Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Power Window Bermasalah? Periksa Ini

Panduan Pembeli

Power Window Bermasalah? Periksa Ini

JAKARTA - Bila diperhatikan, power window saat ini adalah sebuah fitur yang jamak ditemui di mobil-mobil masa kini. Nah, akan kesal rasanya bila fitur yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan kaca pintu mobil itu rusak.

Karena power window adalah piranti kelistrikan, fitur ini menurut situs resmi Toyota, kadang rusak. Biasanya adalah karena masalah pada sikring atau fuse.

Untuk yang belum tahu, power window memang menggunakan sikring untuk mencegah kerusakan fatal ketika terjadi korsleting listrik pada mobil. Bila sikring ini putus, maka sudah bisa dipastikan power window tidak akan bekerja.

Periksa pula saklar power window yang sering mengalami korsleting akibat terbakar atau plastik di dalam saklar sudah aus dan menyebabkan saklar power window tidak bisa bekerja maksimal.

Kerusakan pada power window bisa juga disebabkan karena motor power window atau disebut dengan dinamo power window mengalami kerusakan. Letak dari komponen ini ada di dalam pintu mobil atau dibalik door trim mobil.

Fungsi utamanya adalah untuk menggerakkan regulator kaca sehingga bisa bergerak naik atau turun. Bila ada kerusakan seperti terbakarnya kumparan tembaga dinamo power window karena korsleting, bisa dipastikan power window tidak akan bekerja.

Penyebab yang terakhir bisa dari regulator kaca pintu yang berfungsi untuk menggerakkan kaca naik dan turun dengan bantuan dari dinamo atau motor power window tadi. Masalah yang sering muncul pada bagian ini adalah gerigi yang sudah aus atau karena dudukan kaca yang ada pada regulator kaca lepas. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang