Info Mudik 2018: Konsumsi Pertamax Meningkat saat Puncak Arus Balik

Berita Otomotif

Info Mudik 2018: Konsumsi Pertamax Meningkat saat Puncak Arus Balik

JAKARTA – PT Pertamina mengklaim terjadi peningkatan konsumsi Pertamax pada puncak arus balik tanggal 19-20 Juni.

Sedikitnya terjadi kenaikan sebesar 18 persen dari konsumsi rata-rata normal harian sekitar 15 juta liter menjadi lebihd ari 18 juta liter. Peningkatan juga terjadi pada Pertalite yang meningkat 10 persen dari rata-rata normal harian 46 juta liter menjadi 50 juta liter.

Peningkatan terhadap Pertamax meningkat bertahap sejak arus mudik pada angka 10 persen, 17 persen kemudian meningkat 25 persen dan tertinggi pada puncak arus mudik yang mencapai 49 persen dari rata-rata normal harian. Permintaan terhada Pertamax juga mengalami peningkatan sebesar 2 persen pada hari H, di saat permintaan terhadap semua jenis BBM mengalami penurunan.

“Hasil pemantauan di lapangan menunjukkan, permintaan terhadap Pertamax terus meningkat pada saat Idul Fitri serta H+1, disaat seluruh jenis BBM mengalami penurunan. Hal ini mengindikasikan, Pertamax tetap diminati bukan hanya untuk perjalanan jauh, tetapi juga untuk rute-rute pendek di dalam kota tujuan mudik,” tutur Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito.

Ia pun menilai, persiapan yang dilakukan Pertamina dalam menghadapi arus mudik dan balik 2018 juga memberi dampak positif terhadap penjualan Pertamax Series. Sebut saja penguatan stok dan suplai BBM di 3.692 SPBU di ruas jalur mudik di Pulau Jawa hingga Madura termasuk di jalur tol dan arteri serta dibukanya 117 Kantong BBM sebagai cadangan untuk suplai BBM ke SPBU.

Kiosk Pertamax di 72 titik, Motoris Kemasan 283 unit, Mobile Dispencer 32 unit serta 13 Serambi Pertamax di jalur tol operasional, fungsional dan arteri juga mendapatkan respon postif dari masyarakat. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual