Platform Ini Buat Daihatsu Lebih Cepat Kembangkan Model Mobil

Berita Otomotif

Platform Ini Buat Daihatsu Lebih Cepat Kembangkan Model Mobil

JAKARTA – Daihatsu New Global Architecture (DNGA) berhasil membuat pengembangan kendaraan menjadi jauh lebih singkat dibanding sebelumnya.

Hal ini disampaikan oleh Anjar Rosjadi, Head of Marketing Product Planning Division (MPPD) PT Astra Daihatsu Motor (ADM) beberapa waktu lalu. Dengan pengembangan yang lebih cepat, maka Daihatsu dapat memudahkan menjawab kebutuhan masyarakat.

<relate> “Kalau dulu pengembangan butuh 5 tahun atau lebih, dengan DNGA pengembangan ini bisa lebih cepat. Bahkan saat pertama kali mengenalkan DNGA di tahun 2017, Daihatsu langsung meluncurkan Tanto. Lalu tahun 2019 Daihatu meluncurkan Rocky dan tujuh bulan kemudian meluncurkan Taft,” ungkapnya.


DNGA adalah platform terbaru yang telah dikembangkan sejak tahun 2017 oleh Daihatsu di Jepang. Platform ini telah diimplementasikan ke beberapa model mobil Daihatsu di negara tersebut. Platform ini menggunakan konsep (1-1-1-1) yang memiliki filosofi 1 gram, 1 milimeter, 1 sen dan 1 detik.

Angka ini memiliki arti bahwa setiap pengembangan produk berbasis DNGA memperhitungkan segala aspek detil meliputi ukuran, bobot, harga, dan waktu. Dengan demikian akan menghasilkan kendaraan yang efisien.

Mobil Daihatsu dengan platform ini diklaim akan memberikan pengalaman dan sensasi berkendara yang lebih halus, nyaman, stabil, efisiensi bahan bakar optimal dan beragam keunggulan lain. Platform DNGA ini juga memiliki banyak keunggulan seperti pada penerapan seluruh fitur teknologi Daihatsu, dapat diimplementasikan ke semua model berbasis DNGA.

Hingga saat ini, Daihatsu di Jepang telah merilis 3 model barunya yang menerapkan platform baru ini, yaitu Tanto, Rocky, dan Taft. Sayangnya, mobil-mobil Daihatsu berbasis DNGA tersebut belum ada yang masuk ke Indonesia.

Namun, Daihatsu telah mengenalkan produk-produk tersebut pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Salah satu yang paling menarik adalah mobil konsep Hyfun yang digadang-gadang akan menjadi generasi terbaru Daihatsu Xenia.

Daihatsu Hyfun
Pada sisi eksterior, bodi mobil Hy-Fun hadir dengan desain aerodinamis, sehingga terlihat agresif dan sporty. Dibalut dengan warna silver metalik dan desain grill yang dapat menyala berwarna biru muda, memberikan kesan high tech pada mobil ini..

Pada bagian pintu, kendaraan konsep ini dibekali dengan Side Door Closing Motion, baik pada sisi pintu baris pertama, maupun kedua, sehingga memberikan akses masuk ke kabin yang lebih luas. Handle dihilangkan dan diganti dengan sensor yang akan membaca gesture tertentu pada tubuh tanpa harus menyentuh mobil. Fitur Face Recognition disematkan untuk membuka atau pun mengunci pintu mobil ini, sehingga lebih aman.

Untuk sisi Interior, ambience lamp dalam kabin memberikan nuansa hi-tech di dalamnya. Pada baris pertama, desain kursi mobil ini dapat diputar sampai menghadap belakang (baris kedua), sehingga mempermudah pengemudi dan penumpang di sebelahnya untuk masuk-keluar kendaraan dan komunikasi antar penumpang di dalam. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar