Pandemi Corona, Pertamina Mungkinkan Warga Beli Bensin dari Rumah

Berita Otomotif

Pandemi Corona, Pertamina Mungkinkan Warga Beli Bensin dari Rumah

JAKARTA – Pertamina membuat layanan beli bensin dari rumah, di tengah ancaman pandemi virus Corona di Indonesia. Warga juga bisa membeli Liquid Petroleum Gas (LPG) lewat layanan yang sama.

Wabah virus Corona pertama kali diketahui masuk Indonesia pada 2 Maret 2020, ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat positif terinfeksi virus itu. Data Kamis (19/3/2020) pagi menunjukkan bahwa virus yang berawal dari Wuhan, China pada akhir 2019 dan telah merambah ratusan negara ini telah menginfeksi 227 orang di Tanah Air, dengan 11 di antaranya sembuh dan 19 di antaranya meninggal dunia.

Mulai 16 Maret 2020, pemerintah menekankan agar perkantoran melakukan kerja dari rumah (Work From Home/WFH) demi mencegah potensi penularan. Di momen seperti inilah, Pertamina mengadakan jasa layanan pesan antar bahan bakar minyak (BBM) maupun LPG dengan menghubungi Call Center 135, sehingga tak perlu lagi menghampiri Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

“Setelah telepon ke Call Center 135, konsumen dapat memesan produk dan jumlah yang diinginkan. BBM akan diantar dalam kemasan dirigen, dengan minimal pembelian sebanyak 20 liter dan maksimal 30 liter BBM,” kata Dewi Sri Utami, Unit Manager Communication Relation & CSR Marketing Operation Region III melalui keterangan resmi.

Program bernama Pertamina Delivery Service (PDS) itu tersedia di 45 SPBU di wilayah Marketing Operation Region III, yakni Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Setelah melakukan pemesanan BBM dengan menelpon 135, BBM akan dikirim melalui SPBU yang terdekat dari lokasi konsumen.

Dia menjelaskan pemesanan dilakukan sejak pukul 08.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB dan akan diantar ke lokasi pemesanan pada hari yang sama, dengan maksimal pengantaran pukul 20.00 WIB atau menyesuaikan dengan kepadatan kondisi lalu lintas. Adapun harga BBM sama dengan harga di SPBU, dengan biaya pengantaran sebesar Rp 20.000 per pengantaran.

Pemesanan LPG Bright Gas dari rumah bisa dilakukan untuk ukuran 5,5 kilogram (Kg) maupun 12 Kg. Produk akan diantar ke rumah oleh Agen LPG terdekat, dengan harga Rp 70 ribu untuk Bright Gas 5,5 Kg dan Rp 145 ribu Untuk Bright Gas 12 Kg. Untuk LPG, biaya pengantaran Rp 15 ribu/ tabung.

“Kami mendukung program Pemerintah untuk bekerja dari rumah, untuk itu Pertamina siap memenuhi kebutuhan energi dengan hadir hingga ke rumah konsumen kami,” tutup Dewi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar