Periksa Rem Mobil Anda Sebelum Mudik

Panduan Pembeli

Periksa Rem Mobil Anda Sebelum Mudik

JAKARTA - Sebagai perangkat vital yang berhubungan dengan keselamatan, pastikan kondisi rem mobil Anda sebelum melakukan mudik apalagi jarak tempuhnya ratusan bahkan ribuan km plus kemacetan.

Tahukah Anda, jika berkendara dengan kecepatan menyentuh angka 100 km/jam, berapa jarak yang dibutuhkan untuk menghentikan laju mobil hingga 0 km/jam?. Jawabannya, kira-kira hampir setara dengan panjang lapangan bola atau sekitar 100 meter. 

Kondisi ini dapat dilakukan jika sistem rem bekerja dengan sempurna. Bagaimana jika rem mobil Anda bermasalah? Bisa dibayangkan malapetaka yang terjadi karena sesungguhnya Anda meluncur tanpa  kendali di dalam rangka baja dan potongan kaca serta siap menghantam apa saja. 

Dan besar kemungkinan, beberapa dari kita jarang sekali memperhatikan kinerja sistem pengereman. Dengan demikian, mulai saat ini, setelah membaca tulisan berikut, segera dan buat jadwal secara rutin untuk memeriksakan kondisi mobil Anda termasuk sistem pengereman. Ingat, percayakan perawatan sistem rem Anda kepada para profesional di bidangnya. 

Yang selanjutnya perlu ketahui adalah mengetahui tanda-tanda bahwa ada masalah pada rem mobil Anda. Dan berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Terdengar Bunyi Gesekan 
Jika Anda melakukan pengereman terdengar suara gesekan, bisa dipastikan itu berasal dari permukaan brake pad atau kanvas rem yang sudah menipis. Pada brake pad umumnya terdapat pentulan besi kecil penanda batas bawah ketebalan brake pad. 

Jika brake pad sudah sangat tipis, saat dilakukan pengereman pentul besi kecil tersebut akan ikut tergesek pada cakram dan menghasilkan bunyi yang mengganggu. Segera lakukan pengantian begitu Anda mendeteksi bunyi gesekan tersebut.

Penanganan sejak dini selain bermanfaat bagi keselamatan juga dapat menghemat banyak biaya. Karena apabila gesekan tersebut berlangsung lama bisa dipastikan akan merusak permukaan cakram yang harganya tentu tidak murah. Deteksi melalui bunyi ini berlaku juga dengan sistem rem menggunakan tromol. 

Anda bisa juga melakukan pengecekan rutin ketebalan brake pad. Caranya sederhana dengan melihat langsung. Gunakan senter, lihat di sela-sela cakram dan kaliper terdapat bantalan brake pad. Jika Anda menemukan ketebalan hanya sekitar ½ cm pertanda kondisi brake pad sudah sangat tipis dan segera lakukan pergantian.   

Cek Minyak Rem
Ketika Anda memeriksa posisi minyak rem dan ternyata memiliki debit yang berkurang, jangan serta merta untuk mengisi atau mengindikasi ada kebocoran. Karena itu bisa diakibatkan oleh tipisnya brake pad. Karena posisi brake pad tipis otomatis piston pada kaliper akan sedikit turun yang mengakibatkan debit minyak rem menyusut. 

Pada kondisi ini segera bawa mobil ke bengkel langganan Anda. Catatan, baiknya kuras dan ganti minyak rem mobil anda dalam rentang 20.000 km.  

Mobil Bergerak Liar
Jika berkendara Anda merasakan mobil tiba-tiba agak tertarik ke kanan atau ke kiri saat melakukan pengereman adalah indikasi bahwa terdapat masalah pada sistem pengeraman Anda. 
Pada sistem rem cakram biasanya salah satu piston kaliper rem (kiri-kanan) tidak berfungsi atau macet. Jika pada rem tromol hal ini mengindikasikan bahwasannya setelan brake shoe-nya tidak rata antara ban kiri dan kanan. 

Rem Keras Saat Diinjak
Pada kondisi ini ditengarai terjadi masalah pada booster rem mobil Anda (biasanya bocor). Pedal rem terasa keras atau sering disebut dengan istilah "magel" saat rem diinjak. Rasanya mirip saat Anda mengendarai kendaraan lawas seperti Suzuki Katana misalnya yang memang tanpa booster rem. 

Jika ini terjadi, segera cek ke bengkel langganan Anda.

Bergetar Saat Pengereman
Jika mobil bergetar saat pengereman bisa dipastikan terjadi perubahan bentuk pada permukaan cakram rem Anda. Bentuknya berubah menjadi tidak rata, sehingga saat brake pad mencengkram kanvas akan terjadi vibrasi yang berimbas pada bergetarnya mobil. 

Banyak penyebab yang membuat kondisi cakram Anda melengkung, salah satunya adalah terus menginjak rem pada saat mobil berhenti di lampu merah atau saat terjebak macet. Saat berhenti dan Anda terus menginjak rem, brake pad akan mencengkram satu sisi cakram dalam kondisi panas. Hal ini dipastikan akan membuat permukaan cakram tidak rata. 

Untuk menghindari kondisi tersebut, biasakan gunakan rem tangan bila mengantri di lampu merah atau saat terjebak kemacetan. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual