Paparkan Potensi Indonesia ke Bos Tesla Elon Musk, Luhut: Dia Antusias

Berita Otomotif

Paparkan Potensi Indonesia ke Bos Tesla Elon Musk, Luhut: Dia Antusias

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membocorkan isi pertemuannya dengan CEO Tesla Elon Musk di Amerika Serikat.

Via Instagram, Luhut akhirnya bercerita mengenai perjumpaannya dengan Musk pada Selasa (26/4/2022) kemarin di Gigafactory Tesla, Austin, Texas.

Sebelumnya, aktivitas sang menteri di ‘Negeri Paman Sam’ diketahui dari unggahan pengusaha Anindya Bakrie maupun Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani.

Luhut mengaku tidak menyangka disambut dengan ramah dan bersahabat oleh pendiri pabrikan mobil listrik Tesla ini. Meski baru sekali bertatap muka langsung, komunikasi antara keduanya sudah terjadi dua tahun belakangan.

“Selama kurang lebih satu jam, saya menyampaikan potensi bahan baku baterai kendaraan listrik yang saat ini sedang kami eksplorasi terus lewat program hilirisasi mineral,” tulis dia lewat akun @luhut.pandjaitan baru-baru ini.

CEO Tesla Elon Musk dan Luhut Binsar Pandjaitan di Texas pada 2022

Sekadar mengingatkan, purnawirawan Jendral TNI ini sejak 2020 sudah mengungkapkan ketertarikan Tesla berinvestasi di Indonesia.

Pada November tahun tersebut, Luhut bahkan sempat ingin menemui Musk dalam kunjungan ke Amerika Serikat. Akan tetapi, agenda itu gagal karena sang konglomerat positif Covid-19.

Isu investasi Tesla di Tanah Air terus muncul dan tenggelam hingga 2022. Luhut, pada awal tahun ini, bahkan sempat mengatakan investasi tersebut batal.

Lebih lanjut, Luhut mengaku Musk memperlihatkan respons berbeda dalam pertemuan.

“Menurut asisten Elon, tidak biasanya ia menerima tamu seperti kali ini. Antusiasme dan ketertarikan saya lihat dari wajahnya,” pungkas dia.

“Namun, saya penasaran mengapa Elon yang beberapa waktu lalu agak sedikit kaku dengan beberapa “policy” terkait industri “electric vehicle” dan pengolahan nikel di Indonesia, kini bersemangat,” lanjutnya.

Hal paling melegakan dari pertemuan, tambah Luhut, adalah ketika Musk menerangkan alasan ketertarikannya kali ini. Paparan Luhut tentang potensi besar industri nikel di Indonesia disebut mengubah persepsi salah satu orang terkaya di dunia itu.

“Ia anggap sangat menjanjikan untuk mampu men-supply bahan baku baterai mobil listrik yang sangat dibutuhkan oleh Tesla tentunya sebagai salah satu produsen kendaraan listrik ternama,” tegas Luhut.

CEO Tesla Elon Musk

Musk dikatakan bersedia menemui Presiden Joko Widodo, saat orang nomor satu di Indonesia itu melakukan kunjungan kenegaraan ke Amerika Serikat pada 14 Mei 2022 mendatang.

Musk, yang baru saja membeli Twitter, diundang pula ke forum B20 sebagai salah satu rangkaian Presidensi G20 Indonesia tahun ini.

“Elon berjanji akan mengubah schedule-nya demi menemui langsung Presiden Jokowi yang juga dijadwalkan akan mengunjungi SpaceX,” tutur Luhut.

“Saya berharap ini bukanlah pertemuan kami yang terakhir dan ke depan akan ada pembahasan terkait progres perkembangan industri nikel di Indonesia yang berteknologi tinggi hingga bisa membawa negara kita masuk kepada rantai pasok global industri kendaraan listrik,” tutup Luhut. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang