Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Download Gratis – iCar Asia Limited
4.4
33,336

Biaya Kuras Radiator Mobil, Ternyata Tak Semahal yang Dikira

Panduan Pembeli

Biaya Kuras Radiator Mobil, Ternyata Tak Semahal yang Dikira

Biaya kuras radiator mobil tergolong murah, amat berbeda dengan biaya servis radiator.

Mengingat pentingnya fungsi radiator mobil, kuras radiator adalah perawatan yang sebaiknya rutin dilakukan.

Radiator merupakan salah satu komponen terpenting dari sebuah kendaraan. Masalah atau kerusakan pada radiator, dalam waktu singkat, langsung membuat mobil tak kuat berjalan jauh. Mesin bahkan bisa ambrol.

Memangnya, apa sih radiator ini? Apa pula pentingnya kuras radiator secara rutin dan berapa biaya yang mesti dirogoh dari dompet?

Berikut adalah pembahasannya, berdasarkan penelusuran Mobil123.com dari berbagai sumber.

Fungsi Vital Radiator

Seperti diketahui, teknologi konvesional pada mobil menggunakan mesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE) untuk menghasilkan energi sebagai penggerak kendaraan.

Penjelasan sangat sederhana dari sistem ICE adalah mesin membakar bensin/diesel dan letupan energi dari proses itulah yang kemudian dimanfaatkan oleh sistem penggerak kendaraan.

Proses ini tentunya menghasilkan panas. Semakin lama kendaraan digunakan, suhunya pun semakin meningkat.

Nah, di sini lah radiator ‘memainkan’ peranannya. Benda ini adalah komponen dalam sistem pendinginan mesin kendaraan yang berfungsi memindahkan kalor atau panas dari dari mesin ke udara.

Komponen tersebut berisi cairan, baik air biasa maupun fluida khusus bernama coolant, yang dialirkan ke saluran yang disusun sedemikian rupa untuk mengelilingi mesin. Sambil lewat, cairan ini ‘mengambil’ kalor dari mesin.

coolant radiator

Ketika air atau coolant kembali ke radiator, panas disalurkan ke udara oleh bagian radiator core dengan bantuan dari kipas radiator.

Efek rusaknya radiator tentu saja sudah bisa ditebak. Mesin akan menjadi terlampau panas alias overheat.

Jika pengemudi terus memaksakan mobil berjalan saat overheat terjadi, kepala silinder (cylinder head) bisa melengkung. Akhirnya, mesin pun rusak dan perbaikannya harus dilakukan dengan cara overhaul (turun mesin).

kuras radiator perlu dilakukan secara rutin kalau tidak ingin mesin overheat

Berikut bagian-bagian dari sebuah radiator:

  • Upper tank: di sinilah air radiator yang membawa kalor ditampung setelah menjalankan tugasnya mengelilingi mesin.
  • Radiator core: seperti namanya, bagian ini adalah core (inti radiator) yang berbentuk serupa pipa kecil dengan lubang di sekelilingnya. Radiator core berfungsi melepas suhu panas dari air radiator ke udara.
  • Lower tank: air radiator yang telah melepaskan panas dan sudah mengalami proses pendinginan kemudian ditampung di bagian yang terletak pada bagian bawah ini. Dari Lower tank, air radiator kemudian mengulang tugasnya mengitari mesin.
  • Fin Radiator: letaknya sebenarnya terdapat di radiator core. Bentuknya adalah sirip-sirip yang membantu menyerap panas dan melepasnya ke udara dengan bantuan dari kipas radiator.
  • Drain plug: baut penguras ini berada pada lower tank. Gunanya menguras atau mengeluarkan air yang berada di dalam radiator.
  • Radiator cap: tutup radiator memiliki beberapa fungsi. Selain menutup tempat pengisian air/coolant, bagian ini juga mengatur tekanan pada radiator. Desainnya dibuat sedemikian rupa untuk meminimalisir potensi kebocoran pada radiator.

Alasan Radiator Perlu Dikuras dan Biayanya

Merawat radiator sebenarnya amat sederhana. Ada dua yang paling penting dilakukan yaitu rutin mengganti air radiator, kemudian menguras radiator secara berkala.

Kuras radiator perlu dilakukan, karena cairan di dalamnya, seiring waktu, bisa dicemari oleh kotoran-kotoran maupun karat dari besi radiator. Residu-residu ini dapat tertinggal di bagian dalam dan menyumbat saluran.

Kalau ini sampai terjadi, proses pendinginan mesin pun pada akhirnya terganggu.

kuras radiator perlu dilakukan secara rutin

Biaya kuras radiator mobil amat murah. Biaya jasanya cuma puluhan ribu rupiah, bahkan bisa hanya Rp20 ribu sampai dengan Rp30 ribu.

Tapi, itu belum termasuk dengan coolant. Harga cairan khusus radiator untuk mobil dengan kapasitas 5 liter sangat beragam, dari mulai Rp30 ribuan sampai jutaan rupiah pun ada.

Si pemilik mobil bisa menyesuaikan coolant yang dipakai dengan merek dan jenis mobil maupun isi kantong.

Sebagai perbandingan, biaya servis radiator bisa mencapai Rp400-500 ribuan tergantung dari jenis serta skala kerusakannya.

Dari sini bisa diilihat bahwa perbedaan biaya antara kuras radiator dengan servis radiator cukup jauh.

Ada yang mengatakan kuras radiator sebaiknya dilakukan rutin antara enam bulan atau setahun sekali. Kalau patokannya jarak tempuh, sarannya adalah setiap 40 ribu km.

Adapun penggantian air radiator tanpa kuras disarankan setiap 20 ribu km sekali.

Patokan paling baik tentu saja adalah saran dari pabrikan yang terdapat pada buku manual.

4 Pertanda Wajib Kuras Radiator

kuras radiator perlu dilakukan secara rutin

Pemilik mobil juga perlu mengetahui tanda-tanda radiator ‘meminta’ untuk dikuras. Ada sekurang-kurangnya empat sinyal yang tak boleh diabaikan:

  • Mesin Overheat Ringan

Mesin mobil yang kerap mengalami overheat ringan tapi tidak ada tanda kebocoran adalah salah satu pertanda waktunya kuras radiator. Overheat merupakan gejala bahwa kinerja radiator tidak bisa lagi menyerap dan membuang panas secara maksimal.

Permasalahannya bisa pada air radiator yang kotor. Bisa pula, saluran-saluran radiator sudah relatif banyak kotoran yang mengganggu kinerja pendinginan mesin.

  • Mesin Kerap Lebih Panas dari Biasanya

Sering-sering mengamati indikator panas mesin di meter cluster, sehingga pemilik mobil tahu berapa level panas normal untuk aktivitas harian. Mesin mobil yang kerap menjadi lebih panas dari biasanya, meski tak sampai overheat, juga salah satu indikator bahwa radiator perlu dikuras.

Jika mengalami hal ini, jangan tunggu sampai overheat terjadi. Ada baiknya mencari waktu untuk kuras radiator.

  • Air Radiator atau Coolant Sudah Memudar atau Kotor

Berbeda dengan air biasa, setiap coolant memiliki warna khas masing-masing. Warna yang sudah memudar, tak terang lagi, apalagi keruh dan kotor adalah sinyal lain kalau radiator perlu dikuras. Terutama jika memang pemilik mobil sudah lama tidak melakukan itu.

  • Sudah Melewati Anjuran di Buku Manual

Buku manual bukan hanya ‘aksesoris’ dari pembelian kendaraan. Ini adalah panduan dari pabrikan mengenai karakter serta kebutuhan mobil.

Pelajari dan ketahui betul, berapa batas pemakaian sebelum si pemilik harus mengganti air radiator atau bahkan mengurasnya.

Dengan mengikuti buku manual, sang pemilik bisa menghindari tiga sinyal sebelumnya.

Cara Kuras Radiator Sendiri di Rumah

kuras radiator perlu dilakukan secara rutin

Pemilik mobil sebenarnya juga dapat menguras radiatornya sendiri di rumah. Soalnya, aktivitas ini tidak membutuhkan satu keahlian maupun pengetahuan teknis yang rumit.

Ada tujuh tahapan yang perlu dilakukan saat menguras radiator sendirian. Berikut pemaparannya:

  • Dalam kondisi mesin dingin, nyalakan dan panaskan mobil beberapa menit saja. Tujuannya adalah agar sistem pendinginan berputar sedikit untuk menghindari mengendapnya kotoran di bagian bawah.
  • Buka radiator cap. Kemudian cari serta buka baut pembuangan air radiator pada bagian bawah.
  • Tunggu sampai coolant yang keluar dari bagian bawah habis. Tutup baut sampai benar-benar rapat, lalu isi radiator dengan coolant yang baru.
  • Tutup radiator cap setelah coolant memenuhi radiator.
  • Nyalakan lagi mesin, tapi pastikan dulu AC tidak aktif. Biarkan mesin berputar sampai jarum indikator suhu di meter cluster naik hingga setengahnya dan kipas elektrik (kalau ada) menyala.
  • Tunggu mesin dingin dan situasi aman untuk membuka radiator cap. Amati apakah coolant masih tetap penuh. Jika belum, kembali isi coolant dan ulangi proses menyalakan mesin pada poin di atas.
  • Terakhir, cek tangki cadangan air radiator. Pastikan permukaan airnya berada di atas batas minimum.

Kesimpulan

Menguras radiator bukan lah hal yang mahal atau sulit. Saking gampangnya perawatan ini, pemilik mobil bisa mengerjakan sendiri di rumah.

Kuras radiator merupakan salah satu usaha agar kinerja komponen yang amat vital ini selalu prima. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar