Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Satu Motor Listrik Alva Dibuat Hanya dalam 3 Menit! Pabriknya di Cikarang

Berita Otomotif

Satu Motor Listrik Alva Dibuat Hanya dalam 3 Menit! Pabriknya di Cikarang

JAKARTA – Pabrik Alva di Cikarang, Bekasi punya kapasitas produksi terpasang mencapai ratusan ribu unit motor listrik dalam setahun. Pembuatan satu unitnya hanya memerlukan beberapa menit saja.

Alva merupakan merek motor listrik asal Indonesia. Pabrik mereka berlokasi di kawasan Delta Silicon Industrial Park, Cikarang.

Kapasitas produksi pabrik Alva, menurut keterangan resmi maupun penelusuran dari berbagai sumber yang dikutip pada Kamis (21/9/2023), maksimal 100 ribu unit per tahun.

“Pabrik kami dapat menghasilkan satu unit motor Alva dalam waktu tiga menit. Dalam sehari, paling banyak 150 unit,” kata Chief Operating Officer COO PT Ilectra Motor Group (IMG) Rahmat Septriwan.

motor listrik Alva

Lebih lanjut, pabrik Alva disebut telah mengaplikasikan teknologi industri 4.0. Teknologi ini menggunakan sistem robotik canggih dalam proses perakitan motor listrik.

Inilah yang membuat pabrik Alva di Cikarang bisa mempunyai kapasitas produksi sampai dengan 100 ribu unit per tahun, dengan lama waktu pengerjaan tiap unit yang cepat.

President Director IMG Purbaja Pantja mengklaim bahwa sebagai korporasi yang menyediakan solusi mobilitas gaya hidup, Alva telah melakukan gebrakan berbeda dari perusahaan-perusahaan motor yang sudah ada, sejak hadir pada 2022.

Fasilitas manufakturing berteknologi industri 4.0 Alva ia katakan sebagai bukti keseriusan mereka untuk mempenetrasi pasar motor Tanah Air.

“Kami juga berupaya menghadirkan konsep manufaktur yang berbeda sebagai game changer dalam industri ini, sehingga bukan hanya menerapkan teknologi terdepan yang meningkatkan keahlian para pekerja, tapi juga membawa manfaat serta semangat kolaborasi bagi komunitas, persyarikatan agama, serta masyarakat setempat,” papar Purbaja.

Pabrik Alva di Cikarang membuka kesempatan kerja bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), melalui kerja sama dengan Pemerintah Daerah Cikarang.

motor listrik Alva

Alva sekarang memasarkan dua model motor listrik. Ada Alva One dan Alva Cervo.

Keduanya sudah mempunyai tingkat komponen dalam negeri (TKDN) lebih dari 40 persen. Dengan demikian, dua model itu berhak mendapatkan subsidi harga Rp7 juta dari pemerintah sejak April 2023 kemarin, sehingga banderolnya menjadi lebih murah.

Pada Agustus 2023, Alva telah merampungkan penggalangan dana Seri B. Total investasi yang mereka dapat 50 juta dollar AS atau sekitar Rp 769,52 miliar (1 dollar AS = Rp 15.389,25).

Para penanam modal mencakup pihak-pihak lama yang dipimpin oleh Horizon Ventures. Ada pula investor baru yakni HH-CTBC Partnership L.P (Foxconn Co-GP Fund) plus Brama One Ventures..

HH-CTBC Partnership L.P (Foxconn Co-GP Fund) menjadi investor terbesar di Alva, bersama-sama dengan Horizon Ventures plus Indika Energy. [Xan/Ses]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang