Rossi Terdepak, Lorenzo Menang

Berita Otomotif

Rossi Terdepak, Lorenzo Menang

MUGELLO - Meski merupakan tuan rumah dan memulai balapan dari posisi terdepan, Valentino Rossi gagal di MotoGP Italia 2016. Pemenangnya adalah rekan setim sekaligus rivalnya, Jorge Lorenzo.

Balapan yang dihelat di Mugello tersebut Lorenzo menang dramatis. Bukan karena Rossi, melainkan karena persaingan dengan Marc Marquez. Sebab Rossi harus keluar balapan karena mesin motornya bermasalah.

Di awal balapan, tepatnya di tikungan pertama, The Doctor yang memulai start dari posisi pertama disalip oleh Lorenzo yang memulai balap dari posisi 5. Di tikungan pertama ini pula ada 3 pembalap yang jatuh yakni Loris Baz, Jack Miller, dan Alvaro Bautista.

Selepas tikungan pertama, Lorenzo memimpin balapan di depan Rossi. Sebagai juara dunia 9 kali, Rossi tampil ngotot. Apalagi di hadapan publiknya sendiri. Rossi berkali-kali mencoba menyalip Lorenzo di berbagai kesempatan. Namun Lorenzo masih sanggup mempertahankan posisinya meski jarak keduanya sempat hanya 0,09 deti.

Badai pun datang. Di tengah upaya menyalip Lorenzo, mesin Yamaha M1 yang dikendarai Rossi tampak bermasalah. Rider Italia itu pun memperlambat laju motornya. Mesin motor itu kemudian terlihat berasap. Rossi pun terpaksa keluar perlombaan di lap ke-8.

Setelah Rossi keluar, Marquez melaju ke depan dan mulai mengejar Lorenzo. Marquez makin dekat dari lap ke lap.

3 lap menjelang garis finish, Marquez akhirnya mampu menyalip Lorenzo. 3 lap terakhir ini pun berubah jadi dramatis. Lorenzo mencoba berkali-kali merebut haknya sebagai pembalap terdepan, tapi Marquez mampu mempertahankan posisinya.

Namun, Lorenzo tetap ngotot. Setelah keluar tikungan terakhir Lorenzo menggeber Yamaha M1 yang dia kendarai, menyalip Marquez hanya sesaat menjelang garis finish. Selisih keduanya hanya 0,019 detik saja. 

Sementara perebutan posisi juga tampak ketat antara Andrea Dovizioso, Andrea Iannone dan Dani Pedrosa. 

Salip menyalip di antara ketiganya terjadi di lap-lap akhir hingga akhirnya Iannone mampu merebut posisi ketiga dan meraih podium. Pedrosa, Dovizioso dan Vinales ada di belakang Iannone. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support