Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Rekomendasi Ban yang Cocok untuk Toyota Rush

Panduan Pembeli

Rekomendasi Ban yang Cocok untuk Toyota Rush

Toyota Rush merupakan salah satu mobil Low sport utility vehicle (SUV) yang populer di Indonesia, tidak heran apabila pilihan produk-produk aftermarket untuk mobil ini sangat banyak, contohnya pelek dan ban.

Toyota Rush memiliki desain yang terkesan macho dan sporty, serta nyaman untuk dikendarai.

Karena kenyamanan tersebut, Rush menjadi salah satu SUV populer pilihan keluarga untuk berkegiatan sehari-hari.

Sebagai mobil yang populer, tentunya membuat pilihan produk-produk tambahan atau aftermarket mobil ini bermacam-macam dan mudah ditemui, seperti pelek dan ban.

Bicara soal ban, ada beberapa varian Toyota Rush memiliki ukuran yang berbeda, bahkan dengan generasi terdahulu.

Misalkan untuk Toyota Rush keluaran lama, ukuran bannya adalah 235/60 R16. Sementara itu, untuk All New Rush ukuran bannya berbeda-beda tergantung varian.

All New Rush tipe G memiliki ukuran ban 215/65 dengan diameter 16 inci, sedangkan untuk varian GR Sport berukuran 215/60 diameter 17 inci.

Melihat perbedaan ukuran ban tersebut, ada banyak produk ban yang tersedia sebagai pijakan Rush.

Berikut beberapa rekomendasi produk ban yang cocok untuk Toyota Rush, baik itu model lawas maupun model keluaran terbaru.

  • Bridgestone Dueler H/T 687

Ban Dueler H/T 687 keluaran Bridgestone satu ini sering ditemukan pada Toyota Rush model lama.

Pemilihan ban ini oleh Toyota dilakukan setelah melewati beberapa pengujian, seperti bentuk dan karakter mobil itu sendiri.

Mengenai kualitas dan daya tahannya, Bridgestone Dueler H/T 687 memiliki performa yang baik. Ban tersebut didesain untuk melintasi berbagai macam kondisi jalan, mulai dari jalan raya yang mulus sampai medan berlumpur atau berpasir.

Ban Bridgestone Dueler H/T 687 ini dirancang untuk memberikan traksi yang baik pada mobil jenis SUV dan mobil penggerak 4x4 untuk menunjang pengendalian kendaraan yang lebih baik dan nyaman.

Selain Rush, Daihatsu Terios juga menggunakan ban ini, dengan ukuran 235/60 R16 100H. Sangat cocok untuk digunakan melintasi medan off-road maupun jalan aspal.

Untuk harga dari ban ini, berdasarkan pantauan di situs marketplace dibanderol mulai dari Rp1,3 jutaan.

  • Bridgestone Alenza 001A

Masih produk Bridgestone, kali ini untuk varian All New Rush, bernama Alenza 001A.

Salah satu keunggulan dari ban ini adalah keawetannya yang lebih lama. Ini dikarenakan komponen dan desain tapak ban yang dapat mencegah keausan, sehingga usia ban menjadi lebih panjang.

Selain itu, ban ini memiliki struktur multi-round block (MRB) yang mana membuat ban memiliki performa yang bagus, seperti respons kemudi yang cepat, memberikan kestabilan di segala kondisi jalan, serta cengkraman yang mantap pada permukaan jalan saat pengereman.

Sama halnya dengan Dueler, Bridgestone Alenza 001A selain disematkan pada All New Toyota Rush juga dipasangkan pada kaki-kaki All New Daihatsu Terios.

Ban Alenza ini cocok untuk All New Rush varian GR Sport dengan ukuran 215/60 R17 96H.

Harga di situs jual beli untuk satu ban Alenza 001A dengan spesifikasi ukuran All New Toyota Rush GR Sport berkisar mulai dari Rp990 ribuan.

  • Dunlop Grandtrek ST20

Merek ban yang cocok untuk Toyota Rush berikutnya adalah Dunlop.

Pabrikan ban yang berasal dari Inggris ini juga cukup terkenal. Ini dibuktikan banyaknya jumlah cabang ban Dunlop yang tersebar di berbagai negara.

Dunlop sudah ada di Tanah Air sejak 1995, bahkan sekarang sudah ada perusahaannya sendiri di Indonesia.

PT Sumi Rubber Indonesia sebagai perusahaan resmi produksi ban Dunlop menyediakan ban standar pabrik yang juga digunakan pada produk mobil kenamaan di Indonesia, sama seperti Bridgestone.

Pada Toyota Rush keluaran lama juga memakai ban Dunlop. Satu produk ban yang terkenal disematkan pada mobil tersebut adalah Dunlop Grandtrek ST20.

Dunlop Grandtrek ST20 merupakan ban radial yang memiliki desain dengan tingkat kebisingan yang rendah, sehingga tidak terlalu berisik ketika mobil dikendarai.

Selain itu, daya cengkram ban ini pada jalan juga mantap dan optimal, mau itu pada jalan kering, basah, atau pada penggunaan mobil kecepatan tinggi.

Ini dikarenakan desain ban didukung oleh teknologi 5-Pitch, yang membuat pengendalian traksi ban tetap oke, sehingga mengendarai Toyota Rush bisa menjadi lebih nyaman dan tetap bertenaga.

Ukuran ban Grandtrek yang sesuai dengan Toyota Rush adalah 235/60 R16 100H.

Untuk ban ini di situs marketplace dipantau memiliki harga mulai dari Rp1 jutaan.

  • Dunlop Enasave EC300+

Sama seperti Bridgestone, ada juga ban dari Dunlop yang cocok disematkan pada kaki All New Toyota Rush, yaitu Dunlop Enasave EC300+.

Enasave sendiri merupakan akronim dari istilah Energy & Nature Save. Sesuai namanya, ban ini dikembangkan dengan teknologi yang ramah lingkungan dan meningkatkan keamanan berkendara sambil hemat bahan bakar.

Dunlop Enasave didesain untuk mengoptimalkan kontak tapak ban dengan permukaan jalan, sehingga daya tahan ban lebih awet dan usianya bertambah lama.

Seperti ban Grandtrek, pola tapak ban yang asimetris disebut dapat mengurangi tingkat kebisingan ban di dalam kabin, dan grip ban dengan jalan juga lebih mantap.

Dunlop Enasave EC300+ tersedia dalam 2 ukuran yang cocok untuk semua varian All New Toyota Rush, yaitu 215/65 R16 98S untuk All New Rush Type G, dan ukuran 215/60 R17 96H utnuk All New Rush GR Sport.

Harga dari ban Enasave EC300+ yaitu mulai dari Rp750 ribuan untuk ukuran 215/65 R16, dan Rp790 ribuan untuk ban ukuran 215/60 R17.

Ban-ban di atas merupakan beberapa rekomendasi yang cocok untuk Toyota Rush. Perlu diingat bahwa harga di atas tidak bersifat tetap, alias dapat berbeda-beda berdasarkan penjual.

Tips Merawat Ban

Meskipun mobil disematkan ban yang sangat bagus dan sesuai spesifikasi, tentunya akan cepat rusak juga jika pemakaian mobil atau perawatannya tidak benar.

Maka dari itu, perlu diperhatikan beberapa hal agar ban tetap awet dan tidak perlu gonta-ganti dalam waktu yang dekat.

Beberapa tips dalam merawat ban agar tetap awet yaitu:

  • Cek Tekanan Angin

Tekanan angin dalam ban penting untuk diperhatikan karena sangat berpengaruh terhadap keselamatan pengendara dan juga konsumsi bahan bakar. Biasanya tekanan angin yang dianjurkan tertera pada buku manual atau di stiker yang menempel pada bingkai pintu.

  • Rotasi ban

Dalam satu waktu mobil menggunakan 4 buah ban. Ban pada masing-masing posisi kaki mobil memiliki tingkat kerja yang berbeda-beda, dengan begitu tingkat keausan masing-masing ban juga berbeda, ada yang lebih cepat dan lambat. Oleh karena itu, rotasi ban perlu dilakukan untuk mengimbangi tingkat keausan ban.

  • Spooring & Balancing

Spooring dan balancing merupakan proses pelurusan masing-masing roda mobil seperti semula. Posisi roda yang tidak lurus akan sangat terasa dengan timbulnya getaran ketika mobil dikendarai, membuat perjalanan menjadi tidak nyaman, serta memengaruhi tingkat keausan ban.

  • Pemakaian Mobil

Umur ban juga dipengaruhi oleh pemakaian kendaraan, baik itu dari gaya berkendara maupun beban yang diangkut. Jika mobil dikemudikan secara sembarang, misalnya berbelok atau rem pada kecepatan tinggi, ban akan cepat aus. Demikian juga jika mobil sering dipakai untuk mengangkut beban lebih dari kapasitas beratnya akan memberikan tekanan pada ban sehingga sulit untuk berfungsi dengan baik. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang