Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tips Persiapan Mudik Lebaran 2023 Menggunakan Mobil Keluarga

Panduan Pembeli

Tips Persiapan Mudik Lebaran 2023 Menggunakan Mobil Keluarga

Sebelum mudik lebaran 2023 menggunakan mobil keluarga, ada baiknya untuk melakukan beberapa persiapan supaya aman dan nyaman selama di perjalanan.

Bulan Ramadan sudah memasuki minggu keempat dan masa mudik lebaran sudah di depan mata. Pastinya banyak masyarakat yang tinggal di kota-kota besar mulai melakukan persiapan untuk pulang kampung dan merayakan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah yang diperkirakan jatuh pada 21 atau 22 April 2023.

Mudik lebaran tahun ini pun diperkirakan akan meningkat cukup signifikan. Kementerian Perhubungan memprediksi angka pemudik tahun ini sekitar 123 juta orang.

Dari total jumlah pemudik tersebut, sekitar 27,32 juta di antaranya diperkirakan akan menggunakan mobil pribadi sebagai moda transportasi.

Jika Anda merupakan salah satu pemudik yang mengunakan mobil pribadi, ada baiknya melakukan persiapan terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan supaya perjalanan ke kampung halaman nanti minim kendala.

Untuk membantu persiapan Anda sebelum mudik menggunakan mobil keluarga, di bawah ini ada beberapa tips berguna yang bisa dilakukan.

Persiapkan Jadwal Mudik

Tips pertama untuk persiapan mudik dengan mobil keluarga adalah menentukan jadwal keberangkatan. Idealnya, pemudik berangkat pada waktu sebelum puncak arus mudik.

Untuk tahun ini, diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada 18–20 April atau H-1 lebaran.

Untuk menghindari puncak arus mudik, koordinasikan dengan seluruh anggota keluarga agar berangkat lebih awal. Dengan begitu, masing-masing bisa menyesuaikan waktu kesibukannya dengan waktu berangkat mudik, seperti mengajukan izin cuti terlebih dahulu.

Rencanakan Rute Mudik

Setelah mempersiapkan jadwal mudik, tips persiapan berikutnya adalah merencanakan rute yang akan diambil untuk perjalanan mudik.

Pengemudi secara khusus perlu memahami arah jalan ke kampung halaman serta kondisinya dengan baik. Misalnya titik-titik jalan yang berpotensi macet supaya bisa diantisipasi.

Ada baiknya bagi pemudik untuk mengetahui beberapa rute alternatif. Jika saja nanti ada kejadian yang tidak diinginkan pada rute utama seperti kecelakaan, pemudik bisa beralih ke rute alternatif tersebut

Pelajari juga informasi mengenai peraturan lalu lintas yang berlaku di jalur mudik. Setiap musim mudik lebaran, pemerintah dan Dinas Perhubungan akan memberlakukan sistem lalu lintas untuk menjaga kelancaran arus mudik, seperti contra flow, oneway, dan ganjil-genap.

Ketahui juga beberapa titik-titik rest area yang akan dilewati selama perjalanan mudik. Hal ini cukup penting dalam perjalanan supaya pemudik dapat memperkirakan lama waktu perjalanan sebelum beristirahat di rest area.

Siapkan Anggaran Perjalanan Mudik

Anggaran perjalanan juga perlu dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan mudik. Dana yang pasti diperlukan dalam perjalanan mudik adalah untuk mengisi bahan bakar mobil. Biaya ini bisa diperkirakan berdasarkan jarak tempuh perjalanan.

Selain untuk mengisi bahan bakar, dana juga perlu dialokasikan untuk membayar masuk jalur tol. Biaya ini jauh lebih mudah untuk diperkirakan, cukup dengan mencari tahu di internet. Setelah mengetahui biaya tol, pengemudi bisa mengisi ulang kartu e-toll-nya sesuai kebutuhan.

Saat ini hampir semua transaksi bisa dilakukan secara non-tunai atau cashless. Meski begitu, pemudik perlu berjaga-jaga dengan membawa uang tunai untuk mengantisipasi pengeluaran lainnya, seperti makan, minum, memakai toilet di rest area, atau biaya tak terduga lainnya seperti ban bocor dan lain-lain.

Perhatikan Jumlah Bagasi

Barang-barang yang akan dibawa juga perlu dipertimbangkan sebelum melakukan mudik lebaran bersama keluarga, seperti pakaian yang cukup untuk sekitar satu minggu masa mudik, peralatan elektronik untuk menunjang aktivitas saat mudik, dan lain-lain.

Jika ingin membawa oleh-oleh untuk saudara dan handai tolan di kampung, bawa dalam kapasitas yang wajar. Jangan sampai muatan melebihi kapasitas bagasi mobil karena dapat berisiko membahayakan keselamatan penumpang dan pengguna jalan lain.

Periksa Kondisi Mobil

Selama perjalanan mudik, mobil akan dipakai dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, kondisi mobil perlu dijaga sebelum berangkat. 

Persiapkan mobil dengan membawanya ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan serta perawatan.

Adapun komponen-komponen penting pada mobil yang perlu diperiksa sebelum melakukan perjalanan mudik yaitu:

  • Mesin

Sering disebut “Jantung Pacu”, mesin merupakan komponen terpenting dalam mobil karena berfungsi sebagai penghasil tenaga untuk menggerakkan mobil.

Mesin akan bekerja lebih keras dalam perjalanan panjang seperti mudik. Maka dari itu, kondisi mesin perlu optimal sebelum dibawa mudik.

Lakukan servis di bengkel jika mobil memiliki kendala seperti mati secara tiba-tiba saat dipakai berkendara, supaya kejadian tersebut tidak terulang dalam perjalanan mudik.

  • Radiator

Sistem radiator berfungsi untuk menjaga suhu mesin mobil saat berkendara agar tidak menjadi terlalu panas.

Karena mesin terus bekerja dalam perjalanan mudik yang panjang, otomatis sistem radiator juga bekerja secara terus-menerus untuk mendinginkan mesin.

Jika kondisi radiator tidak baik, sistem pendinginan mesin tidak akan bekerja dengan baik, sehingga mesin menjadi overheating dan berpotensi mogok.

Maka dari itu, sistem radiator mobil juga perlu dicek sebelum melakukan perjalanan jauh. Kadar air radiator perlu dijaga supaya dapat menjaga suhu mesin mobil.

  • Ban

Ban juga menjadi komponen mobil yang akan diuji keras dalam perjalanan mudik. Jika kondisi ban tidak baik, seperti banyak tambalan, potensi ban kempis akan jauh lebih besar, dan perjalanan pun menjadi terhambat atau bahkan dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Maka dari itu, lebih baik mengganti ban mobil jika ban yang sedang dipakai sudah tidak layak. Pastikan juga tekanan udara dalam ban stabil dan sesuai dengan ketentuan pabrikan.

Pengecekan tersebut juga perlu dilakukan pada ban cadangan jika tersedia.

  • Rem

Rem berfungsi untuk mengatur dan memperlambat kecepatan mobil, sehingga berkendara menjadi lebih aman dan nyaman.

Kondisi rem yang tidak baik atau blong menjadi salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas yang paling umum terjadi.

Cek kondisi rem mobil sebelum melakukan perjalanan mudik. Lakukan penggantian kampas rem supaya pengereman mobil lebih pakem, dan keamanan serta keselamatan dalam perjalanan mudik pun menjadi lebih terjamin.

  • Kelistrikan

Kelistrikan mobil juga perlu diperiksa sebelum dipakai mudik.

Aki mobil menyuplai tenaga listrik untuk komponen lain seperti lampu, AC, sistem hiburan, dan sistem starter mobil.

Jika kelistrikan mobil bermasalah, ada kemungkinan mobil tidak bisa distarter, atau lampu depan mobil tidak bisa menyala sehingga mobil tidak dapat dikendarai pada malam hari.

Maka dari itu, aki mobil serta jaringan kabel listrik dalam mobil harus dicek untuk menghindari hal-hal di atas.

Jaga Kondisi Fisik

Sebelum berangkat mudik, selalu jaga kondisi tubuh agar tetap fit.

Mudik adalah perjalanan yang panjang dan akan melelahkan. Maka dari itu, kondisi tubuh yang prima dibutuhkan. Pemudik, khususnya pengemudi mobil, perlu memiliki waktu tidur yang cukup pada hari sebelum berangkat. Jam tidur yang ideal yaitu sekitar 6–8 jam.

Ketika pemudik merasa lelah atau mengantuk dalam perjalanan, segera berhenti di tepi jalan untuk beristirahat atau menghampiri rest area.

Selain itu, makanan yang dikonsumsi saat sahur atau berbuka juga perlu dijaga. Sakit karena memakan makanan yang sembarangan pastinya menjadi hal yang ingin dihindari pemudik.

Sebagai jaga-jaga, bawa obat-obatan seperti obat mabuk darat.

Menjaga Daya Baterai Handphone dan Menyiapkan Kuota Internet

Di era yang serba canggih ini, banyak hal sudah dapat dilakukan menggunakan ponsel atau handphone, termasuk melakukan navigasi dalam perjalanan mudik. Maka dari itu, pastikan handphone memiliki daya baterai dan kuota internet yang cukup selama perjalanan.

Untuk pemudik yang memiliki anak, handphone juga bisa menjadi sarana hiburan, sehingga anak tidak akan bosan dan menjadi rewel di tengah perjalanan.

Menyiapkan Bekal atau Cemilan

Satu lagi tips tambahan di tengah perjalanan mudik yaitu menyiapkan bekal atau cemilan makanan dan minuman. Sebagai contoh, pemudik dapat berbuka puasa di tengah jalan ketika kondisi lalu lintas sedang macet. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang