Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek

Berita Otomotif

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek

BEKASI – Presiden Joko Widodo resmikan tol Layang Jakarta – Cikampek yang pekerjaannya sudah selesai dilakukan.

Tol layang yang membentang sejauh 38 KM dari Bekasi hingga Karawang ini merupakan jalan tol layang terpanjang di Indonesia. Diharapkan dengan adanya tol ini, kemacetan yang terjadi di jalur tol Jakarta-Cikampek dapat berkurang. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menegaskan bahwa tol ini dapat mengurangi waktu tempuh hingga 30 persen dibanding sebelumnya.

Jalan Tol Layang Japek berada tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek eksisting, membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat (Sta 9+500 sampai dengan Sta 47+500). Kendaraan tujuan jarak pendek akan menggunakan Tol Japek, sementara kendaraan tujuan jarak jauh terutama golongan I dan II menggunakan Tol Layang Japek.

Berdasarkan aturan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), jenis-jenis kendaraan di golongan ini adalah Sedan, Jip, Pick Up/Truk Kecil, Bus, termasuk Minibus atau multi purpose vehicle (MPV). Kendaraan bus maupun truk tidak diizinkan.

Tol layang ini dipastikan dapat dipakai untuk umum tanpa tarif hingga masa libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Setelah itu, tarif khusus akan dikenakan namun biayanya sendiri masih belum ditentukan. Operasi penuh diperkirakan baru akan dilakukan pada Januari atau Februari 2020.

Kecepatan kendaraan pun saat ini masih dibatasi antara 40 km-60 km karena masih ada pekerjaan yang harus disempurnakan, khususnya pada sambungan jalan. Dengan membatasi kecepatan diharapkan risiko terjadinya kecelakaan dapat dikurangi. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar