Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Setelah 40 Tahun, Indonesia Akhirnya Jadi Pasar Terbesar Hino di Dunia!

Berita Otomotif

Setelah 40 Tahun, Indonesia Akhirnya Jadi Pasar Terbesar Hino di Dunia!

JAKARTA – Setelah eksis 40 tahun di Indonesia, Hino akhirnya menjadikan negara ini sebagai pasar terbesar mereka di dunia.

Status prestisius itu tercapai pada 2022. Hino sendiri mulai masuk secara resmi ke Tanah Air pada 1982.

Sebelum 2022, posisi terbaik Indonesia adalah pasar terbesar kedua Hino secara global. Jepang, ‘rumah’ dari pabrikan truk dan bus tersebut, terus-menerus menjadi nomor wahid.

Tapi, situasi akhirnya berbalik.

Bus Hino

“Kali ini, Indonesia paling besar (di dunia) untuk Hino. Sepengalaman saya, ini pertama kalinya,” tegas Chief Operating Officer PT. Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) Santiko Wardoyo menanggapi pertanyaan Mobil123.com usai Media Gathering pada Rabu (18/1/2023) sore kemarin di Senayan, Jakarta.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia itu bagus. Kalau kita lihat, negara-negara lain masih ‘ribut’. Kondisi pandemi Covid-19 di negara kita juga bisa dikendalikan dengan baik. Di Jepang, kan, baru-baru ini saja (membaik). Kira-kira akhir tahun, lah, baru mereka mulai membuka sektor pariwisata. Sebelumnya, kan, tutup. Itu, kan, juga berpengaruh sekali,” lanjut dia memaparkan sebabnya.

Pada Januari-Desember 2022, Hino membukukan penjualan retail (distribusi diler ke konsumen) sebanyak 29.880 unit.

Transaksi jual-beli truk maupun bus dari merek yang identik dengan warna hijau itu melonjak 51 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy), dari 19.793 unit.

“Pasar naiknya sekitar 30 persen. Kita di atas itu,” tukas Santiko menyinggung penjualan truk dan bus nasional sepanjang 2022 yang jumlahnya sekitar 92.300 unit.

Kontributor terbanyak bagi Hino datang dari model truk medium (medium duty truck) Hino Ranger dengan penjualan 16.411 unit, naik 78 persen yoy. Hino memimpin segmen ini dengan pangsa pasar 59 persen.

Santiko mengklaim belum ada yang bisa menurunkan Hino dari takhta segmen truk medium selama 23 tahun.

Di segmen truk ringan (light duty truck), transaksi jual-beli Hino Dutro mencapai 13.122 unit. Volumenya tumbuh 26 persen yoy.

Pangsa pasar Hino di segmen satu ini juga meningkat dari 18,9 persen menjadi 20,3 persen.

Sayangnya, Santiko mengaku tidak ingat hasil penjualan Hino di Jepang. HMSI, menurutnya, juga tidak membuat target untuk 2023 terkait posisi mereka di pasar global.

“Saya tidak mengacu dari Jepang (berapa), ya. Saya mengacu dari kacamata perekonomian di Indonesia. Menurut saya (ekonomi nasional) masih baik dan bisa mencapai angka yang ditetapkan. Angkanya 38.500 unit,” tutup dia. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang