki ini karena beberapa factor:

  • Perpaduan unik dari desain menawan kompak
  • Kemampuan manuver mudah
  • Efisiensi bahan bakar tinggi
  • Keselamatan yang ditingkatkan
  • Fitur kenyamanan
  • Biaya akuisisi rendah

Kini mobil murah Suzuki ini menawarkan fitur-fitur premium berupa:

  • Sistem infotainment layar-sentuh SmartPlay
  • ABS dengan EBD
  • Two-tone color interior
  • Dua airbag

Mesin Suzuki Alto kini sudah memenuhi standar regulasi emisi BS6 3-silinder 12-katup 800cc dengan opsi bahan bakar minyak (BBM):

  • Bensin 22.05 km/l
  • CNG 31.56 km/kg

Diproduksi di India, mobil murah Suzuki ini diekspor ke lebih dari 40 negara di kawasan Asia Selatan, Amerika Latin dan Afrika. Indonesia sendiri tidak menjualnya.

Berbicara mengenai mobil murah Suzuki ini, berapa sih sebenarnya harganya? Maruti Suzuki melepas mobil murah ini dari harga Rs 294.800 atau sekitar 60 juta rupiah. [Idr]

 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar