Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Sejarah Honda MegaPro di Indonesia, Berakhir Karena Verza

Panduan Pembeli

Sejarah Honda MegaPro di Indonesia, Berakhir Karena Verza

Honda MegaPro mulai diproduksi pada tahun 1999 dan merupakan regenerasi dari Honda GL Pro. Ini karena mesin yang dipakai sama persis dengan Honda GL Pro edisi terakhir. Kiprah MegaPro generasi pertama begitu sukses sehingga Honda melalui PT Astra Honda Motor memproduksinya dalam beberapa generasi.

Kiprah Honda Megapro generasi pertama yang dijuluki Megapro Hiu sukses bertahan selama tujuh tahun. Model tersebut akhirnya digantikan oleh MegaPro Primus, karena iklan motor tersebut dibintangi aktor Primus Yustisio. Total, Honda Megapro telah rilis hingga empat generasi.

MegaPro dikenal sebagai motor batangan yang tangguh dan irit. Motor ini piawai digunakan sebagai motor dalam kota dan nyaman digunakan touring antar kota. Tenaganya oke namun dengan konsumsi bensin yang masih cukup hemat. 

Kali ini kami akan membahas Honda MegaPro dari generasi ke generasi. Simak ulasannya sebagai berikut. 

Honda MegaPro Hiu, Generasi Pertama MegaPro di Indonesia

Honda Megapro mengawali kiprahnya di tahun 1999 yang desainnya mengambil basis dari Honda CB400 Super Four. Motor ini mendapat julukan sebagai MegaPro Hiu karena bentuk bodi belakangnya yang tajam layaknya moncong ikan predator tersebut, dan tangki memiliki shape bagian depan yang lebih tajam. 

Secara umum MegaPro Hiu ini dibangun dengan part gado-gado antara Tiger dan GL Pro Neotech. Bagian depan mengusung headlamp bulat dan sein milik Honda Tiger, begitupun knalpotnya. 

Berikut ini data teknis dimensi dan kapasitas tangkinya:

Panjang x lebar x tinggi (mm): 2.034 x 754 x 1.062 mm
Jarak sumbu roda: 1.281 mm
Tinggi jok: 772 mm
Jarak ke tanah: 149 mm
Cam chain: silent chain (rantai)
Kapasitas oli mesin: 0,9 liter
Kapasitas tangki: 8.0 liter
Rangka: diamond steel
Suspensi:
– depan: teleskopik
– belakang: swing arm, double shockbreaker
Ban:
– depan: 2,75-18 – 42P
– belakang: 3,00-18 – 47P

Sementara itu, komponen mesinnya persis dengan Honda GL-Pro Neotech 156 cc non elektrik starter. Mesinnya berkapasitas 156,7 cc, berpendingin udara, satu silinder, OHC, 4-tak. 

Tenaga yang dihasilkan sebesar 14,9 PS pada 8.500 rpm dan torsi 12,7 Nm pada 6.500 rpm. Mesinnya termasuk andal dalam melahap tanjakan. Ini karena output tenaganya yang berisi dan performa badak di masanya. 

Pada generasi awal MegaPro Hiu hanya tersedia dalam kick-starter, dengan pengereman rem cakram depan dan tromol di belakang serta velg masih jari-jari.

Kemudian pada versi penyegaran tahun 2002, Honda baru menyediakan electric starter serta adanya versi velg cast wheel atau palang. Starter elektrik ini memudahkan saat mesin GL Pro susah dihidupkan dalam kondisi mesin dingin.

Honda MegaPro Primus (Generasi Kedua)

Daur hidup Honda MegaPro terus berlanjut, dimana pada 2006 PT Astra Honda Motor meluncurkan MegaPro 160 Advance. Ciri khas model ini punya stiker bertuliskan MegaPro 1600. 

Motor ini juga dikenal sebagai MegaPro Primus. Sebab dalam materi iklannya menampilkan aktor Primus Yustisio, sebagai representasi para penggunanya yang tangguh.

Ubahannya dari bentuk sebetulnya tidak begitu signifikan, revisi desain tangki yang sedikit lebih tinggi, dan bentuknya seperti menyambung hingga lampu belakang motor. 

Model yang dirilis tahun 2010 ini menggunaan mesin XRP (X-tra Responsive Performance Engine) 150 cc yang menggantikan 160 cc dari basis GL-Pro sebelumnya. Mesin itu menghasilkan daya 13,7 PS pada 8.500 rpm dan torsi 12,5 Nm di 6.500 rpm.

  • Transmisi: 5-speed (1-N-2-3-4-5)
  • Kopling: manual, tipe basah
  • Battery/ accu: 12V – 5 Ah
  • Pengapian: DC – CDI, Battery
  • Starter: electric dan kick
  • Busi: ND X 24 EP – U9/MGK DP8 EA-9

MegaPro Primus cukup laris saat itu karena di kelas 150-160 cc 4 tak Honda masih bermain sendirian tanpa lawan. MegaPro Primus benar-benar menjadi idola konsumen sepeda motor di Indonesia dari kalangan anak muda sampai bapak-bapak yang jadi simbol motor maskulin hingga akhirnya Yamaha Vixion  menjadi pesaing serius lahir setahun kemudian atau pada 2007.

Honda MegaPro Gen 3,  Bercita Rasa India

Astra Honda Motor meluncurkan generasi terbarunya dalam balutan Honda New MegaPro atau sering disingkat NMP pada 2010. Generasi ke-3 Honda MegaPro berubah total baik desain maupun mesinnya.

Ini karena Honda Megapro generasi ke-4 juga merupakan produk Honda yang diadaptasi dari India, yakni Honda Unicorn Dazler. Desainnya lebih modern serta futuristik, aura gagahnya terpancar, kesan maskulin juga tetap dipertahankan lewat desain yang lebih berisi. 

Bentuk lampu utama tak lagi membulat dengan headlamp bersudut tajam. tangkinya membesar dan lebih tinggi, sehingga membuat jok pengendara lebih rendah. 

Edisi kali ini juga telah menggunakan monoshock, tak lagi dual shockbreaker. Kemudian untuk sistem pengereman diupgrade memakai rem cakram di kedua roda.

Penggunaan knalpot yang lebih besar juga membuat alunan suaranya lebih ngebass. Spesifikasi tersebut membuatnya menjadi andalan para pecinta touring. 

Honda MegaPro Generasi Terakhir, Didukung Mesin Injeksi

Generasi ke-5 Honda Megapro adalah Megapro dengan sistem pengkabutan bahan bakar injeksi khas Honda yakni Honda PGM FI. Desain bodi mengalami beberapa perubahan pada area Shroud tangki bahan bakar, serta bodi tengah tutup akinya. 

Bentuk footstep belakangnya jadi menggantung, serta desain knalpot lebih panjang dari sebelumnya. Kemudian ada perbedaan lekuk di cover headlamp, selebihnya sama dengan New MegaPro.

Karena sistem pengabut bensinnya menjadi injeksi, ada penyesuaian output mesin. Tenaganya menurun menjadi 13,3 PS dan torsi ikut menciut menjadi 12,3 Nm pada putaran mesin sama. Tangki bensinnya naik sedikit dari 12,2 liter jadi 12,3 liter. 

  • Kapasitas mesin: 149,5 cc (150)
  • Bore x stroke: 57,3 x 57,84 mm
  • Rasio kompresi: 9,5 : 1
  • Max power: 9,8 kw (13,3 ps) @ 8500 rpm
  • Max torque: 12,3 nm (1,25 kgf.m) @ 6500 rpm
  • Sistem bahan bakar: Fuel Injection (FI)
  • Kopling: manual, multiplate, wet clutch with coil spring
  • Transmisi: 5-speed (1-N-2-3-4-5)
  • Starter: electric dan kick
  • Perlistrikan:
  • Battery (accu): 12v-3,5Ah
  • Busi: NGK CPR9EA-9
  • Pengapian: Full Transisterized

Honda MegaPro yang sudah mengadopsi PGM FI ini rupanya merupakan generasi terakhir Honda MegaPro series. Honda MegaPro FI jadi edisi penutup model ini yang sudah hadir sejak 1999. 

Produk tersebut akhirnya discontinue 2018 silam, atau bertahan selama 19 tahun. Alasannya, karena AHM hanya ingin fokus pada dua naked sport 150 cc saja, yaitu CB150R Street Fire serta Honda Verza 150 yang lahir di tahun 2013.

Kesimpulan 

Kehadiran Honda Verza pada 2013 yang bertujuan menjaring konsumen di segmen sport entry level ternyata sukses dan sekaligus mematikan penjualan New MegaPro FI pelan-pelan.

Mesin Verza dan MegaPro FI memang sama persis. Tetapi desain Verza yang bagian buntutnya menyerupai MegaPro Primus dengan headlamp tajam lebih “masuk” bagi konsumen Indonesia. Alhasil, masyarakat kemudian lebih memilih Verza yang harganya lebih terjangkau bila mencari motor naked sport yang fungsional.

(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang