Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pelemahan Rupiah Ganggu Industri Otomotif

Berita Otomotif

Pelemahan Rupiah Ganggu Industri Otomotif

JAKARTA – Pelemahan rupiah terhadap dollar Amerika Serikat rupanya juga berdampak pada industri otomotif. Hal tersebut disampaikan oleh Sudirman Maman Rusdi, Ketua Umum Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor) dan boss Daihatsu Indonesia, di Jakarta.

“Kenaikan dollar berpengaruh, sebab banyak bahan baku kendaraan bermotor masih diimpor dan itu memengaruhi pada biaya produksi,” ungkapnya.

Dia pun mencontohkan plastik dan baja yang masih diimpor merupakan bagian yang paling terkena dampak.

“Dan masih banyak komponen yang belum dilokalkan,” tambahnya.

Ia pun mencontohkan Daihatsu Xenia yang saat ini menggunakan 90% komponen lokal tetap akan terpengaruh terhadap pelemahan rupiah ini.

“Meski sudah 90%, masih 10% lagi terkena dampak. Sementara komponen-komponen yang sudah lokal, sebagian bahan baku mereka juga impor.”

Namun Ia menampik bahwa pelemahan rupiah ini menjadi alasan pihaknya menurunkan target penjualan menjadi 950.000-1 juta unit. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang