Pertamina Siap Siaga Hadapi Arus Balik

Berita Otomotif

Pertamina Siap Siaga Hadapi Arus Balik

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menyiagakan seluruh personil Satuan Tugas (Satgas) jelang puncak arus balik yang diperkirakan akan terjadi pada akhir pekan ini.

Pertamina telah membentuk Satgas Ramadan dan Idul Fitri (Rafi) sejak 21 Mei untuk BBM. Mereka bekerja 24 jam dan bertugas untuk memastikan keamanan stok dan suplai BBM sehingga mendukung kelancaran mudik dan arus balik

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pertamina sangat siap melayani kebutuhan energi bagi masyarakat pada momentum arus mudik dan arus balik.  sejumlah layanan tambahan untuk mendukung kelancaran telah dikerahkan seperti layanan motor kemasan, kiosk Pertamina Siaga dan Rumah Pertamina Siaga,” ungkap Fajriyah Usman, Vice President Corporate Communication Pertamina.

Selama Satgas Rafi 2019 hingga kini, Pertamina keamanan pasokan stok seluruh produk BBM pada level aman diatas lebih dari 21 hari hingga 84 hari.  Berdasarkan pantauan penyaluran BBM pada masa Satgas Rafi 2019, konsumsi tertinggi terjadi H-1 Idul Fitri, Selasa (4/6).

Penyaluran Gasoline pada hari tersebut meningkat  36% hingga 127ribu kilo liter (KL), dibandingkan kondisi rata-rata normal sebesar 93ribu KL per hari.  Hingga saat ini realisasi rata-rata konsumsi Gasoline pada masa Satgas mengalami kenaikan 10% dibandingkan rata-rata harian normal.

"Tingginya jumlah pemudik yang menggunakan jalur darat, berbanding lurus dengan meningkatnya permintaan BBM terutama di wilayah mudik. Sebagai contoh peningkatan konsumsi sangat signifikan terjadi pada SPBU di jalur tol Trans Jawa yang mengalami kenaikan lebih dari 58% atau 638 KL per hari dibandingkan rata-rata normal," ujar Fajriyah.

Meski menegaskan sudah melakukan persiapan dengan menambah jumlah stok bahan bakar di rest area sepanjang tol Trans Jawa, Pertamina tetap menghimbau agar pemudik mengisi bahan bakar terlebih dahulu sebelum masuk ke tol. Dengan demkian diharapkan tidak akan terjadi antrian terlalu panjang di rest area.

“Kami menghimbau kepada seluruh pengendara untuk mengisi full tank dulu di SPBU wilayah keberangkatan, kemudian segera mengisi penuh jika kondisi tangki sudah terpakai setengah,” pungkas Fajriyah. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support