Sean Gelael Siap Unjuk Gigi di Monaco

Berita Otomotif

Sean Gelael Siap Unjuk Gigi di Monaco

JAKARTA - Pebalap Indonesia, Sean Gelael bersiap untuk kembali menunjukkan tajinya. Sean Gelael harus mempersiapkan dirinya untuk menghadapi balapan paling bergengsi di musim ini: Monaco!

Dengan hanya baru menyelesaikan satu kali balapan di Formula Renault 3.5 sejauh ini, Sean Gelael harus siap menghadapi Monaco. Biasanya, balapan Formula Renault 3.5 merupakan kegiatan puncak dari rangkaian balapan World Series by Renault, tetapi hanya untuk satu akhir pekan, para pebalap muda ini akan bergabung dengan pebalap-pebalap  Formula 1 di sirkuit jalanan Monte Carlo untuk mengikuti kejuaraan yang glamor, Monaco Grand Prix.

Sean bersama Tim Jagonya Ayam with Carlin kali ini akan menjalani format pertandingan yang berbeda, hanya diperkenankan melakukan satu kali latihan bebas, satu kali sesi kualifikasi dan langsung balapan, yang akan dilakukan pada hari Minggu pagi sebagai bagian dari Grand Prix itu sendiri.

Tentu saja ini merupakan pertama kalinya bagi Sean berada di sirkuit yang sangat bersejarah ini, yang terletak di sebelah Laut Mediterania, sudah menjadi tuan rumah Grand Prix sejak tahun 1929, dan telah menjadi sejarah tempat terjadinya berbagai kejadian yang tak terlupakan sejak 86 tahun silam tersebut.

Tetapi, rekan satu tim Sean di Jagonya Ayam with  Carlin, Tom Dillmann, sudah pernah membalap di Monaco sebelumnya, Tom sudah menjalani empat kali balapan dalam jangka waktu dua tahun di seri GP2, jadi Tom akan dapat banyak memberikan masukan kepada Sean mengenai tantangan-tantangan yang ada di lintasan.

Sean memiliki catatan yang baik di sirkuit jalan raya, Sean mencatatkan poin pertamanya di Kejuaraan FIA Formula 3 Eropa saat berlaga di sirkuit jalan raya Pau, dan juga memperlihatkan performa yang baik di Norisring serta Macau Grand Prix. 

“Lintasan di Monaco sebenarnya lebih mudah dibandingkan di Pau,” kata Tom. “Lintasannya lebih lebar dan  ada lebih banyak waktu diantara tikungan. Tetapi mobil Formula Renault 3.5 lebih besar dari yang biasa Sean pergunakan, dan juga memiliki horsepower yang lebih besar, sehingga masih akan cukup sulit.”

Secara khusus Tom menunjuk titik Tabac corner -  disebut demikian karena dulu ada toko tembakau di sana – sebagai tikungan terberat di lintasan, bersama dengan kompleks kolam renang yang mengikuti setelah itu, yang terdiri dari tikungan S yang berkarakter sangat cepat dilanjutkan dengan chicane yang lambat. Banyak pebalap yang mengalami kecelakaan di sini selama bertahun-tahun. 

“Tetapi saat di GP2, saya selalu memiliki perasaan yang nyaman di sini,” tambah Tom. 

“Kita selalu memiliki perasaan yang bagus saat di sirkuit jalanan, sirkuit-sirkuit ini benar-benar sesuatu yang istimewa, karena anda akan mendapatkan sensasi yang lebih dibandingkan jalur normal."

"Sean harus memulainya dengan cepat tetapi tidak terlalu cepat, karena kalau dia menabrak dan kehilangan waktu tentu akan sangat merugikan. Sean harus mampu menemukan ritmenya, membalap di jalurnya dan berusaha untuk mendapatkan catatan waktu yang terbaik,” lugasnya.

Jadi nasehat apa yang akan diberikan Tom kepada Sean? “Saya tidak mau mengatakannya di sini, berjaga-jaga siapa tahu pesaing kami juga membacanya,” kata Tom sambil tertawa. 

“Tetapi tentu saja saya akan berusaha membantu Sean sebanyak mungkin. Monaco adalah suatu balapan di mana setingan kendaraan sangat penting, jadi walaupun Carlin tidak mengiktui kejuaraan Formula Renault 3.5 tahun lalu, hal itu bukanlah merupakan suatu kerugian seperti yang mungkin saja bisa terjadi di lintasan lain yang sangat unik.”

“Saya tahu Sean selalu bertujuan untuk melakukan yang terbaik, tetapi berada untuk pertama kalinya di Monaco, tentu merupakan pencapaian yang sangat baik apabila mampu memperoleh poin. Tetapi hal itu tidak akan mudah,” tutupnya. [Syu/Idr]

 

Temukan motor idaman Anda di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

Tag Terkait


Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual