Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Polusi Udara Dapat Menjadi Penyebab Penyakit Diabetes

Panduan Pembeli

Polusi Udara Dapat Menjadi Penyebab Penyakit Diabetes

ST LOUIS - Polusi udara ternyata dapat menyebabkan penyakit diabetes.

Selama ini, diabetes selalu dikaitkan dengan gaya hidup seseorang mulai dari makan dan istirahat seseorang. Namun, Washington University School of Medicine mengatakan bahwa polusi udara juga memiliki faktor pemicu diabetes.

Dalam studi mereka, polusi udara berkontribusi atas 3,2 juta kasus diabetes baru secara global pada tahun 2016. Itu artinya, ada 14 persen dari semua kasus baru diabetes yang ditemukan akibat pencemaran udara di tahun tersebut.

“Penelitian kami menunjukkan besarnya hubungan antara polusi udara dan diabetes secara global. Hasil studi ini pun menjadi sangat penting karena banyak pelaku industri yang berpendapat bahwa level polusi udara saat ini terlalu ketat dan sebaiknya diperingan. Dengan hasil ini maka menunjukkan bahwa level polusi saat ini terlalu ringan dan harus diperketat,” ungkap Ziyad Al-Aly salah satu peneliti dari Washington University School of Medicine.

Polusi dianggap membuat tubuh mengurangi jumlah produksi insulin. Akibatnya, tubuh mencegah pengubahan glukosa darah yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan. Bahkan dalam penelitian yang telah diterbitkan di Lancet Planetary Health tetap ditemukan terjadinya resiko penurunan kesehatan meski polusi udara sudah sesuai dengan standard aman dari US Environmental Protection Agency (EPA) dan World Health Organization (WHO).

Dalam penelitian ini, peneliti bekerjasama dengan sejumlah ilmuwan di Veterans Affairs' Clinical Epidemiology Center dan mengambil data dari 1,7 juta veteran Amerika Serikat yang tidak memiliki riwayat penyakit diabetes. Data pasien dibandingkan dengan informasi kualitas udara untuk memeriksa hubungan antara polusi dan risiko diabetes.

Ilmuwan pun menemukan adanya risiko pengembangan diabetes dan menemukan hubungan yang sangat kuat antara diabetes dengan polusi udara. Mereka kemudian merancang sebuah model untuk mengukur risiko diabetes terhadap tingkat polusi berbeda dan menggunakan data dari Global Burden of Disease untuk memperkirakan prevelansi diabetes yang disebabkan buruknya kualitas udara.

Diabetes saat ini dijangkit oleh 420 juta orang di seluruh dunia dan menjadi salah satu penyakit paling cepat perkembangannya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang