Luhut Akhirnya Bertemu Elon Musk, Ajak Tesla Investasi di Indonesia

Berita Otomotif

Luhut Akhirnya Bertemu Elon Musk, Ajak Tesla Investasi di Indonesia

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dikabarkan sedang berada di Amerika Serikat. Ia bertemu dan ‘merayu’ langsung CEO Tesla Elon Musk supaya berinvestasi di Indonesia.

Hal tersebut diketahui dari unggahan pengusaha Anindya Bakrie serta Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani di akun Instagram masing-masing, Selasa (26/4/2022).

Keduanya turut mendampingi Luhut berkunjung ke Gigafactory terbaru Tesla di Austin, Texas dengan luas lahan mencapai 1.000 hektare.

“Tujuan kami adalah untuk meyakinkan Tesla agar dapat menjajaki kerja sama dengan Indonesia perihal penyediaan dan pemrosesan nikel sebagai bahan baku membuat battery cell yang berlandaskan ESG (Environment, Social dan Governance) yang baik dan berkelanjutan,” tulis Anindya mengenai foto-foto maupun video unggahannya.

Elon Musk dan Luhut Binsar Pandjaitan di Texas Amerika Serikat 2022

Sebagai informasi, Luhut sejak 2020 sudah memublikasikan ketertarikan Tesla berinvestasi di Indonesia.

Pada November 2020, Luhut bahkan sudah sempat ke ‘Negeri Paman Sam’ dan salah satu agendanya bertemu Elon Musk. Akan tetapi, rencana tersebut batal karena salah satu orang terkaya di dunia itu positif Covid-19.

Isu ketertarikan Tesla menanamkan modal di Indonesia terus mengambang hingga 2022. Belum lama pada tahun ini, pabrikan mobil listrik tersebut bahkan dikabarkan batal berinvestasi.

Musk sendiri hari ini sedang ramai diberitakan mengakuisisi penuh Twitter. Hal tersebut, menurut Anindya, membuat Musk terlihat senang selama pertemuan dengan Luhut.

“Hari ini rupanya hari yang baik buat beliau karena rencana akuisisi Twitternya sebesar USD 44 miliar diterima oleh board perusahaan tersebut, sehingga beliau akan memiliki perusahaan yang salah satu pengguna terbesarnya adalah Indonesia. Pantas beliau dalam mood yang bagus dan seru,” papar Anindya.

Elon Musk

Tak hanya berdiskusi di ruang rapat, delegasi Indonesia juga dibawa berkeliling ke Gigafactory Tesla di Texas. Ini disebut sebagai pengalaman langka.

“ Luar biasa pengaturan supply chain-nya yang efektif dan rapi di pabrik Tesla,” tegas Anindya.

Rosan, di sisi lain, berharap pertemuan dengan Elon Musk tak hanya membawa investasi baru ke Indonesia tapi juga menyukseskan Presidensi Indonesia di G20 tahun ini.

Soalnya, delegasi Indonesia dalam kesempatan itu memaparkan pula program di B20/G20. Musk diajak ikut ambil bagian.

“Harapannya dapat mengoptimalkan momentum Presidensi G20 untuk mendorong sinergi antara negara berkembang dan maju, guna mempercepat transisi energi,” tulis Rosan. [Xan]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang