Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Penjualan Mobil Listrik Toyota Sepanjang 2019 Raih Hasil Postif

Berita Otomotif

Penjualan Mobil Listrik Toyota Sepanjang 2019 Raih Hasil Postif

JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) mengklaim bahwa penjualan kendaraan listrik di Indonesia mengalami peningkatan.

Meski secara keseluruhan penjualan mobil di Indonesia mengalami penurunan, jumlah permintaan terhadap kendaraan listrik dan hybrid justru meningkat. Hal ini terlihat dari jumlah penjualan kendaraan listrik Toyota selama tahun 2019.

Toyota mengklaim bahwa pihaknya telah menjal sedikitnya 2.500 mobil elektrifikasi berbasis teknologi Hybrid atau Hybrid Electrified Vehicle (HEV). Jumlah tersebut terbilang cukup besar dan cukup postif mengingat Indonesia ingin menciptakan ekosistem kendaraan listrik di masa depan.

“Kami melihat konsumen otomotif di Indonesia semakin memahami pentingnya kehadiran mobil HEV sebagai sarana mobilitas yang mampu menunjang program pemerintah dalam mendorong penggunaaan kendaraan ramah lingkungan serta mengurangi beban terhadap kebutuhan bahan bakar fosil,” ungkap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM.

Total penjualan HEV Toyota Brand (Toyota & Lexus) sepanjang 2019 mencapai 647 unit. Dan C-HR HEV yang diluncurkan TAM pada April 2019 lalu menjadi kontributor terbesar penjualan HEV Toyota dengan kontribusi sebesar 42,4% dan diikuti oleh Camry HEV dengan kontribusi 29,4%.

Meski sudah mengalami hasil postif, namun Toyota Motor Corp hingga saat ini belum menyampaikan minat untuk memproduksi kendaraan listrik di Indonesia. Mereka justru memilih Thailand sebagai pusat pengembangan dan produksi kendaraan listrik. Tak tanggung-tanggung, mereka bahkan dikabarkan ingin menjadikan Thailand sebagai basis produksi kendaraan listrik untuk wilayah regional.

Beragam keuntungan telah dijanjikan oleh Pemerintah Thailand mulai dari keringanan pajak dan kepastian ekosistem industri. Hal inilah yang belum bisa diberikan oleh Pemerintah Indonesia sehingga membuat Toyota memutuskan memproduksi kendaraannya di Thailand. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang