Anak Didik Rossi Resmi Gantikan Dovizioso di Ducati

Berita Otomotif

Anak Didik Rossi Resmi Gantikan Dovizioso di Ducati

BARCELONA – Francesco Bagnaia yang merupakan anak didik Valentino Rossi di VR46 Academy mendapatkan promosi ke tim pabrikan Ducati menggantikan Andrea Dovizioso.

Sejak awal 2020, perbincangan siapa pembalap Ducati untuk tahun depan terus menjadi perbincangan hangat. Tim yang memiliki motor paling kencang di MotoGP ini memiliki kontrak yang segera kadaluarsa di akhir musim 2020.

Dovizioso dan Danilo Petrucci menurut kabar yang berhembus enggan melakukan pemanjangan kontrak, nilainya dipangkas akibat pandemi. Namun adapula kabar yang menyebutkan bahwa Ducati tidak puas selalu menjadi runner up baik dari segi pembalap maupun kontruktor. Investasi yang besar untuk mengembangkan tim tentunya menjadi salah satu pertimbangan.

Sebelum MotoGP bergulir pada Juli 2020 karena sempat tertunda akibat pandemi, Ducati secara resmi mengumumkan bahwa Jack Miller akan masuk menggantikan posisi Petrucci. Rider asal Australia ini diharapkan memberikan angin segar bagi tim Merah.
Bagnaia
Lalu Dovizioso mengumumkan bahwa dirinya tidak lagi membela Ducati pada musim depan. Setelah bertahun-tahun bersama, Dovi akhirnya memutuskan untuk berpisah. Hingga saat ini, Dovi belum memutuskan nasibnya di masa depan.

Seiring berjalannya musim 2020, Bagnaia menunjukkan performa gemilang. Murid VR46 Academy ini akan menggantikan Dovi lalu berpasangan kembali dengan rekan setimnya di Pramac musim ini yaitu Miller. Keduanya sudah pasti dituntut mengembalikkan kejayaan Ducati saat masih dipegang oleh Casey Stoner.

Bagnaia sendiri memulai musim dengan kurang baik. Ia mengalami cedera patah tulang kaki (tibia). Usai menjalani pemulian, juara dunia Moto2 2018 ini langsung tancap gas dan menunjukkan kapabilitasnya di lintasan balap. Dalam keadaan belum 100 persen, Bagnaia mampu mempersembahkan podium kedua di San Marino.

Pembalap asal negeri Pizza ini hampir memboyong piala kemenangan di MotoGP Emilia Romagna 2020. Sayang sesuatu terjadi yang membuatnya kehilangan kemenangan di depan mata. Meskipun tidak terlalu sempurna performanya, namun sifat kalem Bagnaia nampaknya menjadi faktor utama.

“Jack dan Pecco telah menunjukkan potensinya musim ini. Dengan menggunakan mesin Desmosedici, mereka mampu menciptakan peluang. Saya merasa yakin bahwa musim depan akan hadir lagi pembalap-pembalap berbakat,” ucap Claudio Domenicali, CEO Ducati. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar