Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Penggemar Mobil Kuno Napak Tilas ke Rengasdengklok

Berita Otomotif

Penggemar Mobil Kuno Napak Tilas ke Rengasdengklok

JAKARTA - Menyambut HUT ke-70 RI, Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) melakukan napak tilas ke Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat. Hajat yang sudah jadi tradisi PPMKI itu berlangsung pada 16 Agustus 2015.

Penasehat PPMKI KRMT Roy Suryo menjelaskan, sementara semua lapisan masyarakat negeri ini selalu sibuk tiap kali HUT RI datang dengan menyiapkan lomba makan kerupuk, tarik tambang, panjat pinang, namun PPMKI punya cara unik. Penggemar mobil kuno malah melakukan tradisi napak tilas ke Rengasdengklok.

Dalam keterangan resmi, untuk menyukseskan acara ini, PPMKI bersama Komunitas Jeep Kuno, Masyarakat Otomotif, dan Pelestari Sejarah menjalani tradisi napak tilas ke Rengasdengklok kendati tidak ada lagi dukungan dari pemerintah seperti tahun-tahun sebelumnya.

Roy menjelaskan, "Perjalanan napak tilas ke Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat dimulai dari Tugu Proklamasi, Jakarta pada Minggu (16/8) pukul 10:00 WIB."

Peristiwa Rengasdengklok memang memiliki hubungan yang sangat erat dengan momentum Kemerdekaan RI yang diploklamirkan Soekarno dan Mohammad Hatta di rumah Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur nomor 56, Menteng, Jakarta Pusat.

Kini, di tempat bersejarah buat bangsa didirikan Tugu Petir atau yang lebih dikenal dengan Tugu Proklamasi. Nama jalannya pun kini diubah jadi Jalan Proklamasi.

Kembali soal peristiwa Rengasdengklok yang terjadi pada 16 Agustus 1945. Kala itu, golongan pemuda yang antara lain Soekarni, Wikana (yang dalam perkembangan selanjutnya Ybs adalah Menteri Pemuda Pertama Indonesia), dan Chaerul Saleh menculik Soekarno dan Hatta.

Aksi itu dilakukan agar kedua pemimpin bangsa ini terbebas dari intervensi pihak luar, khususnya Jepang, dan segera memproklamirkan Kemerdekaan RI.

Roy menyebut jika keberadaan mobil kuno bukan sekedar mobil tua. Pemilik mobil tua sebenarnya sudah merawat mobil dengan baik serta mematuhi aturan sesuai undang-undang lalu lintas yang berlaku di Tanah Air. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang