Pilihan Mobil Bekas Rp40 Jutaan Keren! Ada Starlet, Civic, Hingga Mercy Retro

Mobil Bekas

Pilihan Mobil Bekas Rp40 Jutaan Keren! Ada Starlet, Civic, Hingga Mercy Retro

Pasar mobil bekas diisi segudang model di satu kisaran harga. Di sekitar Rp40 jutaan pun, pilihan mobil bekas retro keren pun banyak.

Dengan modal puluhan juta rupiah saja, Anda bisa berburu mobil bekas dari merek ‘pasaran’ sampai merek mewah. Mobil – mobilnya kebanyakan memang berusia dua puluh tahun atau lebih.

Tak jarang pula model yang sudah tak diproduksi atau dijual lagi di pasar mobil baru. Tapi, bukan berarti tidak ada pilihan yang unik dan menarik.

Malahan, mobil puluhan juta rupiah bisa menjadi ‘wahana bermain’ dari para pecinta mobil retro.

Lantas, mobil bekas retro apa saja yang bisa Anda dapat dengan Rp40 jutaan? Mari kita lihat.

Perbedaan Mobil Antik, Vintage, Klasik, dan Retro

Mobil – mobil lawas, apalagi yang menjadi incaran pecinta otomotif atau kolektor, kerap dilabeli berbagai sebutan. Ada mobil antik, mobil vintage, mobil klasik, atau mobil retro.

Keempatnya berbeda dan tak bisa dicampuradukkan.

Perbedaan di antara keempat kategori itu sendiri, menurut penelusuran dari berbagai sumber, mengacu pada usia kendaraan maupun periode produksinya. Mobil antik minimal berusia 100 tahun, tidak bisa kurang dari itu.

Di bawahnya, terdapat fase mobil vintage yang diproduksi sebelum masa Perang Dunia II (1 September 1939 – 2 September 1945). Adapun mobil klasik dirakit sesudah Perang Dunia II dan berumur lebih dari 40 tahun.

Klasifikasi terakhir sekaligus ‘termuda’ adalah mobil retro yang berusia 20 – 40 tahun. Saat ini, mobil – mobil retro diisi oleh roda empat yang dirakit pada era 1980-an sampai dengan 2001.

Mercedes-Benz C-Class C180 1995

Meskipun diisi jejeran mobil ‘sepuh’, bukan berarti komunitas mobil antik hingga retro diisi orang – orang berusia tua. Di YouTube, Anda bisa melihat anak – anak muda yang meneruskan hobi orang tua mereka dan menjadi kolektor.

Mobil Retro Tidak Selalu Murah

Usia dan harga mobil tidak selalu berbanding lurus. Mobil retro, misalnya, ada yang berharga sama atau lebih mahal daripada harga mobil baru.

Contohnya bisa dilihat dengan jelas jika Anda mengakses Mobil123.com. Dalam situs jual – beli kendaraan di Indonesia tersebut, terdapat mobil – mobil retro berbanderol miliaran rupiah.

Seperti Porsche 911 964 Carrera 2 rakitan 1990 (Rp3,1 miliar), Porsche 968 Clubsport buatan 1994 (Rp1,95 miliar), Mercedes-Benz 500 SEC produksi 1985 (Rp1,55 miliar), plus Mercedes-Benz G-Class G300 rakitan 1995 (Rp1,1 miliar).

Di Mobil123.com, terdapat lebih dari 1.000 iklan mobil keluaran 1980 – 2001 ketika artikel ini dinaikkan.

Pilihan Mobil Bekas Retro Rp40 Jutaan

Tentu saja, mobil – mobil bekas retro berharga amat murah pun bisa terlihat di Mobil123.com. Pilihan termurahnya bahkan hanya berbanderol belasan juta rupiah.

Namun, fokus kita kali adalah mobil – mobil seken retro berbanderol sekitar Rp40 jutaan. Ini bisa dicari dengan memanfaatkan fitur filter (penyaring) dan menyetel rentang harga antara Rp25 juta sampai dengan Rp50 juta.

Tentu saja, jumlahnya tak bisa dihitung dengan jari – jari di tangan. Totalnya mencapai 250 iklan.

Namun, di artikel ini akan dipilihkan beberapa yang cukup unik, populer, atau menarik:

  1. Honda Civic Bekas 1995 (Rp44 Juta)

Honda Civic Bekas 1995 Rp40 Jutaan

Civic merupakan salah satu sedan ikonik Honda sejak lama. Model – model lawasnya pun masih memiliki peminat dari berbagai kalangan usia.

Nah, di Mobil123.com, terdapat iklan Civic bekas 1995 dengan mesin bensin 1.6-liter dan transmisi otomatis. Unit berwarna bodi hijau tersebut dijual oleh dealer yang berlokasi di Kediri, Jawa Timur.

Adapun harga yang dipasang dealer hanya Rp44 juta. Tidak disebutkan, berapa perbedaan antara harga kredit dengan tunai untuk Civic bekas 1995 tersebut.

“Bisa tukar – tambah dengan mobil yang sebawah harganya,” tulis mereka dalam kolom keterangan.

Dealer tidak menerangkan spesifikasi atau pun kondisi unit, sehingga semua hal terkait ini mesti ditanyakan langsung oleh peminat. Hanya dijelaskan bawa pajak kendaraan masih berlaku cukup panjang yaitu sampai Mei 2022.

“Biaya pajak Rp1.306.900,” pungkas dealer mengenai besaran pajak Civic bekas 1995 yang ia jajakan.

  1. Suzuki Katana Bekas 1995 (Rp45 Juta)

Suzuki Katana Bekas 1995 Rp40 Jutaan

Dealer Kediri pada pilihan nomor satu tampaknya cukup gemar menjual mobil retro. Soalnya, mereka juga menawarkan Katana GX bekas 1995 dengan banderol cuma Rp45 juta.

Katana bekas 1995 ini berkapasitas mesin kecil yaitu 1.0-liter bensin. Transmisinya manual lima percepatan.

Status pajak dari unit berwarna bodi merah tersebut masih berlaku sampai September 2021. Besaran pajaknya di bawah Rp1 juta.

“Biaya pajak Rp628.400,” tandas dealer.

  1. Toyota Starlet Bekas 1991 (Rp42,5 Juta)

Toyota Starlet Bekas 1991 Rp40 jutaan

Selanjutnya adalah Starlet bekas 1991 seharga Rp42,5 juta dan masih bisa negosiasi. Unit berwarna putih ini dijual oleh perorangan di Banjarnegara, Jawa Tengah sehingga mungkin peminat mesti membayar tunai.

Penjual, yang berlokasi di Banjarnegara, Jawa Tengah mengatakan bahwa unit sudah dimodifikasi dengan aksesori – aksesori milik Starlet GT Turbo di luar negeri. Dia pun menambahkan power steering sendiri.

“Bemper depan orisinil GT Turbo. Bemper belakang orisinil GT Turbo. Stoplamp dan garnish orisinil GT Turbo (minor sedikit). Kap mesin orisinil GT Turbo. Interior orisinil rapi,” papar dia.

Mesin 1.0-liternya diklaim enak serta enteng, dengan tarikan yang mantap dan transmisi manual. Mobil disebut ‘tinggal gas saja’.

“Minus lecet, ya, pasti ada dan sewajarnya mobil tua. Surat lengkap STNK, BPKB, faktur. Pelat R Banjarnegara. Pajak masih hidup panjang. Harga masih bisa nego. Pelek standar kaleng ring 14 inci. Pelek racing ring 16 inci kayak di foto,” tutup penjual.

  1. Mercedes-Benz C180 Bekas 1995 (Rp49,5 Juta)

Mercedes-Benz C180 Bekas 1995

Jika Anda ingin mejeng lebih gaya dengan mobil mewah, di rentang harga Rp40 jutaan masih ada Mercedes-Benz C-Class tipe C180 rakitan 1995 (W202). Mesinnya 1.8-liter dengan transmisi manual. Harga Rp49,5 juta.

“Warna silver (perak). Pemakaian pribadi,” ucap penjual yang juga penggunanya saat ini.

Mesin diklaim sangat bagus. Bahkan, dapur pacu baru selesai diremajakan.

Temperaturnya normal dengan packing top set baru, seal klep baru, packing tutup klep baru, selang y intake baru, thermostat baru, lidah timing chain baru, relay extrafan baru, dan lain – lain.

“Eksterior keseluruhan masih mulus. Bemper lorinser, part number bukan cetakan. Pelek 8 hole ring 15 inci. Interior sangat rapi. Panel kayu semua utuh. Karet – karet pintu rapi. Kelistrikan semua normal. Lampu – lampu semua nyala. Power window normal. Central lock vacuum normal. Aki baru, OEM Mercedes-Benz. Kaki – kaki masih empuk,” papar dia.

Minus dari unit ini, lanjut dia, hanya pajaknya yang sudah ‘mati’ sebulan. Namun, ia bisa membantu mengurusnya.

“Asal harga nego cocok,” tutup penjual mengenai Mercy berjuluk 'Cibo' itu.

Kesimpulan

Pasar mobil bekas kerap kali memberikan kejutan – kejutan yang menyenangkan para pencinta otomotif maupun kolektor. Mobil bekas dengan rentang harga Rp40 jutaan pun tak bisa diremehkan begitu saja karena ada unit – unit menarik yang bisa membuat mata Anda berbinar – binar. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar