Gerbang Tol Cikunir 4 Siap Beroperasi, Jangan Salah Masuk

Berita Otomotif

Gerbang Tol Cikunir 4 Siap Beroperasi, Jangan Salah Masuk

JAKARTA - Jasamarga Metropolitan Tollroad akan mengoperasikan GT Cikunir 4 yang khusus melayani transaksi tol ke arah Jati Asih mulai 11 Agustus 2020, pukul 00.00 WIB.

Dengan gerbang tol baru ini maka diharapkan beban transaksi lalu lintas yang terjadi di Cikunir 2 dari arah Cikampek dan sekitarnya menuju ke berbagai wilayah di Jakarta dapat berkurang. Dengan demikian, waktu tempuh pengguna tol juga akan semakin singkat.

GT Cikunir 4 diperuntukkan bagi pengguna jalan yang mengarah ke Jatiasih/Jagorawi/P. Indah/Serpong, sedangkan GT Cikunir 2 yang saat ini beroperasi diperuntukkan bagi pengguna jalan yang mengarah ke Pondok Kelapa/Bintara/Tanjung Priok. Perubahan/pemisahan lalulintas di GT Cikunir 2 ke GT Cikunir 4 dan GT Cikunir 2 diharapkan dapat mengantisipasi antrean yang terjadi saat transaksi di gerbang tol.

Dengan adanya pemisahan lajur transaksi untuk kendaraan menuju ke arah Jati Asih dengan yang ke arah Tanjung Priok, maka kendaraan yang masuk Cikunir 2 arah Tanjung Priok sudah tidak dapat lagi memotong jalur untuk masuk jalur yang ke arah Jati Asih. Memotong jalur inilah yang selama ini menjadi salah satu penyeban kemacetan di jalan tol tersebut.

Sosialisasikan Teknologi

jalan tol

Selain itu Jasa Marga juga mulai mensosialisasikan teknologi-teknologi yang ada pada ruas tol kepada masyarakat. Salah satunya adalah pemasangan 101 Close Circuit Television (CCTV yang ada di ruas tol Cipularang dan Padaleunyi.

CCTV tersebut terpasang pada pada gerbang dan jalur yang berfungsi untuk monitoring kondisi lalu lintas, 3 unit Smart CCTV (Speed detection dan Automatic Number Plate Recognition (NPR)) di KM 92+950 B, KM 94+600 B dan KM 142+000 A yang berfungsi untuk mendeteksi kecepatan kendaraan.

Selain itu, ada pula 18 buah Variable Message Sign (VMS) yang berfungsi untuk pemberian informasi kondisi lalu lintas, 2 buah Variable Message Sign Mobile, dan 21 buah GPS Kendaraan Operasional yang berfungsi untuk monitoring kendaraan operasional.

Beroperasinya teknologi-teknologi ini diharapkan bisa memberikan informasi terkini kepada para pengguna jalan tol khususnya di ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi secara real time. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar