Parkir Paralel, Susah-Susah Gampang

Panduan Pembeli

Parkir Paralel, Susah-Susah Gampang

JAKARTA – Parkir paralel mungkin terbilang jarang menjadi pilihan masyarakat Indonesia.

Selain beresiko mobil menabrak kendaraan lain karena didorong oleh petugas parkir, tingkat kesulitan parkir paralel pun boleh dikatakan tinggi. Hal ini karena umumnya lokasi parkir paralel lebih sempit.

Lantas adakah cara sederhananya? Dilansir dari teendriving.com, ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam memarkirkan kendaraan secara paralel dengan cepat dan optimal.

Pertama, sejajarkan terlebih dulu mobil Anda dengan mobil yang berada di depan lokasi parkir idaman. Idealnya, roda belakang sejajar dengan bemper belakang mobil yang sudah parkir di depan. Setelah sejajar, putar lingkar kemudi ke arah lokasi parkir hingga masimal. Pastikan kaki Anda berada dekat dengan pedal rem. Tidak perlu menginjak pedal gas saat parkir, cukup mainkan kopling bila mobil Anda manual.

Kedua, mundurkan mobil perlahan hingga posisi mobil berada di sudut sekitar 45 derajat kemudian berhenti. Langkah selanjutnya adalah memutar lingkar kemudi ke arah sebaliknya hingga mentok dan mulai mundur kembali perlahan hingga mobil sejajar.

Terdengar sederhana? Mungkin. Namun untuk melakukan hal tersebut secara sempurna dan diperlukan kesabaran dan pengalaman yang cukup. Tidak ada salahnya untuk melakukan latihan beberapa kali agar saat harus melakukannya di dunia nyata, Anda tidak grogi.

Saat parkir paralel pun ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketimbang teknik parkir itu sendiri. Salah satunya adalah iklas untuk menyesuaikan posisi mobil bila dirasa parkir serta memberi ruang untuk mobil di depan dan belakang untuk keluar. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual