Protes, Konsumen Tesla Naik ke Atap Mobil di Tengah Pameran Otomotif

Berita Otomotif

Protes, Konsumen Tesla Naik ke Atap Mobil di Tengah Pameran Otomotif

SHANGHAI – Shanghai Auto Show 2021 sempat diwarnai kehebohan, gara – gara aksi protes seorang wanita pemilik Tesla yang marah karena dugaan masalah rem pada mobilnya.

Wanita tersebut, seperti dikutip dari Carscoops baru - baru ini, menunjukkan protesnya secara eksentrik. Ia datang ke booth Tesla di Shanghai Auto Show 2021, kemudian memanjat naik ke atap Tesla Model 3 yang dipajang di sana.

Wanita yang tak disebutkan namanya tersebut memakai kaus putih tanpa kerah bertuliskan ‘Rem Kehilangan Kontrol’ dalam aksara China. Terang saja, foto – foto aksinya tersebar di media sosial.

Dalam waktu singkat para petugas keamanan pameran langsung mengelilingi sang pengunjuk rasa. Mereka mencoba menutupi pesan di kaus sang wanita dengan payung.

Akan tetapi, payung tersebut direbut dan diambil oleh dia, kemudian dibuang. Setelah itu, ia berterial ‘rem Tesla kehilangan kontrol!’.

Pada akhirnya, dia bisa dibawa turun dari atap mobil dan digiring keluar.

Tesla, ketika diwawancarai Bloomberg, mengatakan wanita ini sudah terkenal sering protes mengenai isu rem Tesla. Sebelum kejadian itu, dia diketahui mengadakan live streaming dari dalam Shanghai Auto Show 2021 sambil berjalan menuju booth Tesla.

Dia mengklaim rem di Model 3 miliknya gagal bekerja dengan baik, sehingga hampir membunuh empat anggota keluarganya dalam sebuah insiden. Perwakilan pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat ini, di sisi lain, mengatakan data di yang diambil dari kendaraan menunjukkan sistem pengereman maupun sistem bantuan pengemudian bekerja dengan baik ketika insiden tersebut terjadi.

Adapun kecepatan mobil sebelum rem diinjak terpantau tinggi, yaitu 120 km per jam.

Orang – orang Tesla di booth pada awalnya mencoba membujuk konsumen mereka itu turun dari atap Model 3 secara baik – baik. Namun, usaha mereka gagal dan mereka pun meminta bantuan dari para sekuriti yang berjaga.

Tesla menjelaskan bahwa mereka memberikan perhatian besar pada hak – hak konsumen. Mereka mengaku telah mengajukan beberapa solusi dalam negosiasi dengan sang pemilik Model 3, yang bersikeras mengembalikan mobilnya.

Pabrikan mobil listrik yang didirikan Elon Musk tersebut juga menawarkan unit milik sang wanita dicek oleh bengkel pihak ketiga. Kendati begitu, dia menolaknya. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar