Ramadhan Datang, Pertamina Siap Hadapi Lonjakan Permintaan BBM

Berita Otomotif

Ramadhan Datang, Pertamina Siap Hadapi Lonjakan Permintaan BBM

JAKARTA – Menjelang bulan Ramadhan, pasokan bahan bakar menjadi hal yang sangat vital. Untuk itu, PT Pertamina (Persero) pun telah melakukan beberapa langkah untuk mengantisipasi lonjakan permintaan bahan bakar khususnya BBM.

Pertamina memperkirakan pada masa puasa dan lebaran tahun 2015, konsumsi Premium akan naik 18% dari rata-rata harian normal 76.258 KL menjadi 89.817 KL. Sedangkan konsumsi Solar akan turun 11% dari rata-rata harian normal 37.228 KL menjadi 33.250 KL. 

Pertamina menjaga stok BBM Nasional dalam kondisi aman selama puasa dan lebaran dengan rata-rata ketahanan stok pada periode tersebut yaitu Premium 19 hari, Solar 22 hari, Pertamax 26 hari, Pertamax dan Plus 37 hari. Pertamina memang secara rutin melakukan stock build up setiap menghadapi Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

“Di setiap periode menjelang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, Pertamina selalu siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan terus menjaga ketahanan stok dan mempersiapkan pengelolaan distribusi BBM dan LPG dengan baik. Upaya ini kami lakukan untuk mengantisipasi peningkatan konsumsi BBM dan LPG,” tutur Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang.

Tak hanya ketahanan yang diperkuat, Pertamina juga telah membentuk Posko Satuan Tugas (Satgas) untuk pemantauan tersedianya BBM dan LPG serta kesiapan pelayanan kepada masyarakat konsumen di Kantor Pusat dan setiap kantor Region Pertamina.

Adapun, langkah-langkah lainnya yang disiapkan oleh Pertamina dalam menjamin kelancarandistribusi BBM dan LPG meliputi monitoring stok BBM dan Avtur di TBBM & DPPU di seluruh Terminal BBM dengan sistem komputerisasi SIM S&D (Sistem Informasi Management Supply & Distribution), pengoperasian Terminal BBM, SPBU, dan SPBBE sepanjang 24 jam, khususnya di sepanjang jalur mudik utama, yaitu jalur Pantura, Tengah, dan Selatan Jawa, di Banyuwangi untuk penyeberangan menuju Bali, dan Merak menuju Sumatera.

Selain itu, switching tangki timbun di Terminal BBM dan SPBU untuk antisipasi lonjakan permintaan Premium dan Pertamax yang diikuti dengan penambahan atau switching mobil tangki ke Premium. Pertamina juga menyiapkan mobil tangki (isi BBM) stand by di 23 titik SPBU di Jabar, Banten dan Jateng, serta 7 titik SPBU di Jatim serta menyediakan 117 titik SPBU Transit khusus sepeda motor.

“Untuk kenyamanan konsumen Pertamax Series, Pertamina menyediakan produk BBK dalam kemasan yaitu Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex dalam kemasan di SPBU yang selama ini belum menjual BBK,” ungkap Ahmad Bambang. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual