Sandiaga Uno Nilai Era Kendaraan Listrik Masih Perlu Waktu

Berita Otomotif

Sandiaga Uno Nilai Era Kendaraan Listrik Masih Perlu Waktu

JAKARTA – Meski tertarik dengan kendaraan listrik, Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) memiliki pandangan tersendiri tentang perkembangan otomotif di Indonesia.

Menurutnya perkembangan otomotif di Indonesia masih memerlukan transisi ke teknologi hybrid terlebih dahulu sebelum masuk ke kendaraan listrik. Hal ini disampaikan saat mengunjungi ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 beberapa waktu lalu.

“Saya rasa kita perlu transisi terlebih dahulu dari hybrid baru ke kendaraan bertenaga listrik. Nanti ketika sudah banyak charging station dan kembangkan infrastruktur sehingga kita bisa lebih siap dengan kendaraan listrik,” ungkapnya.

Meski demikian Ia mengaku bahwa untuk memasuki ke era kendaraan listrik tidak akan membutuhkan waktu lama. Pasalnya saat ini Pemerintah semakin gencar dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di berbagai daerah.

Toyota Listrik

“Saya rasa tidak membutuhkan waktu lama, hanya satu atau dua tahun ke depan Indonesia sudah siap dengan kendaraa listrik,” tegasnya kemudian.

Sebelumnya diberitakan bahwa Toyota Astra Motor telah mengenalkan program EV Smart Mobility di Nusa Dua, Bali. Ini adalah sebuah program untuk menciptakan ekosistem kendaraan listrik untuk masyarakat yang sempat dijanjikan pada pertengahan tahun 2020. Ada pun produk-produk yang digunakan adalah kendaraan Toyota dari berbagai model.

Dalam project EV Smart Mobility ini ada tiga lineup kendaraan elektrifikasi Toyota dengan total 30 unit kendaraan. Kendaraan tersebut terdiri dari 20 unit Toyota COMS (BEV), 5 unit Toyota C+pod (BEV), dan 5 unit Toyota Prius PHEV.

Tak hanya itu, di project EV Smart Mobility juga dilengkapi dengan teknologi panel matahari atau solar panel guna memenuhi kebutuhan shelter/station untuk mengisi daya listrik pada kendaraan elektrifikasi Toyota. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa mereka tetap menggunakan energi ramah lingkungan.

Dengan adanya proyek ini diharapkan masyarakat Indonesia akan semakin mengenal dengan kendaraan listrik dan mempercepat pemulihan industri pariwisata khususnya Bali. Terlebih, Pemerintah memang tengah mengusahakan pemulihan sektor pariwisata karena dampak negatid Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sangat terasa. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar