Pelemahan Rupiah Ganggu Industri Otomotif

Berita Otomotif

Pelemahan Rupiah Ganggu Industri Otomotif

JAKARTA – Pelemahan rupiah terhadap dollar Amerika Serikat rupanya juga berdampak pada industri otomotif. Hal tersebut disampaikan oleh Sudirman Maman Rusdi, Ketua Umum Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor) dan boss Daihatsu Indonesia, di Jakarta.

“Kenaikan dollar berpengaruh, sebab banyak bahan baku kendaraan bermotor masih diimpor dan itu memengaruhi pada biaya produksi,” ungkapnya.

Dia pun mencontohkan plastik dan baja yang masih diimpor merupakan bagian yang paling terkena dampak.

“Dan masih banyak komponen yang belum dilokalkan,” tambahnya.

Ia pun mencontohkan Daihatsu Xenia yang saat ini menggunakan 90% komponen lokal tetap akan terpengaruh terhadap pelemahan rupiah ini.

“Meski sudah 90%, masih 10% lagi terkena dampak. Sementara komponen-komponen yang sudah lokal, sebagian bahan baku mereka juga impor.”

Namun Ia menampik bahwa pelemahan rupiah ini menjadi alasan pihaknya menurunkan target penjualan menjadi 950.000-1 juta unit. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual