Pertamina Region III: Ketahanan BBM untuk Lebaran Aman

Berita Otomotif

Pertamina Region III: Ketahanan BBM untuk Lebaran Aman

JAKARTA – Pekan depan kita akan menghadapi Hari Raya Idul Fitri, di mana biasanya terjadi peningkatan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia karena banyak orang mudik menggunakan kendaraan bermotor.

Pertamina telah mengestimasi selama bulan Ramadhan dan Lebaran (Idul Fitri) 2016 akan terjadi kenaikan konsumsi BBM di wilayah Jawa Bagian Barat rata-rata sebesar 4%. Konsumsi Pertamax naik 28% dari hari-hari normal (4800 KL menjadi 6.246 KL), Pertalite +36% (3.160 KL menjadi 4.328 KL), Premium +3% (17.600 KL menjadi 18.157 KL), dan Avtur +7% (menjadi 6.443 KL). Sementara konsumsi Solar -78% (8.560 menjadi 6.708 KL).

Dan, 7 hari menjelang Lebaran, Pertamina Marketing Operation Region III (Jawa Barat, Jakarta & Banten) memastikan keamanan pasokan BBM dengan rata-rata ketahanan cadangan Premium 18 hari, Solar 31 hari, Avtur 7 hari, Pertamax 20 hari, Pertamax Plus 32 hari.

“Secara rutin Pertamina akan menambah pasokan selama periode Lebaran. Biasanya H-5 penyaluran BBM akan melonjak 35% dari penyaluran normal di 6 terminal BBM Region III (Cikampek, Jakarta, Balongan, Tasikmalaya, Tanjung Gere, Bandung),” ujar Nurhadiya, Retail Fuel Marketing Region III Manager PT Pertamina.

Untuk mendukung kelancaran distribusi dan ketahanan BBM dan BBG (bahan bakar gas), Pertamina telah membentuk Posko Satuan Tugas (Satgas). Satgas akan selalu memantau pasokan BBM jalur-jalur mudik di Indonesia.

“Berbagai strategi telah disiapkan untuk memastikan pasokan aman seperti menempatkan sejumlah truk berisi BBM di kantong-kantong BBM yaitu di SPBU-SPBU di jalur rawan macet, serta bekerjasama dengan kepolisian untuk melakukan contra flow jika mobilitas kendaraan BBM Pertamina terganggu karena kemacetan,” imbuh Nuhadiya. [Idr]   

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter
 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual