Rem Parkir Karatan, Ratusan Ribu Mazda3 dan Mazda6 Ditarik Kembali

Panduan Pembeli

Rem Parkir Karatan, Ratusan Ribu Mazda3 dan Mazda6 Ditarik Kembali

CALIFORNIA – Mazda Amerika Utara melakukan kampanye pemanggilan kembali unit Mazda3 dan Mazda6 dikarenakan masalah pada rem parkir.

Rem parkir atau yang biasa disebut rem tangan merupakan perangkat penting pada kendaraan roda empat. Fitur ini memudahkan pemilik ketika memarkirkan kendaraan maupun berhenti di kemacetan panjang.

Mazda Amerika Utara memang tidak menjual mobil sebanyak Toyota di negeri Paman Sam. Namun setidaknya pabrikan mobil asal Jepang ini telah memasarkan setidaknya 300 ribu lebih kendaraan sepanjang tahun lalu.

Artikel bersambung dibawah

Mazda melakukan kampanye pemanggilan kembali terhadap dua unit kendaraan yang termasuk paling laris yakni Mazda3 dan Mazda6. Kedua unit tersebut merupakan model paling laris nomor dua dan tiga setelah CX-5.

Sedangkan pada Mazda3 unit yang ditarik kembali merupakan model dengan produksi mulai 2014 hingga 2016. Sementara untuk model sedan mereka Mazda6 adalah produksi 2014 hingga 2015. Kedua model terindikasi mengalami korosi pada bagian rem parkir akibat masuknya air pada bagian kaliper.

“Air berpotensi masuk ke dalam kaliper rem sehingga poros aktuator rem parkir timbul korosi dan memungkinkan untuk merekat,” menurut National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Dikatakan bahwa dengan adanya indikasi masalah pada bagian tersebut, mobil mungkin saja terguling tidak terduga saat sedang parkir di kondisi jalan tanjakan.

Dengan melihat tahun produksi kedua model yang ditarik memang tidak sama. Namun setidaknya produsen kendaraan asal Jepang ini telah menjual sekitar 450 ribu di Amerika Serikat. Paling tidak sekitar 227.814 Mazda3 dan Mazda6 harus ditarik kembali guna mendapatkan pergantian komponen.

Kabar mengenai ditariknya dua model andalan Mazda tersebut sudah disosialisasikan di berbagai dealer mereka. Adapun proses pergantian sendiri baru akan dimulai pada 21 Agustus mendatang. Perangkat rem tangan mobil-mobil konsumen akan diperiksa lebih lanjut untuk mencegah terjadinya masalah di kemudian hari. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual