Produsen Smartphone Huawei Kini juga Bikin Mobil! Ini Penampakannya

Berita Otomotif

Produsen Smartphone Huawei Kini juga Bikin Mobil! Ini Penampakannya

SHANGHAI – Produsen smartphone Huawei memperkenalkan mobil pertama mereka di Shanghai Auto Show 2021.

Mulai saat ini, Huawei tak hanya dikenal sebagai pembuat smartphone, tapi juga mobil. Karya pertama mereka adalah sport utility vehicle (SUV) yang diciptakan bersama Cyrus dan diberi nama SF5.

Di pasar, kendaraan itu tidak dijual dengan merek Huawei, melainkan Seres.

Seres SF5 akan bisa terlihat di outlet – outlet Huawei dalam waktu dekat. Pengiriman kepada konsumen di pasar China mulai dilakukan bulan depan.

Jangan kaget dengan harga dari SUV hybrid berpenampilan mewah dan teknologi canggih ini. SF5, di pasar China, hanya dijual seharga 216.800 yuan atau sekitar Rp485,11 juta (1 yuan = Rp2.237,60).

Spesifikasi Mobil Pertama Huawei, Seres SF5

Desain eksterior SF5 berkesan premium. Lampunya berbentuk agak panjang menyipit, dengan gril depan model mesh dan desain Daytime Running Light (DRL) LED serupa huruf ‘L’ yang indah.

Garis – garis desain bodinya mengalir halus dari depan ke belakang. Gagang pintu model ‘flush’ yang bisa terbenam ke dalam dan menyatu dengan bodi.

Dimensi mobil pertama Huawei tersebut adalah 4.700 mm (panjang), 1.930 mm (lebar), 1.625 mm (tinggi) dengan jarak sumbu roda atau wheelbase 2.875 mm. Ukurannya mengingatkan pada Audi Q5.

Di dalam kabin, Anda akan menemukan instrument cluster digital, dengan lingkar kemudi model dua palang (two spoke). Interior dihiasi trim kayu, aksen metalik, plus kontrol pemindah transmisi model rotary, bukan tuas.

Ada pula Ambient Light, Moonroof, plus dua kursi depan dengan pemanas, ventilasi, maupun fungsi pemijatan.

Huawei membenamkan sistem teknologi informasi canggih pada SF5. Head unit layar sentuhnya dapat terkoneksi dengan smartphone dalam hitungan detik dan secara otomatis mentransfer musik serta informasi navigasi.

Dibenamkan pula teknologi pengenal suara, sistem audio dengan 11 pengeras suara plus dua subwoofer. Tak cukup sampai di situ, SF5 juga punya teknologi millimeter wave radar, ultrasonic sensors, serta sejumlah kamera pada sisi luar bodi.

Semua itu dibutuhkan untuk fitur – fitur canggih semisalnya Adaptive Cruise Control, Traffic Jam Assist, Automatic Emergency Braking, Lane Centering, atau pun Forward Collision Warning.

Kekedepan kabin juga diklaim ciamik, dengan banyaknya lapisan peredam plus kaca depan dua lapis. Level suara pada interior disebut hanya 38 decibel ketika mobil diam dalam kondisi menyala.

SF5 dipersenjatai mesin bensin 1.5-liter empat silinder yang berfungsi hanya sebagai generator bagi baterai listrik. Sistem penggerak sepenuhnya mengandalkan dua motor listrik dengan total daya maksimal 543 hp dan torsi 820 Nm, sehingga akselerasi 0 – 100 km per jam cuma 4,7 detik.

SF5 dapat melaju 180 km hanya dengan tenaga listrik. Adapun kombinasi antara mesin bensin dan sistem penggerak listriknya mampu membuat mobil berjalan lebih dari 1.000 km ketika BBM terisi penuh, berdasarkan pengukuran New European Driving Cycle.

Baterai listrik dari mobil pertama Huawei ini juga bisa menyuplai tenaga ke luar kendaraan, untuk berbagai perangkat elektronik. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar