Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Serba Serbi BMW E36 Seri 3, Sedan Lawas yang Kalcer

Panduan Pembeli

Serba Serbi BMW E36 Seri 3, Sedan Lawas yang Kalcer

BMW dengan kode bodi E36 masuk ke Indonesia pertama kali pada tahun 1990 lalu. Sedan compact premium ini  merupakan BMW seri 3 generasi ketiga sebagai penerus dari E30. Kiprah BMW E36 resmi berakhir pada 1998 yang kemudian digantikan oleh BMW E46.

BMW E36 menjadi salah satu model legendaris di Indonesia. Sedan compact ini jadi idola anak muda 90-an karena desain yang sporty dan performa yang oke punya. BMW E36 yang paling banyak beredar di Indonesia tersedia dalam 3 tipe, yakni 318i, 320i, dan 323i.

Pada masanya, BMW E36 merupakan mobil yang tergolong mewah. Walaupun termasuk mobil yang sudah berumur, tapi BMW E36 masih enak dipandang dan modis. Seri 3 yang satu ini  desainnya yang memiliki kesan tangguh dan sporty.

BMW E36 masih bertahan hingga kini dan menjadi salah satu tipe mobil bekas yang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Ini karena E36 harga bekasnya sudah cenderung terjangkau dengan kondisi yang proporsional. Sebagai gambaran, E36 dalam kondisi cukup fresh dengan pajak hidup dijual mulai dari Rp65 juta.

Hal menarik dari E36 adalah handlingnya yang presisi, sasis yang seimbang, dan mesin yang sangat responsif. Dengan usia yang sudah berumur lebih dari 30 tahun, kini kamu bisa merasakan sensasi mengendarai mobil Eropa tanpa menguras kantong. 

Spesifikasi BMW E36 Seri 3

BMW E36 hadir dengan berbagai pilihan tipe, secara umum ada tiga tipe yang paling banyak dibeli, mulai dari yang terendah ada 318i hingga tertinggi 323i. 

Untuk BMW 318i dipersenjatai dengan mesin M40 1.8 liter 4 silinder SOHC. Mesin ini menghasilkan daya 116 HP @5.500 RPM, dan torsi puncak 165 Nm @4.250 RPM.

Untuk seri 320i memiliki mesin dengan tipe M50B20 dan M52B20 dengan konfigurasi 6 silinder dan kapasitas 2.0 liter. Tenaga yang dihasilkan sebesar 150 hp, hadir dengan transmisi manual lima percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Tipe teratas ada BMW 323i yang semuanya dibuat antara tahun 1995 dan 1998. Sedan compact premium ini dibekali mesin enam silinder 2.5L yang disempurnakan yang menghasilkan 170 hp. 323i mesinnya sudah dilengkapi teknologi VANOS (Variable Nockenwellen Steuerung).  

Jika hanya ingin memiliki mobil lawas yang lebih mementingkan penampilan daripada performa, 318i jadi pilihan ideal untuk kalian miliki. Dengan mesin 4 silinder dan cc yang tidak terlalu besar, konsumsi bensin pun tidak terlalu boros.

Jika lebih mementingkan performa, direkomendasikan untuk membeli 323i. Dengan cc besarnya dan tenaga yang lebih besar, maka larinya juga pastinya lebih kencang

Harga Bekas yang Relatif Terjangkau

Jual BMW 3 Series 320i E36 2.0 Bekas di Indonesia Harga Murah, Kondisi  Terbaik | Mobil123Bicara harga bekas, BMW E36 jadi mobil Eropa yang relatif terjangkau. Mobil ini dijual di pasar mobil bekas dengan kisaran harga antara Rp 30-100 jutaan. Untuk unit yang kondisinya pristine atau istimewa, banyak yang menjualnya dengan harga lebih dari Rp 100 juta. 

Desain yang Stylish dan Eksotis

BMW E36 adalah salah satu produk yang berhasil dari BMW. Salah satu kelebihan utama dari BMW seri 3 E36 adalah tampilan eksteriornya yang long lasting alias tidak membosankan. BMW E36 didesain oleh Darrin boyer (1987) dan Joji Nagashima (1988). 

Desain eksterior dari BMW E36 hadir dengan konsep Dolphin Shape. BMW Seri 3 E36 memiliki dimensi panjang 4.443 mm, lebar 1.710 mm dan tinggi 1.393 mm, dengan wheelbase 2.700 mm. Bentuk mobil yang timeless juga menjadi pertimbangan para car enthusiast lebih memilih E36 dibandingkan BMW seri 3 setelahnya semisal E90. 

E36 memiliki wheelbase lebih Panjang 5cm dibandingkan dengan E30. Sehingga pengendara atau penumpang memiliki leg room yang lebih lega dan juga memiliki ruang bagasi yang lebih panjang.

Pada bagian depannya, BMW E36 mempunyai body dengan sudut agak kotak. Pada bagian muka terdapat sepasang lampu bulat ala proyektor di kiri dan kanan tertutup cover headlamp kotak. 

Bagian Kidney Grille pada seri ini dibuat menjadi lebih lebar dan pipih dibandingkan era E30 yang tegak (portrait). Lampu sein depan dibuat lebih pipih dengan foglamp di sisi bawah bumper depan.

Kemudian pada bagian belakangnya menggunakan stoplamp berbentuk trapesium. Desain layaknya sirip pada ujung bagasinya menjadi ciri khas tersendiri dari E36.

Layout Interior yang Driver Oriented

Masuk ke dalam kabin BMW Seri 3 ini kita disuguhi panel dashboard dengan desain yang driver oriented. Ini karena bentuk konsol tengahnya cenderung mengarah ke sisi pengemudi. Kesenyapan dalam kabin mobil ini tergolong cukup baik.

Interior BMW E36 pada umumnya beraksen single tone, baik itu hitam, abu-abu, hingga pilihan warna opsional seperti hijau atau biru. Jok bawaan dari BMW juga sudah didukung dengan leg support dan tilt adjuster.

Fitur hiburan pada mobil ini bisa diakses melalui panel di bagian dashboard. Untuk head unit bawaan mobil masih single DIN yang hanya bisa memutar kaset, radio dengan colokan AUX. 

Fitur yang Cukup Modern

Untuk ukuran mobil tahun 90an, E36 memiliki fitur yang cukup canggih pada masanya. Mulai dari AC Climate Control, Lampu yang dapat diatur ketinggiannya, lampu indikator yang bisa diatur keterangannya, On Board Computer (323i), dan Parking Light. 

Pada dashboard terdapat onboard computer yang mampu membaca sinyal kerusakan. BMW Seri 3 ini juga didukung Automatic Stability Control dan sistem pengereman menggunakan ABS. Selain itu, mobil ini juga sudah dilengkapi fitur sensor parkir PDC. 

Handling yang Lincah dan Presisi

Mobil ini menjadi salah satu mobil BMW yang cukup nyaman untuk dikendarai. Keunggulan dari BMW E36 ialah memberi handling yang lincah dengan sudut putaran setir yang presisi. Kita bisa memprediksi dengan tepat arah kendaraan saat memutar setir. 

Mobil ini juga memiliki kemampuan menikung yang tinggi minim limbung. E36 lincah untuk bermanuver, dan mudah untuk berbelok. Karakternya sesuai dengan slogan BMW yaitu Sheer Driving Pleasure. 

Untuk mendukung sensasi fun to drive, BMW merancang posisi aki E36 berada di belakang, tepatnya di bagasi. Tujuannya ialah untuk meningkatkan kemampuan menikungnya.

Seluruh model BMW E36 ini berpenggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive. Karakter mobil yang lincah dipadukan dengan RWD membuat E36 ini cocok digunakan sebagai mobil drift. 

Kesimpulan 

Memiliki mobil Eropa sekelas BMW tidak sesulit atau semahal yang kalian kira. Karena sudah berusia diatas 20 tahun, maka diperlukan ketelatenan lebih dalam merawat mobil ini. 

BMW E36 harganya kini sudah tergolong murah, dan perawatannya juga sudah tidak terlalu ribet. Cukup banyak bengkel spesialis BMW di kota besar, sehingga kita bisa melakukan perawatan hingga mencari sparepart asli atau OEM untuk mobil tersebut.

(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang