Porsche Indonesia: Sia-Sia Pamerkan Mobil Hybrid dan Listrik di GIIAS 2018

Berita Otomotif

Porsche Indonesia: Sia-Sia Pamerkan Mobil Hybrid dan Listrik di GIIAS 2018

JAKARTA – Porsche mengungkapkan belum akan memamerkan mobil hybrid dan listrik mereka di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 pada awal Agustus mendatang di Serpong.

Porsche termasuk pabrikan mobil sport yang unggul di bidang elektrifikasi kendaraan. Beberapa model kendaraan performa bertenaga hybrid sudah mereka miliki yaitu Cayenne E-Hybrid dan Panamera E-Hybrid sebagai flagship.

Masih ada pula mobil listrik murni E-Mission. Namun peluncuran ‘roda empat’ satu ini baru akan terjadi pada tahun depan.

Sayangnya, Marketing and Public Relations Porsche Indonesia Andrew Worth membeberkan bahwa tidak akan ada mobil-mobil tersebut di GIIAS 2018 yang dijadwalkan berlangsung pada 2 – 12 Agustus mendatang di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang. Padahal, penyelenggara GIIAS 2018 ingin menekankan lagi kemajuan teknologi indsustri otomotif melalui tema ‘Beyond Mobility’.

“Mungkin untuk tahun ini kami masih belum siap karena balik lagi, pajak untuk mobil hybrid dan EV masih belum siap untuk pasar kita. Sia-sia juga kalau misalnya kami bawa mobil hybrid atau EV untuk dipajang di GIIAS 2018 karena pasar masih belum siap,” pikir Andrew di sela-sela peluncuran 718 Cayman GTS, belum lama ini di Jakarta.

Sebagai informasi, pemerintah kini sedang menyusun regulasi low carbon emission vehice (LCEV) untuk mempromosikan mobil-mobil hybrid maupun listrik di Indonesia. Peraturan itu berisi insentif pajak bagi kendaraan ramah lingkungan dan ditargetkan terbit tahun ini.

Banyak pabrikan berharap pada regulasi LCEV, termasuk mereka yang bermain di segmen premium, meski kabar terakhir menyatakan insentif hanya diberikan bagi para pemain industri dengan komitmen perakitan lokal di masa depan.

Porsche 911
Lebih lanjut, Porsche sendiri akan membawa seluruh model yang sudah dijual di pasar otomotif Tanah Air di GIIAS. Secara total, nantinya ada lima unit mobil di booth Porsche.

Pabrikan yang bermarkas di Stuttgart, Jerman itu berencana pula memboyong sebuah model 911 di GIIAS 2018. Akan tetapi, mereka masih memikirkan apakah bakal meluncurkannya atau hanya memamerkannya terlebih dahulu.

“Sudah pasti akan ada 911 yang belum dilihat di Indonesia, belum diluncurkan. Akan kita bawa nanti. Itu, kan, hero car kami jadi kami harus membawanya,” tukas Andrew.

Porsche, pada Maret kemarin, baru saja menggelar debut global (world premiere) bagi 911 GT3 RS di Geneva Motor Show. Bisa jadi, inilah yang mereka persiapkan pajang di GIIAS 2018 beberapa bulan lagi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar