Beda dengan Daihatsu Xenia RWD, Toyota Avanza Transmover Masih Bisa Dipesan

Berita Otomotif

Beda dengan Daihatsu Xenia RWD, Toyota Avanza Transmover Masih Bisa Dipesan

JAKARTA – Nasib Toyota Avanza berpenggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD) berbeda dengan Daihatsu Xenia RWD yang kini benar-benar tidak lagi diproduksi dan dijual.

Tadinya, Xenia RWD dan Avanza RWD sama-sama masih diproduksi meski generasi terbaru dari dua model itu yang berpenggerak roda depan (front wheel drive/FWD) meluncur di Indonesia pada November 2021.

Xenia RWD tipe 1.3 X MT plus Avanza RWD tipe Transmover tersebut juga sama-sama menyasar segmen fleet (korporasi).

Namun, seperti diberitakan sebelumnya, Xenia RWD berhenti dirakit dan dipasarkan mulai Januari 2023. Para peminatnya akan dialihkan ke All New Xenia tipe 1.3 M MT.

Tidak demikian ceritanya bagi Avanza Transmover. Meski tidak lagi rutin diproduksi, Eksekutif PT. Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan Avanza Transmover masih bisa dipesan secara spot order.

Toyota Avanza Transmover

"Khusus kebutuhan fleet, jika memang masih membutuhkan (Avanza--Red) generasi sebelumnya, kami menyediakan melalui model Transmover, ya. Itu Itu pun skemanya hanya spot order dan hanya dibikin atau diproduksi apabila ada kebutuhan dari fleet dengan jumlah tertentu,” papar Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy melalui pesan singkat kepada Mobil123.com pada Rabu (1/2/2023) malam.

Dia lalu menilai kebutuhan segmen fleet terhadap multi purpose vehicle (MPV) sebenarnya bisa pula dipenuhi oleh All New Avanza dan bahkan All New Veloz yang mulai generasi terbaru dipisahkan menjadi model tersendiri—bukan lagi varian termewah Avanza.

“Kami menyediakan Avanza dan Veloz yang model FWD, ya, yang rasanya sesuai dengan kebutuhan saat ini,” tandas Anton.

Toyota Avanza 2023

Merek asal Jepang yang merupakan ‘kakak kandung’ Daihatsu tersebut merupakan ‘raja’ segmen MPV. Toyota punya lini produk MPV terlengkap di pasar otomotif nasional dengan jumlah delapan model.’

Ada Toyota Calya, Toyota Avanza, Toyota Veloz, Toyota Sienta (spot order), Toyota Kijang Innova Zenix, Toyota Voxy, Toyota Alphard, Toyota Vellfire.

Toyota mengklaim menguasai 52 persen pasar MPV di Tanah Air pada 2022, dengan komposisi penjualan wholesales (distribusi pabrikan ke diler) delapan model mencapai 191.010 unit.

Mereka juga masih menjadi merek mobil terlaris di Indonesia.

Total penjualan wholesales Toyota pada 2022 adalah 331.410 unit, naik 12,1 persen dibandingkan 2021 (year on year/yoy). Pangsa pasar mereka sedikit terkoreksi dari 33,3 persen menjadi 31,6 persen. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Download Aplikasi Mobil 123 di iOS atau Android untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar