Pemerintah Tantang Perusahaan Otomotif Genjot Komponen Lokal

Berita Otomotif

Pemerintah Tantang Perusahaan Otomotif Genjot Komponen Lokal

JAKARTA - Industri otomotif Indonesia berkembang pesat. Perkembangan industri otomotif terlihat sejak 2010 yang saat itu penjualan mobil baru tercatat sekitar 764 ribu unit, namun pada 2014 lalu sudah naik menjadi 1,208 juta unit atau tumbuh rata-rata 20% per tahun.

Tidak heran, berbagai kalangan memperkirakan Indonesia akan menjadi pasar terbesar otomotif di kawasan ASEAN dan sekaligus berpeluang menjadi pemain utama yang kini masih dipegang oleh Thailand.

Sejalan dengan prospek tersebut, setidaknya dalam tiga tahun terakhir sejumlah prinsipal telah meningkatkan investasinya untuk meningkatkan kapasitas produksi. Secara keseluruhan, total produksi kendaraan bermotor sudah mencapai 1,2 juta unit per tahun. Dan otomotif pun, telah dimasukan dalam salah satu industri prioritas dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang mulai berlaku pada akhir tahun ini.

Untuk memperkuat posisi daya saing dan sekaligus meningkatkan peran strategis dalam perekonomian nasional, salah satu tantangan terbesar industri otomotif adalah meningkatkan penggunaan komponen lokal. Seperti diakui oleh Menteri Perindustrian Saleh Husin, peran industri komponen sangat besar untuk memberikan nilai tambah bagi perekonomian nasional. Oleh karena itu, industri komponen harus menjadi kekuatan industri otomotif nasional.

"Selain mengurangi ketergantungan terhadap impor, pengembangan industri komponen akan memberikan nilai tambah tinggi bagi perekonomian nasional," kata Saleh Husin.

Untuk meningkatkan peran industri komponen lokal, baru-baru ini Menteri Saleh Husin telah menerbitkan Permen No 34 Tahun 2015 sebagai revisi atau Permen No 59 Tahun 2010 tentang Industri Kenderaan Bermotor Roda Empat atau Lebih dan Industri Sepeda Motor.

Poin utama dari Permen ini adalah mengurangi penggunaan komponen impor oleh pelaku industri otomotif di dalam negeri, termasuk komponen completely knock down (CKD) agar industri otomotif nasional semakin berkembang dan memiliki multiplier effect bagi industri lainnya.

"Karena itu, industri otomotif kami masukkan sebagai salah satu prioritas dalam Kebijakan Industri Nasional," tegasnya. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support