Selamat Tinggal! Daihatsu Xenia Lama yang RWD Resmi Tak Dijual Lagi

Berita Otomotif

Selamat Tinggal! Daihatsu Xenia Lama yang RWD Resmi Tak Dijual Lagi

JAKARTA – Daihatsu Xenia lama dengan penggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD) disebut tidak lagi diproduksi dan dijual.

Seperti diketahui, Daihatsu merilis generasi ketiga Xenia dengan penggerak roda depan (front wheel drive/FWD) pada November 2021.

Meski demikian, Xenia RWD tetap dirakit khususnya untuk konsumen fleet (perusahaan). Hanya satu tipe yang disediakan yang 1.3 X MT.

Kebijakan tersebut tak berlangsung lama. Pada awal 2023, eksekutif PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) menyatakan Xenia generasi kedua benar-benar ‘disuntik mati’.

Daihatsu Xenia RWD

“Xenia RWD sudah tidak diproduksi sejak Januari tahun ini,” kata Marketing and Corporate Planning Director ADM Sri Agung Handayani kepada Mobil123.com melalui pesan singkat pada Rabu (1/2/2023) malam kemarin.

Kendati begitu, Daihatsu tetap tidak melepas pasar fleet untuk Xenia.

Pabrikan otomotif asal Jepang yang punya spesialisasi di mobil-mobil kompak itu bakal mengalihkan para konsumen di sektor fleet ke salah satu varian All New Xenia.

“Daihatsu sudah menyiapkan Xenia 1.3 M MT untuk fleet,” tegas Agung.

Daihatsu Xenia

Xenia pertama kali ‘lahir’ pada 2003. Adapun generasi keduanya muncul pada 2011, sebelum digantikan oleh generasi terkini pada 2021.

Multi purpose vehicle (MPV) murah ‘saudara’ Toyota Avanza ini merupakan salah satu model andalan yang menjadi tulang punggung penjualan Daihatsu.

Kontribusinya terhadap penjualan mobil retail (distribusi dari diler ke pabrik) Daihatsu pada 2022 mencapai 12,7 persen atau sebanyak 23.966 unit.

Adapun total transaksi jual-beli mobil Daihatsu pada 2022 menyentuh 188.660 unit, naik 24,9 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Model yang bisa mengalahkan kontribusi Xenia hanya Daihatsu Sigra (penjualan 47.066 unit, komposisi 24,9 persen) dan Gran Max pikap (penjualan 45.617 unit, komposisi 24,2 persen).

Pasar mobil nasional sendiri tumbuh 17,4 persen yoy secara retail, dari 863.348 unit menjadi 1.013.582 unit.

Oleh karena itu, pangsa pasar Daihatsu membesar. Penguasaan pasar sejak lama ada di kisaran 17 persen kini menjadi 18,6 persen.

Daihatsu juga mempertahankan status sebagai merek mobil terlaris kedua di Indonesia selama 14 tahun berturut-turut. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Download Aplikasi Mobil 123 di iOS atau Android untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang