Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pengemudi Senior, Perhatikan Hal Berikut

Panduan Pembeli

Pengemudi Senior, Perhatikan Hal Berikut

JAKARTA – Meski pada UU nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tidak disebutkan batas maksimal penggunaan Surat Izin Mengemudi (SIM), namun bukan berarti seseorang bisa mengemudi hingga batas yang tidak ditentukan.

“Memang batasan usia tidak ada. Selama pengelihatan dan reaksi masih baik, maka seseorang boleh tetap mengemudi. Tapi jumlah usia dapat memengaruhi kedua hal tersebut,” ungkap Heri Wahyudi, Chief Trainer Rifat Drive Labs.

Menurutnya, usia mengemudi hanya optimal hingga usia 45 tahun. Lebih dari 45 tahun, maka pengelihatan dan reaksi seseorang akan menurun. Kondisi inilah yang harus diperhatikan karena dapat menimbulkan kecelakaan.

“Jadi jika seorang senior ingin mengemudi, sebaiknya perhatikan apakah Ia masih bisa melihat jalan serta rambu lalu lintas dengan jelas. Selain itu perhatikan juga reaksinya di jalan, apakah masih sigap atau tidak. Jika kedua faktor tersebut tidak tercapai, maka sebaiknya jangan paksakan untuk mengemudi,” ungkapnya.

Selain faktor pengelihatan dan reaksi, Heri juga menekankan ketahanan tubuh pengemudi senior. Ketahanan tubuh orang yang sudah berusia renta, tentu berbeda dengan pengemudi berusia 25 hingga 45 tahun.

“Kalau masih muda, mungkin dia bisa mengemudi nonstop sekitar 2 jam, beristirahat sebentar kemudian mengemudi lagi. Namun pengemudi senior disarankan untuk mengemudi hanya sekitar 1 jam atau maksimal 2 jam kemudian beristirahat lebih lama, khususnya bila melakukan perjalanan jauh. Ini untuk mengembalikan kondisi tubuh,” tambahnya.

Kemampuan pengemudi senior dalam melihat kondisi di sekelilingnya pun turut menjadi perhatian serius. Menurutnya, seorang pengemudi senior harus lebih teliti dalam melihat sekeliling karena melihat melalui spion terbilang lebih sulit.

“Pengemudi senior tetap harus dapat melihat sekeliling kendaraan mulai dari melihat depan, samping dan melihat dari belakang melalui kaca spion. Dengan melihat sekeliling, maka kemampuan reaksi pengemudi senior akan menjadi lebih baik,” pungkasnya. [Adi/Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang