Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Rupiah Melemah, Sejumlah Pabrik Otomotif Berusaha Pertahankan Karyawan

Berita Otomotif

Rupiah Melemah, Sejumlah Pabrik Otomotif Berusaha Pertahankan Karyawan

JAKARTA - Nilai tukar rupiah yang terus melemah sedikit-banyak berdampak pada aktivitas pabrik-pabrik otomotif di Indonesia.

"Jam kerja shift masih normal, 2 shift per hari. Jangan sampai ada PHK. Jika memasuki kondisi lebih buruk, langkah kami adalah tidak memperpanjang kontrak para karyawan kontrak," kata Amelia Tjandra Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor.

Dia menambahkan saat ini Daihatsu tidak menghapus lembur dan tidak menambah shift kerja dalam beberapa bulan belakangan.

Sementara itu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga mengalami hal serupa. Pabrik Suzuki di Tambun, Bekasi, masih beroperasi normal. Davy J Tuilan, selaku 4W Sales Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memaklumi kondisi sulit perusahaan Suzuki di Indonesia saat ini.

Namun, Suzuki berharap perusahaan tidak mudah mengambil langkah PHK untuk keluar dari krisis tersebut.

"Market lesu kita harus semangat. Sampai sekarang belum ada PHK. Tidak ada keputusan apapun terkait pelemahan rupiah. Kebetulan di Agustus (2015), Suzuki naik harga. Jadi so far belum terlalu berat bagi kami (Suzuki)," ucap Davy.

Suzuki, dijelaskan oleh Davy, mengantisipasi kejadian saat ini dengan mengambil keputusan bijak demi kelangsungan pabrik dan menghindari PHK karyawan pabrik.

"Kenaikan harga sesuai keputusan yang sangat sistematik. Banyak cara untuk menghindari PHK, seperti mengurangi cost belanja perusaahan dan faktor-faktor yang bisa dipangkas di awal," ucap Davy.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberlakukan 1 shift kerja di pabrik di Tambun.

Sementara Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) pun tidak mengurangi pegawai, bahkan tahun depan mereka bersiap membuka pabrik mesin di Karawang.

Beberapa produsen otomotif sudah melapor ke Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia). Sebagian besar produsen otomotif yang memiliki pabrik di Tanah Air tidak melakukan PHK terkait gejolak nilai tukar rupiah. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang