Pemerintah Siapkan Dana Besar untuk Keselamatan Transportasi

Berita Otomotif

Pemerintah Siapkan Dana Besar untuk Keselamatan Transportasi

JAKARTA - Pemerintah memiliki target tinggi untuk mengurangi tingkat fatalitas di sektor transportasi. Untuk mencapai target itu, dana besar pun siap dikucurkan.

Pemerintah menurut Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memiliki target pengurangan fatalitas di sektor transportasi sebesar 80 persen di tahun 2035. "Tapi kami di perhubungan tidak sepakat," cetusnya.

Dirinya lalu berkelakar kalau tahun 2035 masih sangatlah lama dan dirinya sudah tua ketika tahun itu sampai. Karena itu, dia mengatakan targetnya pengurangan fatalitas sebesar dan secepat mungkin.

"Di tahun 2019 kami berusaha mengurangi fatalitas di jalan raya sebesar 50 persen dari angka 2014. Upayanya pasti sangat besar," jelas Jonan di Indonesia Road Safety Award (IRSA).

Untuk target tinggi itu, bila di periode pemerintahan sebelumnya dana hingga keselamatan transportasi dianggap sangat kecil, hanya sekitar Rp 1 triliun, Jonan ingin menaikkannya.

"Tahun depan apabila disetujui oleh rapat paripurna DPR, kami mengusulkan dana untuk keselamatan transportasi Rp 12 triliun. 25 persen dari total Dipa Kementerian Perhubungan akan digunakan untuk keselamatan transportasi, termasuk darat," lugasnya.

Agar target tercapai, Kementerian Perhubungan menurut Jonan siap bekerja keras. Rekomendasi infrasutruktur jalan bila tidak bagus maka tidak akan dikeluarkan. Petugas pun sudah diperintahkan untuk lebih banyak berada di lapangan dibanding di balik meja. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual