7 Etika yang Harus Dilakukan Saat Parkir Paralel

Panduan Pembeli

7 Etika yang Harus Dilakukan Saat Parkir Paralel

JAKARTA – Lahan parkir khususnya di Jakarta memang terbilang terbatas. Untuk itu, tidak jarang orang lebih memilih memarkirkan kendaraannya secara paralel.

Namun dalam memarkirkan kendaraan secara paralel, ada beberapa hal yang harus dilakukan, khususnya dalam hal etika. Pasalnya, parkir secara paralel artinya juga menghalangi kendaraan lain yang akan lewat.

Jadi, apa saja yang harus dilakukan oleh Anda sebelum keluar dari mobil dengan konsisi parkir paralel? Berikut ulasannya.

Artikel bersambung dibawah
  1. ​Sebelum memarkirkan kendaraan secara paralel, pastikan Anda menanyakan pada petugas parkir apakah diperkenankan parkir secara paralel atau tidak karena tidak semua lokasi diberi kemudahan parkir paralel.
  2. Pastikan kondisi mobil telah lurus dan tidak terkunci setirnya. Hal ini untuk memudahkan saat orang atau petugas parkit ingin memindahkan kendaraan Anda.
  3. Pastikan lokasi untuk memarkir kendaraan secara paralel adalah permukaan datar. Jangan memarkir mobil secara paralel di tempat  menurun atau menanjak karena mobil bisa meluncur dengan sendirinya.
  4. Pastikan juga Anda tidak memasang rem parkir. Pemasangan rem parkir membuat mobil tidak bisa dipindahkan sama sekali.
  5. Pastikan posisi perseneling ada pada N. Sama seperti rem tangan, fungsinya adalah untuk memudahkan mobil kita digeser oleh orang yang ingin memindahkan kendaraan. Mobil yang diparkir paralel dengan setir terkunci akan menyulitkan pemilik kendaraan lain untuk menggeser mobil Anda.
  6. Memarkirkan kendaraan bertransmisi otomatis harus melalui beberapa tahapan. Setelah mematikan mesin, posisikan tongkat perseneling pada posisi transmisi ‘P” lalu lepas kunci kontak. Kemudian tekan tombol shift lock yang terdapat di dasar tongkat perseneling atau di batang tongkat, sambil memindahkan tongkat transmisi ke posisi ‘N’ agar roda terbebas.
  7. Pada beberapa mobil yang tidak memiliki tombol shift lock dan hanya tersedia lubang shift lock, cara membebaskan transmisi dengan menekan dan menusuk menggunakan kunci kontak sambil memindahkan tongkat transmisi ke posisi ‘N’.

Pastikan Anda mengikuti etika ini agar mobil Anda tidak ‘dimusuhi’ oleh orang lain. [Adi/Syu]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual