Perhatikan 5 Tips Menjaga AC Mobil Tetap Prima

Panduan Pembeli

Perhatikan 5 Tips Menjaga AC Mobil Tetap Prima

JAKARTA – Air Conditioner (AC) mobil menjadi jaminan kenyamanan Anda dan keluarga selama berkendara. Agar tidak merusak kenyamanan dalam berkendara sebaiknya jangan pernah mengabaikan fitur satu ini.

Perhatikan 5 tips berikut ini agar AC mobil Anda tetap prima:

1. Perawatan Berkala
Untuk urusan yang satu ini, perawatan berkala wajib dilakukan setiap enam bulan sekali. Kotoran yang mengendap pada evaporator AC dapat menjadi masalah jika terlalu lama dibiarkan. Gejala paling sederhana adalah hembusan angin menjadi lemah.

2. Ganti Oli
Kompresor AC membutuhkan oli agar mampu bekerja optimal. Oli ini wajib diganti dengan pelumas baru apabila telah menempuh jarak 20 ribu kilometer. Jika kompresor bekerja sempurna, maka konsumsi bahan bakar minyak (BBM) akan menjadi tereduksi.

3. Freon
AC yang berfungsi normal sejatinya tidak akan tekanan dari freon. Jika tekanan berkurang maka hampir bisa dipastikan bahwa terjadi kebocoran pada sistem kerja AC.

4. Kontaminasi
Hal ini merupakan kasus kebocoran yang dibiarkan. Oli kompresor AC sangat rentan dengan udara, sehingga dapat menyebabkan endapan. Jika sudah terlalu parah akan mengakibatkan kompresor macet.

5. Extra fan
Peranti ini harus bekerja ketika AC dihidupkan. Extra fan berguna untuk menjaga kondisi mesin tetap dingin. Suhu mesin yang ideal akan berpengaruh dengan kinerja AC untuk bekerja maksimal.

Temukan mobil idaman di Mobil123

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual