Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Rekor Penjualan Terbaik Isuzu Indonesia Sepanjang Sejarah Terjadi di Tahun 2022

Berita Otomotif

Rekor Penjualan Terbaik Isuzu Indonesia Sepanjang Sejarah Terjadi di Tahun 2022

JAKARTA – Kabar baik di awal tahun datang dari PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI). Tahun lalu (2022) ternyata pabrikan ini berhasil torehkan sejarah baru.

Isuzu berhasil mencetak angka penjualan tertinggi sejak tahiun 1974. Dengan raihan 33.715 unit kendaraan kelas komersial laku terjual di Indonesia.

Meskipun angka penjualan otomotif nasional naik 17,4% dan kendaraan niaga meningkat 10,6%, Isuzu justru berhasil melampaui angka raihan industri otomotif nasional itu.

Tercatat Isuzu Indonesia berhasil mampu mengembangkan penjualan hingga 20,6%. Penjualan terbesar Isuzu datang dari Isuzu Elf.

Di kelas light truck, Isuzu Elf berhasil dijual 16.192 unit dan market share 25,1%. Diikuti oleh varian dikelas medium pick up, Isuzu Traga.

Traga berhasil bukukan penjualan sebanyak 12.921 unit. Kemudian dari kelas medium truck, penjualan Isuzu Giga sebanyak 3.370 unit.

Penyebab Kenaikan Penjualan Isuzu Indonesia

Manajemen isuzu indonesia

Menurut Rian Erlangga, selaku Deputy Division Head of Business Strategy Division IAMI, hal itu terjadi karena strategi double striker dalam pelayanan.

Dimana sudah dari beberapa waktu terakhir, Isuzu Indonesia menyatukan sisi sales dan aftersales sebagai garda terdepan.

“Kita punya strategi besar yaitu, double striker. Pola pendekatan dengan customer kita ubah. Sedari awal melibatkan sales dan aftersales kepada customer,” kata Rian.

Maksudnya adalah, secara ringkas ketika ada calon pembeli kendaraan niaga datang ke diler Isuzu, mereka tidak hanya mendapatkan penjelasan dari sales saja.

Tapi juga dari layanan purnajual atau mekanik memberikan informasi mengenai kelebihan memiliki kendaraan komersial merek Isuzu.

Seperti biaya perawatan, bahan bakar hingga daya tahan dan kemampuan dari kendaraan niaga Isuzu itu sendiri.

“Berbeda pendekatan bisnis komersial, dari awal kita jual bukan mobil tapi mesin untuk menghasilkan uang. Saat dipakai menghasilkan duit engga, boros atau tidak. Yang bisa jawab ini adalah orang aftersales,” jelas Direktur PT IAMI Rahmat Samulo, Rabu (25/1).

Dari startegi baru tersebut, Isuzu semakin meningkatkan layanan purnajualnya. Saat ini Isuzu memiliki 163 Bengkel Isuzu Berjalan (BIB), lebih dari 1.500 partshop, Part Depo Palembang dan Makassar, Servis 24/7 dan 122 Bengkel Mitra Isuzu (BMI).



Tutus Subronto

Tutus Subronto

Editor

Head of Media Content iCar Asia Indonesia. Email: tutus.subronto@icarasia.com


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang