Saat Luhut dan 2 Menteri Jokowi Lainnya Jajal Mobil Listrik Wuling

Berita Otomotif

Saat Luhut dan 2 Menteri Jokowi Lainnya Jajal Mobil Listrik Wuling

JAKARTA – Pabrik Wuling Motors (Wuling) di Cikarang, Bekasi beberapa waktu lalu kedatangan tiga menteri. Aktivitas mereka ketika di sana antara lain mencoba model-model mobil listrik Wuling.

Menteri Koordinator, Kemaritiman, dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada Kamis (30/9/2021) pekan lalu mengunjungi pabrik Wuling di Cikarang. Luhut tidak sendiri, karena Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi serta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga turut hadir ke fasilitas produksi merek mobil China itu.

Ketiganya, seperti dijelaskan dalam keterangan resmi, disambut langsung oleh President Director PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia Shi Guoyong serta Vice President SGMW Indonesia Arif Pramadana.

Luhut Binsar Pandjaitan, Budi Karya Sumadi, Budi Gunadi Sadikin kunjungi pabrik Wuling Indonesia

Adapun agenda tiga menteri di kabinet Presiden Joko Widodo tersebut ialah mengajak Wuling bekerja sama di bidang kendaraan listrik maupun infrastruktur pendukungnya.

“Kami serius untuk membawa teknologi dan juga berinvestasi dalam rangka memasuki era elektrifikasi kendaraan. Tentunya, Wuling juga membutuhkan dukungan dari pemerintah untuk bersama-sama mengembangkan ekosistem EV di Indonesia,” ucap Shi Guoyong terkait hal tersebut.

Coba Mobil Listrik Wuling E100 dan Wuling Mini EV

Dijelaskan bahwa Luhut, Budi Karya, dan Budi Gunadi pertama-tama diberikan tur keliling pabrik Wuling yang sudah menerapkan teknologi Global Manufacturing System (GMS).

Menurut Guoyong, investasi Wuling di Indonesia memang dimulai dari pembangunan fasilitas produksi. Untuk melengkapinya, mereka juga menanamkan modal untuk membangun komplek khusus bagi para pemasok komponen.

“Wuling hingga kini telah menghadirkan lini produk berkualitas di pasar otomotif Indonesia, bahkan menjadi komoditas ekspor. Selain itu, selama masa pandemi (Covid-19), Wuling turut menerapkan protokol kesehatan ketat dalam proses manufaktur, sehingga kesehatan para karyawan senantiasa terjaga,” akunya.

Setelah tur, dia juga membeberkan rencana pengembangan kendaraan listrik Wuling yang ada saat ini di China mulai dari E100, E200, E300, sampai Mini EV.

Mini EV bahkan menjadi mobil listrik terlaris di China saat ini dengan penjualan sekitar 200 ribu unit sejak Januari-Juli 2021.

Di mobil-mobil listrik berplatform GSEV tersebut, ada beragam teknologi mulai dari pengemudian otonom, konektivitas 5G, hingga komputasi awan.

mobil listrik Wuling E100 dan Mini EV

Sesi paling menarik adalah ketika Luhut, Budi Karya, dan Budi Gunadi mencoba mengendarai langsung mobil listrik Wuling. Ada dua model yang mereka ‘cicipi’, yakni E100 serta Mini EV.

Wuling sendiri sebelumnya dilaporkan akan memproduksi beragam model mobil listrik mereka di pabrik Cikarang. Produksi lokal mobil listrik Wuling di Indonesia rencanannya dimulai pada akhir 2022. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar