Penjualan VW Group Turun di 2015

Berita Otomotif

Penjualan VW Group Turun di 2015

WOLFSBURG - Meski dilanda isu dieselgate, Volkswagen Group masih mampu menjual banyak kendaraan. Sepanjang tahun 2015 lalu, total ada hampir 10 juta kendaraan dari Volkswagen Group yang didistribusi di seluruh dunia.

Total ada 9.930.000 kendaraan dari berbagai merek yang bernaung di Volkswagen Group telah diserahkan ke jutaan pelanggan di seluruh dunia pada 2015. Angka itu turun dari 10.137.400 unit yang dicapai VW Group pada 2014.

"Menyebar hampir sepuluh juta kendaraan merupakan hasil yang sangat baik, terutama bila mengingat situasi pasar yang penuh tantangan di beberapa wilayah serta isu diesel pada kuartal terakhir tahun lalu," kata Matthias Muller, CEO Volkswagen Aktiengesellschaft.

"Perkembangan pasar di Brazil dan Rusia memiliki dampak yang nyata pada pengiriman merek-merek kami, kami membuat kemajuan di Eropa. Kami juga mencatat pertumbuhan lebih lanjut di kawasan Amerika Utara dan di Amerika Serikat," jelasnya Muller.

"Di satu sisi, sebagai perusahaan global, kami harus menangani situasi di pasar dunia di mana ada beragam tren. Dan di sisi lain, itu ada keinginan dan niat untuk secara sistematis membuat grup kami cocok untuk masa depan yang sukses," lugasnya.

Volkswagen Group Sales

Untuk menyambut hari-hari penuh tantangan, Volkswagen Group menurut Muller menyiapkan sebuah strategi jangka menengah yang mereka sebut 'Strategy 2025' yang menurut mereka merupakan langkah paling penting menuju VW Group modern.

Dari 9,93 juta kendaraan, 3,43 juta kendaraan dikirim ke para pelanggan di Eropa Barat, naik 4,8 persen. Pertumbuhan sangat kuat ada di Spanyol dengan peningkatan 16,1 persen dan Italia (8,8 persen).

Tapi, penjualan Volkswagen Group turun di Rusia hingga minus 36,8 persen bila dibanding tahun sebelumnya yang pada akhirnya berdampak pada pengiriman di Eropa Tengah dan Timur. Secara keseluruhan, pasar Eropa menyerap 4 juta unit kendaraan Volkswagen Group.

Di sisi lain, raksasa Jerman ini juga mencatat pertumbuhan di Amerika Utara pada tahun 2015 dengan pengiriman lebih dari 931.800 kendaraan. Amerika Serikat mendominasi kawasan ini dengan 607.100 unit, naik 1,2 persen.

Tapi, sama seperti di Rusia, penjualan Volkswagen Group di wilayah Amerika Selatan, -29,8%. Kecenderungan ini terutama disebabkan oleh penurunan penjualan di Brazil yang hanya mencapai 389.900 unit.

Untuk wilayah Asia-Pasifik, Volkswagen Group mengirim 3.930.000 kendaraan dengan 3,55 juta unit di antaranya diserahkan kepada para pelanggan di China, pasar tunggal terbesar bagi grup ini. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support